4 Referensi Website untuk Mencari Design ‘Kekinian’
Mei 7, 2018
Show all

Apa Yang Perlu Dilakukan Untuk “Go-Online” Bisnis Anda?

Selamat datang di Toffeedev Sharing Monday!

Hari ini kita akan membahas tentang “apa aja sih yang harus dilakukan kalau kita ingin memulai bisnis kita di dunia online”? Apa-apa aja sih yang perlu kita lakukan dalam dunia online itu?

Pertama tentunya kita harus memiliki eksistensi di dunia online, salah satunya dengan menggunakan website. Dengan adanya website kita akan hadir dalam dunia online tersebut, seperti kalau misalnya kita membuka toko fisik. Jadi kita memulai dengan keberadaan-nya kita di suatu tempat sehingga kita bisa diraih sama orang-orang. Lalu misalnya kalau teman-teman punya toko online, teman-teman bisa mulai dari website juga ataupun menggunakan jasa dari market place.

Kemudian gak hanya website yang perlu kita lakukan, website membutuhkan salah satunya adalah traffic yang paling utama, dengan adanya traffic maka toko-toko online ataupun websitenya kita akan dilihat, diketahui, sama orang-orang di luar sana yang belum mengenal bisnisnya teman-teman.

Sama istilahnya dengan toko fisik, misalnya kita mau buka toko tanpa ada pengunjung itu sama dengan hal yang sia-sia, kita gak akan ada penghasilan, gak ada yang bisa kita kembangkan lagi. jadi salah satunya adalah traffic, nah namun gimana caranya kita mendatangkan traffic, ke dalam website kita. Salah satunya pertama adalah SEO, dengan teknik SEO itu adalah (Search Engine Optimization). Fungsinya adalah mengoptimalkan keyword-keyword yang sesuai dengan bisnis kita yang kita inginkan, supaya bisnis kita dapat muncul di pencarian Google — yang banyak digunakan hampir mungkin 90 sampai 99 persen di indonesia menggunakan Google Search. Jadi ketika website kita sudah di SEO. Mungkin dalam beberapa keyword akan muncul websitenya kita, dan itu menjadi salah satu sumber traffic dari websitenya kita.

Kedua, cara yang paling cepat adalah menggunakan iklan, iklan apa saja yang bisa kita gunakan untuk mendatangkan traffic itu. Salah satunya itu ada Google, Google Search, Facebook, Linkedin, ada YouTube juga. Nah itu teman-teman bisa gunakan untuk mendatangkan traffic. Namun pastinya dengan cara-cara yang benar, supaya tidak terlalu membuang duit. Kemudian untuk mendapatkan traffic ke dalam website kita yang lainnya adalah melalui blogging, blogging disini adalah maksudnya kita menyediakan konten-konten di dunia online, seperti misalnya paling gampang adalah Detik, Kompas, dan lain sebagainya. Mereka menyediakan konten dalam bentuk berita, nah kita juga bisa mengelola konten-konten yang yang sesuai dengan bisnisnya kita, lalu kita berikan kepada para calon ataupun klien-klien yang kita sasar. Dengan semakin banyaknya konten yang kita buat sendiri, itu akan menjadi satu keuntungan tersendiri bagi bisnis anda pada industri tersebut, anda akan dipandang mungkin sebagai expert dalam bisnis tersebut. Oke itu untuk traffic.

Lalu apa aja sih yang harus kita lakukan dalam dunia online selain dari mempunyai website tadi?

Kita juga perlu namanya newsletter ataupun email marketing. Email marketing ini rada-rada susah gampang karena kita membutuhkan tadi satu konten. Konten yang betul-betul menarik, dan bisa dimanfaatkan oleh calon customer ataupun customernya teman-teman.

Kemudian ada social media yang harus kita optimalkan ketika kita ingin masuk ke dalam dunia online, Social media kini sudah menjadi keseharian dari penduduk di Indonesia, jadi ketika kita ingin masuk ke dunia online, kita juga harus optimalkan social media ini. Yang paling utama adalah Facebook, kemudian Instagram, ada juga Twitter, itu yang paling umum orang gunakan sebagai marketing untuk di dunia online. Dan social media ini, lebih umum digunakan sebagian besar orang untuk permulaan, karena pertama biayanya gratis, itu bisa di buat sendiri terus dikembangkan sendiri dengan cara sendiri. Kalau teman-teman ingin memaksimalkan semua area, karena tentunya teman-teman gak mungkin bisnisnya dalam satu cakupan itu saja, kalau misalnya teman-teman ingin meluaskan bisnisnya teman-teman pasti yang harus dilakukan adalah semua yang saya katakan tadi itu.

Dari website kemudian website harus mendatangkan traffic, terus ada email marketing terus social media ini juga paling penting juga, jadi itu yang teman-teman harus lakukan.

Terakhir ini adalah yang paling hangat di perbincangkan dalam dunia marketing online sekarang.

Namanya adalah Artificial Inteligent Marketing (AI Marketing) atau mungkin kata lain-nya adalah chat bot. Untuk AI Marketing ini, sebenarnya gak terlalu baru tapi yang sekarang menjadi tren 2018 itu adalah menggunakan AI Marketing ini.

AI Marketing itu seperti apa? Kira-kira seperti kalau di iPhone atau di MacBook ada namanya Siri, nah kalo Siri itu bentuknya adalah dari suara, kalau ini kita gunakan dari chatting. Ketika kita menanyakan sesuatu kemudian nanti akan dibalas secara otomatis oleh sistemnya, dan biasa untuk chat bot ini atau AI Marketing ini, bisa kita gunakan dalam berbagai hal. Misalnya ada customer service kemudian ada yang bisa buat mendukung bisnis anda sebagai registrasi yang bisa dikatakan menjadi lebih otomatis.

Dan yang baru-baru ini Telkomsel telah menggunakan AI Marketing ini, bisa membeli paket dari chat bot tersebut, jadi untuk AI Marketing ini lagi hangat-hangatnya untuk 2018. Jadi teman-teman juga bisa cari tahu tentang AI Marketing ini, chat bot ini, seperti apa sih, mungkin perlu lebih detailnya teman-teman juga bisa lihat di captionnya posting ini ada di iambot.id.

Nah kira-kira itu semua yang harus dilakukan versi saya ketika teman-teman ingin menjalankan bisnisnya dalam dunia online. Pertama tadi ada website, kemudian ada traffic, traffic itu untuk mendukung websitenya tadi, kemudian ada email marketing atau news letter, kita bisa membagikan konten-konten yang kira-kira penting, kemudian yang lainnya adalah social media dan terakhir ada AI marketing atau chat bot. Oke sekian dari saya, sampai berjumpa lagi.

 

David Antonny
David Antonny
AdWords Specialist at ToffeeDev. Graduate From Bina Nusantara University ( 2012 )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *