Adobe Premiere Pro vs Sony Vegas Pro
Ketahui ini Untuk Memilih Adobe Premiere Pro vs Sony Vegas
Februari 18, 2020
White Hat SEO
Penjelasan Teknik White Hat SEO Yang Disukai Google
Februari 18, 2020
Show all

Apa Itu SoundCloud? Mengapa Banyak Penggunanya?

Apa Itu SoundCloud

Apa Itu SoundCloud

Teknologi yang terus berkembang tanpa kenal waktu pada saat ini membuat segala jenis industri mendapatkan dampak positif. Salah satunya adalah industri musik. Pada masanya, industri musik hanya bisa menjalankan strategi pemasaran yang konvensional, termasuk untuk para musisinya. Harus masuk ke label musik, mengirimkan demo, dan hal lainnya, itu semua sudah tidak relevan lagi pada saat ini. Munculnya berbagai macam platform musik yang mudah digunakan, diakses, dan menjadi ajang promosi para musisi amatir hingga kelas internasional, menjadi satu hal yang sangat baik. Salah satu platform yang biasa digunakan untuk hal ini adalah SoundCloud. Sebenarnya apa itu SoundCloud?

SoundCloud adalah platform music sharing serta streaming musik yang berdiri pada tahun 2007. Sebagai salah satu platform streaming musik, semua pengguna bisa mengunggah, mempromosikan, dan membagikan lagu yang mereka taruh di profil mereka. Dari yang musisi kelas amatir hingga kelas profesional, semuanya bisa menggunakan SoundCloud sebagai senjata utama mereka dalam mempromosikan lagu yang dimiliki. Sebenarnya mengapa SoundCloud bisa besar? Mengapa platform ini memiliki banyak penggunanya? Berikut penjelasan lengkap tentang SoundCloud.

Sejarah SoundCloud

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, SoundCloud merupakan platform streaming musik yang bisa digunakan dan dinikmati semua orang. Dalam perjalanannya, SoundCloud telah memiliki pengguna sebanyak 175 juta per bulan di seluruh dunia. Untuk menggunakan platform ini, tersedia membership versi gratis dan berbayar. Tentu saja keduanya memiliki keunggulan masing-masing. Demi bisa dinikmati semakin banyak orang, platform ini tersedia untuk desktop serta mobile.

Selain itu, SoundCloud menjadi bagian penting dalam sejarah musik dunia karena banyak sekali artis dan musisi baru yang karyanya mulai dikenal masyarakat hingga bisa besar seperti sekarang ini berkatnya. Ada musisi seperti Post Malone dan Bryson Tiller yang karier musiknya bisa melejit setelah menaruh lagu-lagun mereka di SoundCloud.

Baca Juga: Ketahui ini Untuk Memilih Adobe Premiere Pro vs Sony Vegas

Fitur Terbaik SoundCloud

Sebagai sebuah plaftom musik, banyak sekali fitur-fitur yang terdapat di dalam SoundCloud dan membuat banyak penggunannya hingga saat ini. Apa saja fitur-fitur terbaiknya?

  • Bisa mengunggah lagu dengan format AIFF, WAV, FLAC, ALAC, OGG, MP2, MP3, AAC, AMR, dan WMA. Setelah masuk, maka akan di-convert ke format MP3.
  • Para penggunanya bisa mengunduh lagu-lagu yang ada di sana asalkan sang musisi sudah mengizinkannya. Tombol download sudah pasti tersedia di masing-masing lagu.
  • Pengguna bisa membuat playlist berdasarkan lagu-lagu yang ada di dalamnya. Bisa memberikan like, comment, repost, hingga share. Bahkan fitur follow juga ada di sini, layaknya Twitter.
  • Tidak ada batasan di dalam mendengarkan lagu di SoundCloud. Walaupun hanya menggunakan akun yang gratis pun, juga tetap bisa mengunggah audio hingga 180 menit tanpa ditarik biaya sepeserpun.
  • Bisa membagikan lagu dengan aplikasi yang ada hingga menggunakan widgets yang bisa ditaruh di website lainnya. Jadi lebih banyak orang yang tahu tentang lagu tersebut.
  • Bisa mempromosikan lagu yang dimiliki ke Twitter dan Facebook karena kedua media sosial itu sudah mendukung SoundCloud secara penuh. Orang yang melihat lagu tersebut di media sosial itu pun bisa langsung membagikannya tanpa perlu masuk ke website SoundCloud.

Dengan berbagai macam fitur yang ada serta penggunanya yang tetap banyak hingga saat ini, maka SoundCloud adalah jawaban yang tepat bagi para musisi amatir, khususnya. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda dan jangan lupa  memberikan komentar serta share artikel ini.

Timotius
Timotius
Hello, I'm Timo. Working in the media industry since 2014, I want to absorb more experience in this industry and provide the best for my profession as a Content Writer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *