Manfaat SEO Dalam Bisnis Online
5 Manfaat SEO Dalam Bisnis Online 2020
Juli 6, 2020
Strategi Pemasaran Online
4 Strategi Pemasaran Online Jangka Panjang Terbaik 2020
Juli 6, 2020
Show all

6 Strategi Pemasaran SEO untuk Jangka Panjang

Strategi Pemasaran

Strategi Pemasaran

Mesin pencari raksasa Google selalu memperbarui algoritmanya secara berkala. Perubahan algoritma tersebut tentunya akan berpengaruh terhadap strategi pemasaran Anda, termasuk strategi pemasaran dalam penggunaan SEO dalam website Anda. Menyikapi hal tersebut, maka sudah saatnya Anda berorientasi pada konten-konten berkualitas, fresh, dan up-to-date. Lantas, apa saja trik strategi pemasaran SEO yang dapat Anda lakukan? Berikut kami sajikan rangkumannya untuk Anda.

Selalu Perbarui Konten untuk Pembaca

Tujuan utama sebuah blog dibuat adalah untuk menyajikan konten yang bermanfaat untuk para pembaca. Sayangnya, demi mengejar keunggulan terhadap kompetisi di halaman satu Google, banyak pemasar justru kerap menggunakan strategi SEO yang tidak etis dan melupakan kebutuhan utama pembaca. Selain itu, janganlah terlalu berfokus pada SEO off-page pada website Anda dan melupakan kebutuhan pembaca. Kini saatnya Anda kembali pada kebutuhan pembaca Anda. 

Konten yang fresh, up-to-date dan relevan sesuai dengan topik yang Anda bahas akan menjadi suguhan yang nikmat untuk para pembaca  Anda, dan tentu saja, Google akan memberi apresiasi atas usaha Anda. Sudah banyak blogger yang membuktikan bahwa dengan konten yang berkualitas telah membantu mereka untuk survive di halaman pertama Google dari waktu ke waktu.

Integrasikan Website Anda dengan Google Authorship

Manfaat utama yang diperoleh dari seorang pemilik website yang mengintegrasikan website atau blog-nya dengan Google Authorship adalah Authorship Markup. Anda tentu pernah melihat sebuah gambar profil penulis di hasil pencarian mesin pencari,  bukan? Nah, ini dia yang dimaksud dengan Authorship Markup. Sampai saat ini, memang belum banyak pemilik website yang menggunakan fitur ini. Namun menurut  para pemasar digital dunia, menggunakan Authorship Markup sangat baik untuk strategi pemasaran SEO jangka panjang, dan juga dapat meningkatkan jumlah klik ke sebuah halaman website, karena pembaca menganggapnya sebagai ulasan dari tokoh yang memiliki kredibilitas.

Optimasi Title Tag

Title tag memiliki peranan ajaib untuk membuat artikel Anda menjadi lebih SEO-friendly. Dalam strategi pemasaran SEO jangka panjang pun, title tag dianggap sangat penting. Berikut ini adalah beberapa cara untuk optimasi title tag yang dapat Anda terapkan:

  • Mengandung kata kunci (keyword) yang relevan dengan artikel yang dibahas;
  • Tata bahasa rapi dan tidak kaku; natural dan enak dibaca;
  • Berikan atribut nama website Anda sebagai branding (dapat diatur dengan mudah di plugin SEO ), misalnya “Cara Mudah  Menulis Artikel SEO Friendly | toffeedev.com”.

Penggunaan Tag Heading dan Sub Heading (H1, H2, H3)

Secara otomatis, judul konten akan memiliki tag heading dengan identitas H1. Sedangkan sub heading atau tag H2 merupakan tag sebagai penanda sub judul dalam sebuah artikel. Tag H3 dapat Anda tambahkan pada poin-poin penting sehingga struktur halaman website Anda menjadi lebih tertata. Anda disarankan untuk menambahkan keyword yang relevan dalam tag-tag tersebut, namun jangan dipaksakan. Terlalu memaksakan kata kunci di heading dan sub heading akan membuat konten Anda menjadi kaku dan mengganggu kenyamanan pembaca dalam menikmati konten Anda.

Atur Permalink Menjadi Lebih SEO-Friendly

Sama halnya dengan judul dan deskripsi, mengatur URL agar lebih teroptimasi juga merupakan salah satu strategi pemasaran SEO yang tidak boleh Anda lupakan. Dengan menyusun URL/permalink website Anda dengan kata kunci yang relevan, maka hal ini akan lebih disukai oleh mesin pencari. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membuat permalink menjadi lebih SEO-friendly, antara lain:

  • Permalink mengandung keyword yang dibidik;
  • Panjang URL tidak lebih dari 100 karakter;
  • URL tidak memuat lebih dari 3 sub kategori ( misalnya, bisnis/bisnis online/ ecommerce. Perhatikan poin ini jika Anda mengatur permalink Anda dengan format http://namablog.com/category/%post-name%)

Perbanyak Konten yang Saling Terkait

Satu kata kunci dapat menciptakan beberapa artikel sekaligus yang memiliki keterkaitan antar satu dan yang lainnya. Anda dapat menggunakan trik ini untuk menciptakan internal links dan juga menyisipkan artikel terkait di antara paragraf artikel Anda. Jika Anda menerapkan trik ini di website Anda, maka Anda akan terkesan memiliki pembahasan yang mendalam terhadap topik tersebut. Selain itu, Anda dapat membantu pembaca Anda untuk mendapatkan referensi konten yang bermanfaat dalam satu topik tersebut.

Itu dia enam strategi pemasaran SEO jangka panjang yang efektif dan dapat langsung Anda terapkan pada website Anda.  Namun apabila Anda masih bingung bagaimana memulai strategi pemasaran dengan SEO, jangan khawatir. Toffeedev digital marketing agency Jakarta menyediakan kelas SEO fundamental bagi Anda yang ingin mempelajari SEO dari dasar hingga menjadi seorang profesional. Tunggu apalagi? Segera daftarkan diri Anda pada kelas SEO fundamental dari Toffeedev!

Baca Juga: Perbedaan Strategi Pemasaran Online dan Offline

 

Timotius
Timotius
Hello, I'm Timo. Working in the media industry since 2014, I want to absorb more experience in this industry and provide the best for my profession as a Content Writer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *