Cara Menggunakan Google Ads
Cara Menggunakan Google Ads Dengan Mudah Dan Tepat
Februari 11, 2020
AMP YouTube
Bagaimana Implementasi AMP YouTube? Bisakah?
Februari 11, 2020
Show all

Apa itu Meta Keyword? Ini yang Harus Anda Pahami

Apa itu Meta Keyword 1

Apa itu Meta Keyword 1

Penggunaan meta keywords sudah digunakan di awal tahun 2000an, yang dimana penggunaan internet semakin berkembang dan bersifat komersil. Pada saat itu, SEO seringkali diukur dari seberapa banyak istilah-istilah yang dicari dalam internet dan terkumpul dalam satu daftar di Search Engine tersebut. Seiring berkembangnya waktu, penggunaan keyword semakin berkembang dan dipermudah berkat keberadaan tools SEO yang semakin canggih seperti Ubersuggest, Google Keyword Planner, SEMrush Keyword Tools, Moz, Keyword Everywhere, dan sebagainya.

Namun, bagaimana dengan meta keywords? Apakah penggunaannya masih relevan pada kondisi internet yang semakin canggih dan dewasa? Sebelum lebih lanjut membahas perkembangan meta keywords, Anda harus tahu terlebih dahulu apa itu pengertian meta keywords.

Apa itu Meta Keywords?

Nah, sekarang saatnya menjelaskan apa itu meta keyword. Meta keywords adalah sebuah bentuk meta tags dalam HTML di halaman website. Meta keywords sering mendeskripsikan konten dari website secara singkat dan menaruhnya di dalam list pencarian di Search Engine yang merujuk pada konten yang dibangun di dalam internet.

Penggunaan meta ini pertama kali dicanangkan menjelang akhir tahun 1990an, seluruh ranking hanya terpatok pada daftar pencarian di Search Engine. Seperti yang kita kenal sebagai daftar pencarian yang dimana masyarakat sering cari di Google.

Contoh dari Meta Keywords

Contoh dari Meta Keywords

 Bagaimana Sistem Pengerjaan dari Meta Keywords?

Pengerjaan untuk Meta Keywords tentunya tak luput dari prosedur seperti mengerjakan SEO. Yaitu, adanya segmentasi antara indexing, pengambilan informasi, dan tentunya, ranking. Nah, dari ketiga aspek ini, apa saja fungsi-fungsi yang dijalankan oleh mereka?

  • Indexing

Perlu diketahui, tugas dari Search Engine adalah meng-crawl dan memasukan konten dari setiap data website ke dalam database dari Search Engine tersebut. Dari pengerjaan indexing ini, Meta Keywords akan terindeks oleh Google dan tentunya dikumpulkan di mesin pencari, tetapi saat ini tidak dijadikan sebagai patokan ranking.

  • Pengambilan Informasi           

Fase selanjutnya adalah pengambilan informasi atau pencocokan informasi. Google umumnya seringkali melacak beberapa informasi dalam badan websites. Namun, meta keywords hanya mencocokan saja, apakah sesuai dengan isi kontennya atau tidak.

  • Rankings 

Sekarang, seluruh data yang sesuai dengan kemauan mesin pencari ditempatkan pada tingkatan-tingkatan yang berlaku di dalamnya. Lagi, meta keywords di sini hanya menjalankan fungsinya sebagai pencocokan apakah kontennya sesuai dengan websites atau tidak, sehingga tidak ada sangkut pautnya dalam kenaikan trafik pada zaman modern ini. Dengan adanya ranking, meta keywords hanya mengindikasikan bahwa keyword yang banyak dicari hingga sampai ke posisi tertinggi di Google. Semuanya berkat konten yang memiliki cukup banyak semantik terkait dengan meta keyword yang terpapar pada websites.

Relevan Terhadap Penggunaan di Era Sekarang?

Sesungguhnya penggunaan meta keyword masih terbilang cukup relevan, yang perlu digarisbawahi adalah penggunaannya dan situasi apa yang tepat untuk Meta Keywords bekerja. Tujuan dengan adanya meta keywords untuk mengindikasikan bahwa konten terkait dengan keyword yang menuju ke website sesuai. Secara umum, Anda tidak perlu repot-repot untuk membuka website satu per satu. Biasanya dilakukan untuk memastikan bahwa pencarian yang Anda lakukan benar dan sesuai terhadap keinginan Anda.

Meta keyword akan mengumpulkan daftar pencarian terkait dengan keinginan Anda saat membuka internet dan Google sehingga aktivitas pencarian Anda di internet semakin dipermudah. Aspek penting lainnya terkait dengan meta keyword, para kompetitor terkait dengan topik pencarian populer di Google bisa memberikan kode sumber. Artinya, seluruh keyword terkait akan selalu ada di dalam mesin pencari sehingga Anda tidak perlu lagi mencatat istilah-istilah yang ingin Anda baca. Itulah penjelasan lengkap tentang apa itu meta keyword yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat!

Ryan Adam
Ryan Adam
SEO Specialist di ToffeeDev sejak 2019

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *