Cara Mempromosikan Produk Secara Online
Rekomendasi Cara Mempromosikan Produk Dengan Efektif
Juni 2, 2020
Cara Buat Website Company Profile
Bagaimana Cara Buat Website Company Profile?
Juni 2, 2020
Show all

5 Cara Memulai Bisnis Online Dari Nol Untuk Pebisnis Pemula

Cara Memulai Bisnis Online Dari Nol

Cara Memulai Bisnis Online Dari Nol

Ketika Anda sudah masuk ke dunia pekerjaan, sebenarnya ada dua pilihan karier yang bisa dipilih. Pertama, bekerja di sebuah perusahaan dengan status karyawan. Kedua, menjadi pemilik bisnis. Ya, tidak selamanya Anda harus bekerja sebagai karyawan saja. Memiliki bisnis pada saat ini bisa dibilang mudah dan juga susah. Namun tenang saja, Anda bisa mendapatkan cara memulai bisnis online dari nol di sini.

Memulai bisnis online memang lebih memiliki potensi pada hari ini. Mengapa bisa begitu? Karena konsumen lebih suka berbelanja online. Apalagi di tengah pandemi seperti sekarang ini. Jauh lebih mudah dan cepat juga. Maka dari itu, Anda sebaiknya lebih fokus berbisnis online dibandingkan offline.

Untuk cara memulai bisnis online dari nol, inilah beberapa poin utama yang bisa Anda lakukan saat ini juga. Simak penjelasannya di bawah ini.

Melihat Peluang Bisnis

Cara pertama adalah melihat peluang bisnis. Ada beberapa peluang bisnis yang selalu terbuka atau sedang menjadi tren. khususnya di bisnis kuliner atau makanan. Anda bisa melihat peluang bisnis di sana. Cobalah untuk melihatnya dengan keadaan di kota Anda juga. Apakah ada bisnis yang sedang dikenal karena memiliki kuliner nikmat? Atau sedang naik daun karena menjadi tren pada hari ini. Dari sana, Anda bisa mendapatkan penilaian bahwa bisnis tersebut bisa dijalankan oleh Anda. Setidaknya dari melihat peluang bisnis, Anda bisa menemukan suatu hal yang bisa dijadikan bisnis menarik.

Penuhi Kebutuhan Masyarakat

Tidak hanya melihat peluang bisnis saja. Anda sebaiknya memikirkan juga kebutuhan masyarakat. Masyarakat pasti memiliki kebutuhan yang berusaha dipenuhi tapi dari segi bisnis, masih sedikit atau malah belum ada yang menjalankannya. Nah dari sana, Anda bisa menjadikannya sebagai peluang bisnis yang menguntungkan. Jangan sia-siakan kebutuhan masyarakat tanpa dijadikan lahan bisnis.

Mencoba Riset Pasar

Jika memang Anda sudah menemukan bisnis apa yang ingin dijalankan, cobalah untuk melakukan riset pasar. Riset ini bisa menghasilkan beberapa poin penting. Dimulai dari kompetitornya ada berapa, apa saja yang harus dijual, berapa harga yang layak untuk kondisi pasar, dan lainnya. Riset pasar ini memang penting karena Anda bisa menjawab kebutuhan pasar dengan membuat produk yang tepat.

Melihat Kompetitor

Dari riset pasar yang dilakukan, bisa dibilang melihat kompetitor menjadi hal yang penting. Tidak dapat dipungkiri, hampir semua jenis bisnis sudah ada yang menjalankan. Jadi ketika Anda memutuskan memulai bisnis online dari nol, sudah pasti ada kompetitor yang sudah terlebih dahulu melakukannya. Dengan kondisi seperti ini, cobalah meneliti kompetitor Anda dari luar dan dalam. Dengan begitu, selalu ada kelemahan yang mereka miliki dan bisa Anda perbaiki dari produk yang nantinya Anda jual.

Gunakan Medium yang Tepat

Untuk bisnis online sendiri, ada beberapa medium atau media yang bisa digunakan untuk promosi. Ada media sosial (Instagram, Twitter dan Facebook), iklan online (Google Ads, Facebook Ads, Instagram Ads), hingga memiliki website. Untuk memiliki website pada saat ini tidaklah susah dan mahal. Bahkan dengan memiliki website menjadi pertanda bagi konsumen bahwa bisnis tersebut terhitung profesional.

Untuk poin ini, Anda bisa menggunakan Jasa Pembuatan Website Perusahaan dari ToffeeDev. Kami siap memberikan solusi bisnis online kepada Anda dengan membuat website yang berkualitas. Hubungi kami untuk konsultasi lebih lanjut. Website yang sudah dimiliki juga bisa dioptimasi dengan SEO agar semakin mudah ditemukan oleh para konsumen.

Sekarang Anda sudah tahu cara memulai bisnis online dari nol. Semoga informasi yang diberikan di artikel ini bisa memberikan manfaat sekaligus wawasan terbaru kepada Anda. Jangan lupa untuk memberikan komentar tentang artikel ini dan share artikel ini di media sosial Anda agar semakin banyak yang tahu informasi ini.

Timotius
Timotius
Hello, I'm Timo. Working in the media industry since 2014, I want to absorb more experience in this industry and provide the best for my profession as a Content Writer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *