Cara Membuat Konten Website yang Menarik
Cara Membuat Konten Website yang Menarik Untuk Bisnis Online
Juli 7, 2020
On Page SEO
On Page SEO Template dan Free Ebook SEO
Juli 7, 2020
Show all

3 Cara Optimasi SEO Agar Website Bertahan di Halaman Pertama Google

Cara Optimasi SEO

Cara Optimasi SEO

Banyak cara optimasi SEO yang dapat Anda terapkan pada website Anda sehingga dapat tetap bertahan pada ranking pertama halaman Google. Beberapa cara optimasi SEO tersebut tentunya wajib Anda lakukan secara konsisten dan dievaluasi secara berkala. Lantas, apa saja cara optimasi SEO yang dapat Anda lakukan agar dapat bertahan di halaman pertama Google? Simak rangkumannya sebagai berikut!

Optimasi SEO Teknikal

Cara optimasi SEO yang utama selalu berasal dari hal-hal teknis. Untuk saat ini sudah banyak tools yang mendukung optimasi teknikal SEO, Berkat banyaknya alat SEO yang tersedia, Melakukan audit SEO tidak lagi menjadi tugas yang menakutkan. Untuk mempermudah melakukan optimasi SEO teknikal, Anda harus paham mengenai dasar – dasar teknis SEO. Berikut beberapa cara optimasi SEO teknikal yang dapat Anda terapkan:

Cara Optimasi SEO Teknikal

  1. Periksa kesalahan kode status dan perbaiki. Adanya kesalahan kode status dapat mempengaruhi SEO website Anda. Setelah Anda menemukan kesalahan kode status, Anda bisa melakukan perbaikan pada website;
  2. Periksa robot.txt. Periksalah robot.txt pada situs, pastikan tidak ada kesalahan dan tidak ada meta yang memblokir bot Google;
  3. Periksa indeks website. Periksalah performa indeks website Anda. Anda dapat melakukan pemeriksaan indeks website melalui Google Search Console. Periksa dan perbaiki masalah yang ditemukan, kemudian lakukan optimasi website yang dibutuhkan;
  4. Lakukan audit website. Periksalah statistik lalu lintas website Anda di Google Analytics. Pertimbangkan untuk meningkatkan atau memangkas konten yang berkinerja buruk. Anda bisa melihat waktu kunjung visitor, durasi, dan bounce rate website Anda. Kemudian, lakukan audit dari semua data yang Anda kumpulkan melalui Google Analytics.
  5. Perbaiki tautan yang rusak.  Tautan rusak atau broken link berdampak pada SEO dan tentunya ranking website. Lakukan pemeriksaan pada broken link website Anda. Saat ini banyak sekali situs yang menyediakan laman khusus untuk melakukan pencarian broken link. Setelah itu perbaiki atau hapus broken link pada website Anda.
  6. Submit sitemap. Submit-lah sitemap pada Google Search Console. Submit sitemap akan berguna untuk mempercepat indeks postingan terbaru di website Anda.

Utamakan Tampilan Mobile

Google Mobile First Index adalah cara Google melakukan crawl atau indeksasi yang lebih mengutamakan versi tampilan mobile sebuah website untuk menentukan ranking. Kebijakan Google Mobile First Index muncul karena jumlah penggunaan mobile lebih tinggi daripada penggunaan desktop. Dengan adanya Google Mobile First Index, maka versi mobile sebuah website harus benar-benar diperhatikan dan dioptimasi dengan sebaik mungkin. 

Cara Optimasi SEO Mobile

  1. Gunakan tema yang responsif dan mobile-friendly. Saat ini sebagian besar tema WordPress sudah mobile-friendly dan responsif. Anda bisa mengetahuinya  melalui situs resmi Google untuk melakukan mobile-friendly test;
  2. Jadikan desain mobile sebagai prioritas. Jika sebelumnya Anda lebih mengutamakan melakukan desain website untuk tampilan desktop, untuk saat ini, dahulukan tampilan versi mobile;
  3. Tingkatkan kecepatan WordPress. Kecepatan menjadi masalah utama dalam optimasi website. Berdasarkan survei yang dilakukan Google, 53% pengguna internet Indonesia akan meninggalkan website dengan waktu muat lebih dari 3 detik. Maka dari itu, Google menyarankan kecepatan website dibawah 3 detik, dan maksimal 5 detik. 
  4. Gunakan bantuan plugin WordPress. Banyak sekali plugin WordPress yang membantu optimasi website versi mobile. Plugin yang dapat Anda pilih yakni Jetpack by WordPress, AMP for WP, Plugin Cache, dan lain sejenisnya.

Optimasi Link Building

Link building masih menjadi strategi yang tidak bisa dihilangkan dalam melakukan optimasi website. Link building sangat dibutuhkan dalam membangun Domain Authority (DA) website Anda. Namun hal ini bisa menjadi pisau yang bermata dua. Link building bisa bermanfaat buat Anda, tapi juga bisa berakibat buruk jika suatu saat Anda salah dalam memulai campaign link building.

Cara Optimasi Link Building

  1. Guest post. Postingan tamu menjadi salah satu strategi link building yang paling mudah. Dengan strategi ini, Anda bisa mengontrol backlink situs Anda. Jadi tidak ada backlink spam ke situs Anda yang dapat berdampak buruk;
  2. Teknik skyscraper. Teknik ini cukup mudah dilakukan. Pada dasarnya, teknik ini bertujuan mengubah konten menjadi backlink yang berkualitas tinggi. Anda cukup membuat konten yang lebih baik dari yang lain dan jangkau orang yang tepat. Anda bisa mendapatkan informasi ini pada situs backlinko;
  3. Web 2.0 post. Anda bisa memanfaatkan web 2.0 untuk dijadikan backlink. Web 2.0 yang paling populer di antaranya Blogger.com, WordPress.com, dan masih banyak lagi;
  4. Backlink profile. Kebanyakan backlink profile berasal dari forum. Anda tinggal mendaftar di forum yang bisa memberikan profil Anda dengan memberikan link pada forum tersebut. 
  5. Content sharing platform. Banyak sekali content sharing platform yang bisa dijadikan sebagai wadah link building, seperti Medium, Reddit, Slideshare, Academia.edu, Kompasiana, dan lain sejenisnya.

Jika Anda masih belum mengerti tentang SEO, Anda tidak perlu khawatir. Sebagai sebuah strategi dalam digital marketing, SEO menjadi teknik yang bisa mendatangkan traffic ke dalam website dan juga brand awareness. Bagaimana cara melakukannya? Anda bisa mengikuti kelas SEO Fundamental Course bersama Ryan Kristo Muljono, CEO & Founder dari ToffeeDev. Dengan pengalaman bertahun-tahun dalam dunia digital marketing, maka ilmu yang diberikannya bisa Anda terapkan dalam bisnis. Jadi jangan sampai melewatkan kesempatan mengenal seluk beluk SEO dan juga penerapannya. Untuk informasi lebih lengkap terkait kelas ini, klik di sini.

Baca Juga: Bagaimana Cara Kerja Google Search Engine?

Timotius
Timotius
Hello, I'm Timo. Working in the media industry since 2014, I want to absorb more experience in this industry and provide the best for my profession as a Content Writer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *