Pengertian Pinterest dan Keunggulannya
Pengertian dan Keunggulan dari Pinterest
Januari 6, 2020
Inilah yang Harus Anda Ketahui Mengenai HTTP dan HTTPS Untuk SEO
Januari 13, 2020
Show all

5 Tren Konten Terbaik Untuk 2020

5 Tren Konten Terbaik Untuk 2020

Setiap tahunnya, selalu ada pergeseran perubahan dalam segi masing-masing bisnis. Semuanya tergantung dari tren yang sedang naik pada masa itu, dan juga perkembangan teknologi juga. Di dalam dunia marketing dan SEO sendiri, hal itu juga terjadi.

Jika melihat beberapa tahun terakhir, tidak dapat dipungkiri kalau tren konten yang sedang naik daun adalah pembuatan video untuk diunggah di YouTube hingga pembuatan podcast. Khusus tren terakhir yang disebutkan, saat ini benar-benar sedang digandrungi masyarakat luas. Dari yang awalnya hanya menjadi pendengar, banyak pula yang memutuskan untuk membuat podcast sendiri. Sedangkan untuk membuat video untuk YouTube, sampai sekarang tetap relevan karena YouTube telah menjadi platform video sharing yang digandrungi dan sulit dikalahkan oleh platform lainnya.

Mendekati akhir tahun 2019, sebenarnya sudah terlihat pergerakan tren konten untuk tahun 2020. Tren konten terbaik pun mulai bisa diprediksi dari sekarang. Tentunya disertakan oleh berbagai macam alasan yang menarik. Di bawah ini, ada 5 tren konten terbaik untuk 2020 yang bisa Anda persipakan dan diaplikasikan secepatnya.

1. Optimalkan penggunaan E-A-T

Pada bulan Agustus 2019, Google memberikan informasi penting di dalam Webmaster Central. Di dalam informasi itu, Google sedang menggalakkan penggunaan E-A-T (Expertise, Authoritativeness, Trustworthiness) sebagai bentuk nilai-nilai yang harus ada di dalam setiap konten di dalam website.

Dari ketiga nilai tersebut, masing-masing memiliki kegunaannya sendiri, yang akhirnya bisa membuat konten Anda sudah pasti terpercaya. Untuk bisa mendapatkan E-A-T yang tepat, Anda bisa mendapatkan kepercayaan dari website terpercaya lainnya sebagai sumber konten, menggunakan link dari website terpercaya sebagai sumber informasi, memberikan biodata yang lengkap untuk author dari blog, hingga selalu memberikan update konten terbaru yang akurat, relevan, dan sedang tren. Jika Anda melakukan itu semua, maka E-A-T bisa tercapai untuk website Anda.

Baca juga: Pengertian dan Keunggulan dari Pinterest

2. Video dan visual storytelling

Seperti yang sudah disinggung di awal, penggunaan konten dalam bentuk video pada tahun ini menjadi relevan dan favorit dari banyak orang. Untuk tahun 2020 sendiri, tren konten video & visual storytelling masih tetap tidak bisa ditinggalkan. Tidak dapat dipungkiri, dengan tampilan visual yang menarik serta banyaknya pilihan video yang tersedia di internet, tren konten video tetap menjadi favorit untuk ditonton setiap saat. Maka dari itu, tetap perlu pembuatan konten video & visual storytelling yang menarik untuk tahun 2020.

3. Penggunaan teknologi visual mutakhir

Jika Anda sering menggunakan fitur filter dari Instagram stories dan Snapchat, seperti yang bisa membuat wajah Anda berubah bentuk, adanya tambahan visual di dalam foto atau video Anda, hingga adanya permainan, itu semua adalah teknologi visual mutakhir yang lebih sering disebut dengan Augmented Reality (AR). Kalau Anda berpikir teknologi tersebut sulit untuk dibuat, maka Anda salah besar. Saat ini semakin banyak kreator yang membuat fitur filter di media sosial visual seperti Instagram dan Snapchat setiap harinya. Dan pada tahun 2020, penggunaan AR akan semakin marak di dalam media sosial. Untuk itu, Anda bisa membuat konten AR untuk tahun depan.

Baca juga: Ingin Bisnis Berkembang? SEM Adalah Jawabannya

4. Memberikan konten sesuai kebutuhan konsumen

Tentu saja tren pada tahun 2020 tetap ada satu poin yang digunakan yaitu memberikan konten sesuai kebutuhan konsumen. Tidak mungkin rasanya melupakan hal ini, khususnya untuk bidang SEO. Maka dari itu, tetap lakukan research keywords menarik dan sedang tren pada waktunya. Jangan lupakan hal ini karena jika tidak, Anda bisa gagal memberikan konten yang sesuai dengan tren dan kebutuhan konsumen.

5. Tetap membuat konten yang berkualitas

Masih memiliki hubungan dengan E-A-T, Anda harus tetap membuat konten yang berkualitas. Jangan sampai lupakan hal ini, karena tetap saja konten yang dibuat, seperti artikel, ditujukan untuk manusia, bukan mesin saja. Tetap berikan penulisan konten yang baik dan tepat, ambil data dan informasi dari sumber yang terpercaya, membuat artikel yang mendalam, serta tampilkan visual yang menarik dari segi gambar hingga infografis.

Itulah 5 tren konten terbaik untuk tahun 2020 yang perlu Anda ketahui. Jangan sampai lupa untuk menerapkan lima hal di atas pada tahun depan. Semoga informasi ini bermanfaat!

Timotius
Timotius
Hello, I'm Timo. Working in the media industry since 2014, I want to absorb more experience in this industry and provide the best for my profession as a Content Writer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *