Target Pasar
Terapkan SEO yang Tepat Untuk Target Pasar Tanpa Batas
Juli 6, 2020
Peluang Bisnis
3 Strategi Meraih Peluang Bisnis dengan SEO Marketing
Juli 6, 2020
Show all

4 Cara Mengembangkan Bisnis Lokal dengan SEO

Cara Mengembangkan Bisnis

Cara Mengembangkan Bisnis

Menggunakan SEO untuk bisnis lokal berperan besar dalam meningkatkan brand atau usaha Anda agar bisa tampil pada halaman pertama search engine. Salah satu faktor yang membedakannya dengan bisnis umum yang lebih luas adalah penggunaan SEO akan lebih menyasar kata kunci (keyword) yang lebih spesifik di lokasi geografis tertentu. Oleh sebab itu, Anda perlu mengetahui cara mengembangkan bisnis lokal yang Anda miliki dengan strategi SEO yang lebih spesifik. Lalu, bagaimana cara mengembangkan bisnis lokal dengan SEO? Berikut kami rangkum beberapa tipsnya untuk Anda:

Buat Akun Google My Business

Untuk dapat mengoptimasi bisnis lokal dengan SEO, Anda dapat mendaftarkan bisnis Anda pada Google My Business. Google My Business adalah tools milik Google yang dapat membuat bisnis Anda muncul di local maps listing halaman pencarian. Selain itu, Google My Business juga dapat menampilkan berbagai informasi penting mengenai profil bisnis Anda, seperti nama bisnis, alamat perusahaan, nomor telepon perusahaan, alamat email, jam operasional, website perusahaan, foto kantor, hingga review klien.

Untuk mendaftar di Google My Business, ada beberapa tahap yang perlu Anda lakukan, antara lain:

  • Pastikan Anda sudah memasukkan informasi yang lengkap;
  • Jika Anda memasukkan gambar atau logo perusahaan, buat nama file gambar yang sesuai dengan keyword yang Anda gunakan;
  • Penting untuk memasukkan kategori perusahaan agar bisnis Anda mudah ditemukan pada mesin pencarian.

Gunakan Kata Kunci (Keyword) Lokal

Salah satu cara mengembangkan bisnis lokal dengan SEO yang tidak boleh dilupakan adalah, Anda harus menargetkan kata kunci (keyword) lokal. Hal ini akan membantu website Anda muncul di halaman pertama mesin pencarian. Selain itu, bisnis Anda juga mudah ditemukan oleh orang-orang yang berada di sekitar lokasi bisnis. Misalnya Anda mempunyai bisnis yang menyediakan “jasa desain website”, maka tambahkan lokasi (tempat) bisnis Anda berada, seperti “jasa desain website jakarta”, “jasa desain website surabaya”, dan sebagainya.

Beri Review dan Rating di Google My Business

Google My Business dapat memberikan exposure lebih untuk bisnis lokal Anda, misalnya menunjukkan foto, review, dan rating. Review dan rating akan ditampilkan dalam hasil pencarian berupa bintang. Jika semakin tinggi rating bisnis Anda, maka semakin tinggi pula peluang untuk ditampilkan oleh Google sebagai yang teratas.

Berikut 3 cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan review dari konsumen:

  • Minta secara personal kepada konsumen setelah melakukan pembelian;
  • Kirim email kepada konsumen untuk meminta review;
  • Berikan pelayanan yang bagus untuk mendapatkan review yang maksimal.

Buat Kampanye Iklan (Ads Campaign) dengan Target Lokal

Salah satu cara paling cepat dan efisien untuk mengendalikan target visitor lokal ke situs Anda adalah membuat kampanye iklan dengan target lokal. Jangan lupakan juga dengan teknik gaya bahasa atau konten, karena hal ini akan mendekatkan brand Anda pada konsumen. Anda dapat menggunakan penyedia Jasa Iklan Google Ads dan tools seperti Facebook Ads.

Itulah beberapa cara mengembangkan bisnis lokal dengan SEO. Apabila Anda masih bingung untuk meningkatkan SEO Anda, jangan khawatir. Toffeedev digital marketing agency Jakarta menyediakan kelas SEO fundamental bagi Anda yang ingin mempelajari SEO dari dasar hingga menjadi seorang profesional. Tunggu apalagi? Segera daftarkan diri Anda pada kelas SEO fundamental dari Toffeedev!

Timotius
Timotius
Hello, I'm Timo. Working in the media industry since 2014, I want to absorb more experience in this industry and provide the best for my profession as a Content Writer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *