Tampilan Web
6 Trik Membuat Tampilan Web untuk Meningkatkan SEO
Oktober 21, 2020
SEO in eCommerce
SEO in eCommerce | Download Presentasi Chris Lorimer di SEOCon 2020
Oktober 23, 2020
Show all

Analisis kompetitor: Bagaimana Melakukan Analisis Kompetitor

analisis persaingan pasar

Menganalisis kinerja Anda sendiri baru setengah jalan. Anda harus melakukan analisis Kompetitor yang menyeluruh untuk memahami pasar Anda sepenuhnya.

Apa itu analisis kompetitor?

Analisis Kompetitor adalah praktik mengevaluasi kompetitor di pasar Anda dan mengumpulkan data dari kinerja mereka dengan tujuan untuk memperkaya strategi pemasaran dan produk Anda.

Mengapa analisis Kompetitor penting? 

Riset Kompetitor penting karena beberapa alasan:

  • Temukan Kompetitor Anda: dengan memahami siapa yang beroperasi pada sebuah pasar yang sama dengan Anda dan menargetkan audience yang sama, akan memberikan wawasan yang luas tentang jenis konten yang harus Anda sajikan. Anda dapat melihat apa yang mereka lakukan dengan benar dan bagaimana Anda dapat meniru kesuksesan mereka.
  • Mengidentifikasi peluang: Anda bisa saja menemukan sebuah “permata” sambil memata-matai Kompetitor Anda; Anda akan dapat mengidentifikasi calon partner, reseller, pendukung, dan bahkan peluang Public Relations.

Bagaimana melakukan analisis kompetitor

Identifikasi Kompetitor Anda

Yang pertama, Anda harus tahu siapa Kompetitor Anda. Anda mungkin sudah tau siapa Kompetitor Anda, tetapi mungkin ada beberapa bisnis yang tidak begitu “jelas” sehingga Anda ketinggalan; dikenal sebagai indirect competitors.

Indirect competitors tidak memiliki penawaran yang sama persis dengan Anda, tidak seperti Kompetitor langsung, tetapi mereka menjual sesuatu yang serupa di pasar Anda. Misalnya, Anda mungkin adalah penjual bir rumahan dan Kompetitor tidak langsungnya adalah penjual anggur. Anda berdua menjual dalam pasar alkohol kepada audiens yang sama atau serupa, tetapi Anda memiliki produk yang berbeda.

Anda dapat secara manual memeriksa semua kata kunci Anda untuk melihat mana yang performing, tapi itu tugas yang panjang dan melelahkan. Pi’s Competitor Discovery tool dapat melakukan semua pekerjaan itu untuk Anda, menunjukan setiap situs web yang memiliki kata kunci yang Anda sama dengan Anda, benar-benar otomatis dan benar-benar tidak terbatas. Ini berarti Anda akan tahu para Kompetitor Anda yang paling tidak dikenal, yang dapat memberi Anda keunggulan setelah Anda menerapkan data analisis Kompetitor Anda.

Laporan Penemuan Kompetitor Platform Pi

1 6
2 4

Berpikirlah secara lokal

Jika perusahaan Anda memiliki local presence , Anda mungkin juga ingin memeriksa siapa Kompetitor lokal Anda. 

Memiliki pengetahuan tentang siapa Kompetitor Anda sangat bagus untuk strategi Anda yang lebih luas, tetapi mungkin saja bisnis yang lebih kecil tidak terdeteksi. 

Anda dapat memeriksa Google secara manual menggunakan istilah pencarian dan nama tempat, atau menggunakan platform seperti BrightLocal untuk mengidentifikasi Kompetitor lokal Anda.

Dalam dunia konsumen yang tidak loyal saat ini, menjaga pemasaran lokal Anda sangat penting, karena pembeli semakin mencari personalisasi. Pemasaran perusahaan besar tidak akan bertahan di tingkat lokal.

Bandingkan konten Kompetitor

Setelah Anda mendapatkan daftar Kompetitor Anda, Anda dapat mulai melihat konten mereka. Jenis konten apa yang mereka buat? Apakah mereka melakukan banyak studi kasus? Video? Audio?

Pikirkan tentang bagaimana ini dibandingkan dengan konten SEO Anda; apakah ada celah dalam konten Anda? Apa yang bisa Anda investasikan untuk bersaing? Apa yang mereka lakukan dengan baik sehingga Anda dapat belajar darinya?

Analisis lanskap SERP dan identifikasi fitur mana yang menghasilkan dari  istilah penelusuran Anda yang paling berharga. Di Pi, alat pelacakan Fitur SERP kami mengungkapkan fitur mana yang memiliki visibilitas dan juga menunjukkan siapa yang mendapatkan peringkat untuk mereka! Lacak kinerja Anda dan Kompetitor Anda dalam berbagai fitur:

Matriks SERP Platform Pi | 2 jam

1 5

Jika Anda adalah perusahaan yang memasarkan produk, Anda juga dapat menggunakan fase ini untuk mengidentifikasi ide produk baru – dapatkah Anda mengembangkan produk baru membuatnya lebih baik? 

Analisis SEO kompetitor

Setelah melihat bagaimana konten mereka dibandingkan dengan konten Anda, sekarang saatnya membahas detail penawaran mereka. Secara khusus, penataan SEO konten mereka.

Anda ingin mengoptimalkan situs Anda untuk mengungguli Kompetitor Anda dalam hasil mesin pencari, sehingga Anda akan menarik lebih banyak traffic. Jadi mempelajari SEO mereka, dan selain mempelajari SEO Anda sendiri, sangat penting.

Berikut beberapa praktik SEO yang perlu dipertimbangkan:

  • H1 dan H2
  • Metadata
  • Penggunaan kata kunci
  • Alt Text?

Anda mungkin ingin menggunakan Competitor Analysis tool untuk mengevaluasi SEO mereka; dengan Pi Intelligent Copy tool, kami memberikan feedback tentang pengoptimalan konten halaman apa pun untuk istilah penelusuran tertentu.

Setelah analisis konten, Pi menawarkan rekomendasi tentang apa yang dapat ditingkatkan. 

Pi Platform Intelligent Copy tool

2 5

Jadi, Anda dapat belajar dari kekurangan Kompetitor dan mengevaluasi kinerja SEO mereka secara keseluruhan. 

Di luar Google

Media sosial

Di mana Kompetitor Anda mempromosikan konten mereka? Sebagian besar promosi mereka ada di media sosial.

Jadi periksa media sosial Kompetitor Anda. Gali benar-benar cara mereka berbicara dan terlibat dengan audiens mereka. Apakah mereka memiliki keterlibatan yang kuat? Di platform mana mereka paling aktif?

Sekali lagi, Anda mungkin ingin menggunakan social listening tool seperti Brandwatch untuk mengumpulkan data Kompetitor Anda.

Tergantung dengan siapa mereka terlibat, Anda bahkan mungkin dapat menemukan influencer untuk diajak berkolaborasi.

Menjadi pelanggan

Mengumpulkan data hanyalah salah satu bagian dari analisis Kompetitor, Anda juga harus melihat Kompetitor Anda sebagaimana pelanggan mereka melihatnya.

Cobalah mengasumsikan peran pelanggan dan melakukan perjalanan melalui situs Kompetitor Anda. Bagaimana mereka menarik Anda? Taktik pemasaran apa yang mereka gunakan? Apakah mereka memiliki UX yang bagus?

Menemukan nilai dalam penelitian Anda

Setelah Anda melakukan penelitian, Anda perlu mengaturnya dan membuat poin yang dapat dilakukan. 

Anda mungkin telah mengumpulkan semua data tetapi sekarang saatnya untuk membawa konten, SEO, dan tim sosial media untuk membagikan pengetahuan Anda. Anda dapat mengkategorikan temuan Anda di bawah departemen spesifik mereka, memecahnya sehingga lebih mudah diterapkan dengan tim tertentu yang mengambil tanggung jawab berbeda.

Habiburachman
Habiburachman
Digital Marketing - Providing best practice to your business

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *