DesignAwards.Asia Design Of The Day
Semua Hal Yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Algoritma Terbaru Google, Possum
Oktober 10, 2016
Toffee Podcast Bersama Founder Dewaweb, Edy Budiman
Oktober 27, 2016
Show all

3 Jenis Webinar Untuk Mengembangkan Bisnis Anda

Terdapat banyak webinar yang diberikan secara cuma-cuma, a.k.a GRATIS. Tapi, apakah semuanya sudah memenuhi standar dari webinar itu sendiri? Jawabannya belum. Banyak dari beberapa webinar gratis ini lebih menekankan pada berjualan produk dibandingkan dengan membagikan ilmu kepada orang lain. Lalu sebenarnya, apakah webinar itu?

Sebuah webinar itu harus LIVE, seminar interaktif yang dilakukan secara online. Ini adalah cara kamu untuk menarik dan mendekatkan audiens kamu. Ini merupakan sebuah tempat untuk berinteraksi dimana kamu bisa menambah pengetahuan/wawasan dari audiensmu atau membantu mereka untuk membuka wawasan itu sendiri.

Webinar adalah cara yang tepat untuk mendapatkan leads, meningkatkan penjualan dan yang paling disenangi adalah menyediakan pendapatan penonton streaming tersebut.

Dikutip dari entrepreneur.com, berikut adalah 3 tipe webinar yang bisa kamu ikuti untuk mengembangkan bisnis yang ada.

The Lead-Generation or Sales Webinar

Ini merupakan tipe webinar yang paling sering ditawarkan belakangan ini. Ini adalah tempat dimana kamu bisa mendapatkan seseorang untuk mendaftar di webinar yang kamu buat dan bertukar informasi, seperti alamat e-mail dan informasi relevan lainnya. Kamu bisa mendapatkan kontak dan menambah daftar yang kamu miliki, serta kamu juga mendapatkan kesempatan untuk berjualan produk atau jasa yang kamu miliki, pelanggan yang prospektif akan mendapatkan kontennya secara gratis. Ini disebut quid pro quo.

Jika kamu menggunkan jenis tipe webinar ini dan kamu ingin membangung reputasi yang baik, pastikan bahwa kamu bisa berdiri sendiri terhadap produk atau jasa yang kamu miliki. Fokus pada menyediakan value dan membangun sebuah hubungan sehingga kamu bisa menjadi orang pertama yang dicari ketika orang lain membutuhkan solusi pada bidang yang kamu kembangkan.

Sebagai contoh, sebuah perusahaan asuransi ketika ingin menggunakan webinar sebagai alat promosi, mungkin mereka akan berpikir bahwa itu nampak “lucu”. Namun sang owner tidak tahu bahwa dengan webinar, ia bisa memberikan penjelasan kepada masyarakat luas tentang betapa pentingnya asuransi tersebut. Berawal dari sana, maka ia tetap bisa “berjualan”.

Terdapat sebuah celah yang begitu luas antara informasi dan pengetahuan. Temukan cara untuk mengedukasi pelanggan potensialmu, tempatkan dirimu sebagai sumber daya yang ahli dan lihatlah bagaimana bisnismu berkembang.

The One-Off For-Profit Webinar

Mari bicara tentang pendapatan langsung. Ini merupakan webinar, dimana kamu harus membayar untuk mengikutinya. Hal yang dibahas yaitu hanya satu topik saja, dengan tujuan pembelajaran yang spesifik, keuntungan yang unik dan sebuah janji dari value itu sendiri. Fokus pada menyediakan hal yang langsung ke intinya, sehingga konsumen akan kembali lagi untuk di masa mendatang.

Bagaimana kamu mematok harga untuk webinar jenis ini? Itu tergantung dari audiens dan topik yang akan kamu bahas. Bahkan sebuah market yang ramai dengan konten “gratis”, orang-orang tetap membayar valuenya. Fokuslah pada bagaimana kamu menyajikannya. Pikirkan lebih dalam tentang satu area topik saja ketimbang harus memikirkan banyak topik yang begitu luas.

Jika kamu ingin melakukan one-off webinar, disarankan  untuk memiliki materi yang menyertai, seperti lembar kerja, yang dimana partisipan dapat mengikuti juga, atau tambahan “suplemen” untuk pembelajaran mereka. Jika ingin webinar yang lebih bijak lagi, cobalah akhiri webinar dengan sesi tanya-jawab, sehingga kamu mempunyai waktu lebih untuk dapat berinteraksi dengan audiens.

The Multi-Module Webinar or Webinar Series

Ini merupakan webinar yang paling menguntungkan jika kamu menyusun dan merancangnya dengan baik.

Jika kamu seorang trainer, kamu bisa menggunakan webinar ini untuk mengkonversi konten face-to-face kamu menjadi sebuah format virtual yang bisa kamu jual pada poin harga yang sama. Jika kamu seorang penulis, kamu bisa memperluas bukumu menjadi sebuah program pelatihan yang melebihi sebuah halaman. Jika perusahaanmu menawarkan sebuah produk yang  bisa digunakan untuk membantu konsumen menghasilkan pendapatan, webinar dengan pelatihan khusus bisa menjadi solusi yang tepat — apakah kamu memilih untuk mencari keuntungan atau tidak. Pikirkan tentang sebuah sertifikat atau melanjutkan unit pendidikan. Bisakah bisnismu menyediakan konten untuk membantu seseorang mencapai sebuah mandat?

Kemungkinannya tak terhingga, dan kesempatan membuat ulang juga berlimpah. Ingatlah betapa pentingnya mempelajari tujuan yang benar, bahan yang berkelanjutan dan pastikan tiap modul atau bagian dari serial itu memberikan nilai yang berguna, dan juga membangun sesuatu yang lebih baik melalui pelatihan tersebut.

Tidak peduli tipe webinar mana yang kamu pilih, kuncinya hanya dua: pelatihan dan interaksi. Sebuah webinar yang baik memang memerlukan usaha yang lebih, namun itu pantas untuk dilakukan.

Untuk mengetahui webinar yang baik dan berguna untuk bisnis kamu, tanggal 25 Oktober 2016 ini, Toffeedev mengadakan FREE WEBINAR selama 60 menit! Adapun topik yang akan dibahas yaitu Digital Marketing Untuk Perusahaan B2B (Business to Business). Daftarkan diri kamu segera dan dapatkan manfaat lebih dari webinar ini. Daftar Disini!

 webinar-728x90-2

Dwi Nurul
Dwi Nurul
Content Marketing Strategist di Toffeedev. Sangat antusias untuk bidang marketing, public relations, and digital marketing.

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat