cek kecepatan website
Rekomendasi 5 Tools Terbaik untuk Cek Kecepatan Website Anda
Oktober 6, 2020
domain authority
Ketahui 4 Fakta di Balik Domain Authority Website
Oktober 15, 2020
Show all

5 Rekomendasi Tools untuk Cek Plagiarisme Online

Cek Plagiarisme Online

Cek Plagiarisme Online

Menulis artikel berkualitas merupakan suatu keharusan sekaligus kebutuhan bagi setiap SEO content writer. Salah satu ciri artikel berkualitas adalah artikel tersebut belum pernah diunggah di situs manapun. Setelah Anda mengetahui cara menulis artikel yang benar, kini saatnya Anda melakukan cek plagiarisme online untuk memastikan artikel Anda belum pernah diunggah di manapun. Oleh sebab itu, ada beberapa tools untuk melakukan cek plagiarisme online.

Berikut kami berikan lime rekomendasi tools yang dapat Anda gunakan untuk cek plagiarisme online:

DupliChecker

Anda dapat langsung melakukan pengecekan teks atau file langsung menggunakan DupliChecker. Website ini menyediakan halaman khusus untuk melakukan pengecekan konten plagiat. Anda tinggal memasukkan konten dengan maksimal 1000 kata ke dalam sebuah form yang tersedia.

Ketika menggunakan DupliChecker untuk melakukan pengecekan tingkat plagiat konten, Anda akan disuguhkan informasi berapa besar kemiripan konten Anda dengan konten yang lainnya dalam bentuk persen. Jika tidak ada indikasi adanya kesamaan konten, website akan memunculkan informasi “No Plagiarism Detected!”.

Menariknya, selain mengecek tingkat plagiat sebuah konten, website ini juga menyediakan sistem pengecekan lainnya, seperti grammar, paraphrasing, keyword position checker, domain authority, backlink checker, dan masih banyak lainnya.

Dustball

Jika Anda mencari website untuk cek plagiarisme online yang sangat sederhana, Anda dapat menggunakan Dustball. Ketika membuka website ini, Anda akan langsung disuguhkan kolom untuk diisi teks yang ingin diperiksa. Selain pengecekan teks secara langsung, website dapat melakukan pengecekan dokumen Microsoft Word.

Cara penggunaannya cukup mudah. Anda cukup meng-copy kemudian paste teks apa pun ke dalam box yang tersedia. Kemudian klik tombol “Check the paper” dan secara otomatis website akan melakukan pengecekan dokumen Anda. Hasil pengecekan Dustball ditandai dengan adanya keterangan “OK” dan “Plagiarism?”. Jika terdapat indikasi plagiat, Dustball akan memberikan peringatan “Plagiarism?”.

Sayangnya ada batasan penggunaan pengecekan. Ketika melebihi yang ditentukan, website akan memunculkan peringatan “Free Limit Reached”. Batasan penggunaan yang ditentukan adalah 1000 setiap harinya di seluruh dunia. Supaya tetap bisa menggunakannya, pengguna diminta untuk melakukan subscribe dengan membayar sebesar $8 (lifetime) untuk biaya perawatan. 

Copyscape

Copyscape menyediakan aplikasi pengecekan plagiat secara gratis untuk mencari salinan dari halaman website Anda secara online, serta solusi untuk mencegah pencurian dan penipuan konten. Anda tinggal memasukkan alamat URL website dan secara otomatis Copyscape akan melakukan pengecekan tingkat kesamaan konten Anda.

Konten yang Anda beli atau buat mungkin telah disalin atau dicuri dari website lain. Artikel yang sudah dipublikasikan dan disalin di website lain tentunya dapat menghancurkan reputasi dan mempengaruhi peringkat konten Anda di hasil pencarian. Pengecekan menggunakan Copyscape dilakukan supaya konten yang Anda buat tidak dikenali sebagai plagiat. 

Sayangnya ada batasan jumlah penggunaan untuk yang versi gratis. Supaya dapat mendapatkan akses yang lebih luas, maka Anda harus menggunakan layanan yang premium. Selain pengecekan plagiat, Copyscape juga menyediakan layanan lain seperti Copyscape Premium, Premium API, Copysentry, Free Comparison Tool, dan Free Plagiarism Banner. Dari sekian layanan tersebut, sepertinya yang cukup menarik adalah Plagiarism Banner. Fitur ini dapat Anda manfaatkan untuk menyematkan plagiarism banner di dalam halaman website Anda.

PlagTracker

PlagTracker adalah website yang menyediakan alat pengecekan konten plagiat yang cukup lengkap. Namun fitur lengkap yang ditawarkan tidak gratis alias Anda harus menggunakan layanan premium dari PlagTracker. Layanan yang tersedia seperti laporan yang cepat, pengecekan grammar, laporan dalam bentuk PDF,  pengecekan database, dapat mengecek banyak file (.doc, docx, .txt), pengecekan dengan volume yang unlimited, dan masih banyak lainnya.

Website ini merupakan penyedia layanan pengecekan plagiat secara profesional. Tersedia tim profesional yang akan melakukan pengecekan konten Anda. Tim yang ditawarkan akan melakukan pengecekan kesalahan sintaksis, tata bahasa, dan alur sesuai dengan semestinya.

Meskipun layanan ini berbayar, Anda tidak perlu khawatir karena PlagTracker juga mempunyai layanan gratis yang bisa dimanfaatkan. Bahkan, jika layanan pengecekan plagiat lain hanya dibatasi sampai dengan 1000 kata, di PlagTracker, Anda dapat melakukan pengecekan hingga 5000 kata.

PlagScan

PlagScan adalah website yang menyediakan plagiat online yang mempunyai banyak keunggulan. Anda hanya tinggal melakukan beberapa klik saja untuk melakukan pengecekan keaslian dari teks. Laporan pengecekan dapat disesuaikan dengan apa yang Anda butuhkan. Jika menginginkan file PDF supaya mudah untuk dicetak atau ingin berkolaborasi dengan orang lain melalui sebuah laporan di browser, semua itu dapat Anda dapatkan melalui PlagScan.

Meskipun target penggunanya adalah orang-orang adalah akademisi, tapi Anda juga dapat menggunakannya untuk melakukan pengecekan konten website sebelum dipublikasikan. Layanan ini dapat Anda gunakan secara gratis beberapa hari saja dengan mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Setelah itu diperlukan pembayaran untuk menggunakannya lebih lama.

Ada empat pilihan pengguna yang bisa dipilih; single user, sekolah (school), pendidikan lebih tinggi (higher education), dan bisnis (business). Bagi pengguna single user, layanan ini diperlukan supaya lebih aman dan yakin bahwa mereka telah berhasil mengutip konten pihak ketiga tanpa ada indikasi plagiat. Pengguna sekolah (school) dapat menggunakan layanan ini untuk menyediakan siswanya melakukan pengecekan secara mandiri.

Nah, itu dia lima rekomendasi tools untuk cek plagiarisme online bagi para SEO content writer. Apakah Anda memiliki rekomendasi lainnya? Tuangkan pendapat Anda pada kolom komentar di bawah ini, ya! 

Habiburachman
Habiburachman
Digital Marketing - Providing best practice to your business

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *