DesignAwards.Asia Design Of The Day
YouTube: Kini Hadirkan “Live Streaming” Video 360 Derajat
April 19, 2016
Google Doodle Hari Ini: R.A. Kartini
April 21, 2016
Show all

4 Cara Untuk Menghemat Kuota Internet

Setiap harinya, pasti kita selalu terhubung dengan orang lain melalui handphone atau smartphone yang kita bawa sehari-hari. Kebutuhan internet pun tidak akan terlepas dari itu semua. Begitu juga dengan paket data yang senantiasa harus selalu “terisi”.

Terdapat banyak pilihan bagi kamu untuk memilih jenis paket internet, ada yang unlimited dan ada pula yang meminta kita membeli sesuai kebutuhan kuota (biasanya dalam kurun waktu per bulan). Hal ini membuat kita harus lebih pintar memilih paket internet mana yang cepat dan tidak boros, tentunya. Handphone canggih dan paket internet full tentu membuat kita sering lupa waktu. Dan yang paling tidak mengenakkan adalah ketika sedang asyik streaming tiba-tiba paketnya habis. Duh, harus bagaimana ya? Selain menggunakan WiFi ada cara lain yang dilansir dari Kompas.com — yang dapat membuat kamu menjadi jauh lebih hemat untuk urusan kuota internet:

  • Awasi Penggunaan Data

Terkadang, kalau kita sedang asyik menonton video kesukaan, sampai-sampai lupa kalau ternyata streaming video memakan banyak sekali paket internet (kuota). Cara yang bisa kamu lakukan adalah mengawasi pemakaian, supaya tidak jebol lagi. Sebelum kamu berhemat, coba kamu cek terlebih dahulu aplikasi manakah yang lebih sering kamu buka dan memakan banyak kuota. Apakah Facebook, Path, Instagram, atau Snapchat? Cobalah kamu cek hal tersebut melalui pengaturan yang ada di smartphonemu.

Jika memang aplikasi yang paling banyak “memakan” kuota adalah Instagram, cobalah atur waktu kapan saja seharusnya kamu membuka aplikasi berbagi foto dan video tersebut. Bukalah Instagram hanya pada saat kamu menggunakan WiFi agar paket internet kamu tidak cepat habis seperti sebelumnya. Dengan begitu, kamu bisa lebih berhemat dalam memakai kuota internet.

  • Non-aktifkan Update Secara Otomatis

Setiap aplikasi biasanya akan menawarkan, ingin update manual atau otomatis jika ada perubahan terbaru pada aplikasinya. Tentu saja kita bisa memilih untuk update secara manual. Atau bisa juga update hanya jika menggunakan WiFi. Hal ini dianggap efektif karena bisa membantu kita dalam menghemat kuota internet.

Coba kamu bayangkan jika satu aplikasi sebesar 20 MB (mega byte), dan ada 5 aplikasi yang harus diupdate. Maka ada sebesar kuota 100 MB yang “termakan” dalam sekali waktu. Jadi kamu bisa mematikan update otomatis pada semua aplikasi yang ada pada smartphonemu.

  • Kurangilah Mengunduh Banyak Aplikasi

Minimalkanlah mendownload aplikasi, apalagi jika kamu menggunakan data internet. Karena itu akan sangat banyak menguras kuotamu. Ukuran dari sebuah file juga bervariasi, ada yang bersifat puluhan MB dan tidak sedikit pula yang mencapai ratusan MB untuk satu aplikasi. Belum lagi ada beberapa data bawaan aplikasi yang ukurannya cukup besar. Bisa jadi satu aplikasi bisa mencapai 1 GB (giga byte).

Bila kamu memang terpaksa harus mengunduh aplikasi semacam itu, hindarilah untuk mengunduhnya menggunakan paket data internet. Karena bisa langsung kamu “miskin” mendadak. Lebih baik jika ada aplikasi semacam itu, kamu menggunakan WiFi untuk mengunduhnya. Sebuah aplikasi seperti Facebook atau Path, pada saat diunduh ukurannya tidak begitu besar namun jika semakin sering digunakan maka konsumsi datanya semakin besar “termakan”.

  • Minimalisir Menonton Video Online

Menonton video secara online via YouTube tentu sangat menyenangkan, apalagi jika kamu sedang dalam perjalanan panjang. Namun tanpa kamu sadari ternyata menonotn video online seperti itu akan sangat banyak memakan kuota internet kamu.

Bila kamu ingin menghemat kuota internet, hindarilah menonton video online. Lebih baik kamu menonton video online dengan menggunakan WiFi saja. Namun jika kamu memang terpaksa menonton video secara online, kamu bisa mensiasatinya dengan menurunkan kualitas gambar pada video tersebut. Ubahlah format HD (High Definition) dengan format video biasa. Atau cara lain yang dapat dilakukan adalah, saat ini YouTube memberikan kesempatan kepada penggunanya untuk menonton video secara offline. Semakin menghemat, bukan?

Dwi Nurul
Dwi Nurul
Content Marketing Strategist di Toffeedev. Sangat antusias untuk bidang marketing, public relations, and digital marketing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *