5 Strategi Agar Negosiasi Berjalan Lancar
Februari 9, 2016
Inilah Bagaimana Kehidupan Mengikat Kita Dengan Teknologi
Februari 11, 2016
Show all

4 Cara Membuat Meeting Anda Menjadi Lebih Efektif

Meeting meeting dan meeting, setiap dari kalian pasti pernah atau sering melakukan ini. Ada meeting yang berjalan seperti maunya kita, ada pula yang bahkan jauh dari ekspektasi. Baik atau buruknya sebuah meeting atau pertemuan dengan seseorang dapat dilihat dari bagaimana si lawan bicara merespon. Selain itu, ada juga beberapa cara agar meeting kamu menjadi jauh lebih efektif, berikut adalah beberapa caranya:

  1. Buatlah Agenda MeetingAgar meeting kamu dengan orang lain tidak menjadi sia-sia, alangkah baiknya buatlah agenda sebelum hari H meeting itu berlangsung. Ini akan sangat membantu kamu dalam pertemuan nantinya. Tidak hanya membuat meeting menjadi lebih produktif, namun akan membuat hasil dari pertemuan tersebut menjadi lebih terfokus. Dengan demikian, tidak ada yang dirugikan bukan?
  2. Cobalah Untuk Menghindari “Smartphone” SejenakMungkin beberapa dari kalian akan beranggapan “Loh, kan smartphone buat liat e-mail atau dokumen di dalamnya” atau “Dalam smartphone itu kan juga banyak kerjaan kita”. Jika kamu ingin meeting berjalan sebagaimana semestinya, lebih baik hindari memegang device kamu dan berfokus pada topik pembicaraan. Jika memang semua pekerjaanmu ada di dalam smartphone, sebaiknya pindahkan terlebih dahulu ke dalam laptop, jauh hari sebelum kamu melakukan pertemuan.
  3. Buatlah Meeting Singkat namun BerkesanTidak banyak orang yang suka mendengar orang lain berbicara terlalu lama. Ya, membosankan. Itulah betapa pentingnya membuat agenda meeting, jadi kamu sudah tahu apa yang ingin dibicarakan tanpa harus keluar dari topik yang ada. Buatlah pertemuan yang akan kamu lakukan berlangsung singkat namun straight to the point. Dengan demikian, message yang kamu sampaikan langsung tepat sasaran.
  4. Pergunakan 10 Menit Terakhir untuk ReviewJika di awal kamu sudah membuat agenda meeting, tentu untuk hal yang satu ini menjadi jauh lebih mudah. Dalam 10 menit review, pastikan semua point telah kamu sampaikan dan message yang kamu keluarkan telah tersalurkan dengan baik. Jika respon dari lawan bicara adalah positif, maka dapat dipastikan meeting kamu hari itu berhasil. Selamat!Melakukan meeting menjadi sia-sia jika kamu melupakan beberapa point penting di atas. Buatlah pertemuan kamu menjadi lebih efektif. Jangan sampai malah menjadi buang waktu dan buang tenaga, Toffee Friends!

Dwi Nurul
Dwi Nurul
Content Marketing Strategist di Toffeedev. Sangat antusias untuk bidang marketing, public relations, and digital marketing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *