Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Share This Article

Share This Article

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Tanggal 22 Maret 2016, perusahaan transportasi besar di Jakarta melakukan demo besar menolak perusahaan transportasi berbasis aplikasi.

Pertanyaannya adalah, apakah ini salah aplikasi? teknologi?

Perubahan dalam penggunaan teknologi dan internet sangat cepat. Hal ini mengharuskan setiap bisnis beradaptasi dengan perubahan tersebut.

Namun untuk beradaptasi, hal ini tidak mudah bagi sebagian bisnis. Hal ini dikarenakan berbagai hal yang sebelumnya tidak lazim di gunakan oleh perusahaan dalam berbisnis.

Pemasaran juga berubah. Dalam setiap kesempatan, saya selalu mengatakan kepada pemilik bisnis, apabila bisnis tidak masuk ke dalam internet, maka 5-10 kedepan, bisnis anda bisa hilang.

Dan hal ini di buktikan oleh kejadian kemarin dimana perusahaan besar merasa takut sehingga meng’kambing hitam’kan teknologi sebagai penyebab kerugian mereka.

Bagaimana caranya agar bisnis dapat berkembang saat ini? Satu-satunya cara adalah dengan beradaptasi menggunakan internet sebagai media pemasaran.

Pertanyaan selanjutnya adalah, bagaimana caranya? Apa langkah awal yang perlu di lakukan?

Saya sangat menyarankan untuk setiap bisnis memiliki platform atau rumah di dunia internet. Yang saya maksud disini adalah Website.

Website merupakan wajah perusahaan. Produk apa yang di tawarkan, bagaimana cara menghubungi, siapa orang-orang di dalam perusahaan, dsb.

Setelah itu, anda bisa mulai memasarkan secara online. Ada berbagai strategi yang bisa anda lakukan dan terapkan. Saya membaginya menjadi 8 strategi utama:

  1. Search Engine Optimization (SEO)
  2. Social Media Marketing (SMM)
  3. Content Marketing
  4. Conversion Optimization
  5. Web Analytics
  6. Pay-Per-Click Advertising
  7. Mobile Marketing
  8. Email Marketing

Teknologi di buat untuk membantu kita dalam kehidupan sehari-hari. Terus ikuti perubahan yang ada

Kategori