Langkah Demi Langkah Cara Membuat Artikel Bagi Pemula
November 26, 2018
Inilah 12 Alasan Mengapa SEO Penting untuk Website Bisnis Anda
Januari 14, 2019
Show all

Apakah Brand Perlu SEO Untuk Menaikkan Penjualan Mereka?

Bagi banyak orang, mengoptimasi mesin pencari adalah sebuah hal yang harus dipikirkan. Bahkan salah satu mesin pencari yang saat ini banyak digunakan oleh orang, Google mengatakan bahwa Anda harus melakukan sejak awal jika memang ingin melakukan strategi SEO. Terlebih bagi Anda yang baru saja memiliki situs.

Kenapa mesin pencarian Google mengatakan hal demikian?

Hal ini karena mengoptimalkan mesin pencarian bukanlah sebuah toping yang dengan mudahnya dituangkan di atas situs Anda. Ini merupakan bagian dari bahan-bahan dasar. Ini juga berlaku bagi Anda yang tengah membangun sebuah brand/merk. Saat Anda meluncurkan brand di situs terbaru, Anda tidak boleh mengabaikan pengoptimalan mesin pencari ini.

Kenapa?

Ini dilakukan karena SEO dapat meningkatkan pengalaman pengguna. Hal ini yang menjadi alasan mengapa mesin pencari seperti Google peduli dengan kecepatan situs, desain web, pemasaran konten yang berkualitas tinggi, kesesuaian untuk pengguna seluler, dan sebagainya.

SEO memengaruhi berbagai aspek pengalaman penggunanya. Dalam diagram yang dipresentasikan Peter Morville memberikan representasi sederhana dari apa yang dirasakan pengalaman pengguna. Apapun bisnis yang ditekuni seseorang, pengalaman pengguna Anda akan terbentuk di sekitar bagaimana perasaan pengguna lain tentang situs Anda.

Gambar : https://neilpatel-qvjnwj7eutn3.netdna-ssl.com/wp-content/uploads/2016/02/image15-1.jpg

Jawaban dari pertanyaan apakah brand perlu SEO ini menyangkut citra merk yang akan ditunjukkan. Citra merk Anda adalah cerminan bagaimana perasaan pengguna terhadap perusahaan Anda. Untuk membuat pengguna merasa senang dengan brand Anda, maka Anda perlu fokus pada hal-hal berikut :

  1. Useful, konten Anda harus berkualitas tinggi, berguna, dan relevan.
  2. Usable, situs Anda harus mudah untuk ditelusuri
  3. Desirable, desain dari situs Anda harus sesuai dengan target masyarakat dari merk yang Anda kelola.
  4. Findable, Anda harus fokus pada konten dan membuatnya mudah mencari informasi yang diinginkan
  5. Accessible, situs Anda harus memperhatikan bagi orang-orang penyandang disabilitas.
  6. Credible, merk Anda harus menunjukkan tanda otoritas dan kepercayaan.

6 hal di atas merupakan keunggulan dari pengalaman pengguna yang ideal, Anda perlu memikirkannya saat membangun situs untuk merk Anda. Sebagian besar 6 hal ini dapat dipetakan langsung ke SEO. Setelah itu, mesin pencari akan mengukur pengalaman pengguna secara keseluruan dan memutuskan apakah situs Anda sudah mendapatkan hasil terbaik untuk ditampilkan atau tidak.

Jika Anda belum memulai untuk mengoptimalkan brand di mesin telusur, ini adalah waktu yang pas untuk memulai.

Di zaman milenial ini ada momen kebutuhan yang diinginkan oleh masyarakatnya, Anda perlu mengetahui di mana brand Anda cocok di tempatkna. Disini Google dapat mengindentifikasi berbagai moment mikro seperti :

  • Saat ingin tahu
  • Saat ingin pergi
  • Saat ingin melakukan
  • Saat ingin membeli

Tanpa kita sadari, kita telah hidup di zaman momen mikro dalam kehidupan kita sehari-hari. Sederhananya, momen mikro adalah momen kebutuhan. Ini adalah waktu dimana ketika kita ingin melakukan sesuatu dan melakukannya dengan cepat. Ponsel saat ini merupakan perangkat yang mudah diakses, maka menggunakan ponsel adalah keputusan yang tepat untuk membeli apa yang diinginkan masyarakat dengan cepat dan kapan saja.

Google akan membagikan kisah hebat yang menunjukkan bagaimana momen tersebut dapat memicu tindakan dan mengarah pada penjualan. Salah satu contohnya adalah yang dibagikan oleh seseorang bernama Neel.

Neel membutuhkan sebuah penutup untuk laptopnya. Hal ini terjadi karena cuaca hujan sedang melanda tempat ia tinggal. Neel mengkhawatirkan keselamatan laptopnya sehingg ia mencari penutup untuk laptop melalui ponselnya. Dalam waktu beberaa menit, dia menemukan merk baru yang mengeluarkan apa yang ia inginkan sehingga ia segera membelinya.

Hal ini menunjukkan bahwa dengan sistem yang mobile, Anda sudah dapat membeli apapun yang Anda inginkan. Dalam kasus Neel tadi, ia akhirnya membeli barang yang ia temukan dalam situs pencarian. Ia tidak tahu merk itu sebelum dia melakukan pencarian di Google.

Merk atau situs Anda akan muncul ketika seseorang mencari Anda sesuai dengan kategori atau kebutuhan atau target yang dibangun oleh perusahaan Anda. Mungkin Anda akan terkejut mengetahui bahwa 1 atau 2 orang mengetahui sebuah merk yang tidak terlalu terkenal karena menelusurinya di mesin pencari.

Anda tentunya dapat membangun pengenalan merk kepada target pasar perusahaan Anda. Hal ini tentunya harus dengan mengoptimalkan pemasaran konten dan citra dari merk tersebut. pengoptimalan akan memberikan kefokusan merk ke pengalaman pengguna karena hal itu menjadi perhatian dari Google.

Lantas bagaimana cara melayani mesin pencari ataupun pelanggan Anda?

Jawabannya adalah pada metodologi inbound, karena metodologi ini dirancang untuk membantu pengguna seperti Anda menghasillan arah yang berkualitas. Mari kita lihat mengapa metodologi ini membuat sukses sebuah SEO dalam pemasaran.

Apa itu metolodogi inbound dan cara kerjanya dalam membuat citra merk?

Alih-alih menggali prospek, metodologi ini menari mereka dengan memberi mereka apa yang dibutuhkan selama tahap yang dilakukan berbeda dari perjalanan pembelian pelanggan. Metode inbound ini adalah sebuah filosofi dari metode pemasaran. Sebanyak 3 dari 4 pekerja lebih memilih untuk melakukan pendekatan ini untuk mempromosikan merk mereka.

Sebanyak 92,7% perusahaan sukses mengalami peningkatan penjualan dengan metode pendekatan inbound ini. Jika Anda ingin membangun kesadaran merk pada pelanggan dengan kuat dan cepat, Anda harus memikirkan target pembeli terlebih dahulu. Hal inilah yang nantinya akan dibantu oleh metodologi inbound.

Ada empat tahapan utama yang harus diketahui sebelum memasuki tahap bagaimana metodologi inbound ini dapat memengaruhi SEO.

  1. Tahap pertama : menarik

Disinilah prospek akan menemukan Anda dalam hasil pencarian atau jejaring sosial. Biasanya ditemukan melalui konten yang bermanfaat yang Anda buat.

  1. Tahap kedua : konversi

Selama fase konversi, Anda dapat meminta pengunjung situs untuk berlangganan ke situs Anda. Hal ini dilakukan agar mereka dapat mengetahui keluaran terbaru apa saja yang nantinya akan muncul di situs Anda secara otomatis ke email.

  1. Tahap ketiga : tutup

Fase ini adalah tempat Anda akan membuat penawaran dan mendapatkan target penjualan.

  1. Tahap keempat : kegembiraan

Setelah penjualan selesai dilakukan, Anda akan mendapat dorongan untuk membuat pelanggan menggunakan produk Anda dan mencapai tujuan mereka.

SEO merupakan bagian besar dari sebuah metodologi inbound karena metodologi ini dimulai dengan penemuan di mana mesin pencari memainkan peran penting dalam mempromosikan sebuah situs.

Kembali lagi apakah brand perlu SEO? Tentu saja jawabannya adalah ya. Peran SEO ini termasuk ke dalam merk sebuah perusahaan. Mari kita lihat bagaimana metodologi inbound dapat mengoptimasi SEO.

Moz menerbitkan sebuah grafik yang menguraikan unsur-unsur metodologi inbound. Jika Anda melihat dalam gambar, Anda dapat melihat bahwa semuanya bermula dari SEO.

Elemen lain yang dapat mengikuti SEO secara dekat adalah pembuatan konten, jaringan, dan komunitas sosial. Jika Anda ingin membangun pengenalan merk yang kuat dengan menggunakan metodologi inbound, Anda perlu bekerja pada SEO, pemasaran konten, jaringan, dan jejaring sosial, dan hal-hal lain yang mendukung.

SEO akan membantu beberapa hal berikut ini :

  1. Mengoptimalkan konten dan menghasilkan banyak lalu lintas dan pengunjung
  2. Meningkatkan kinerja jaringan sosial dan membangun keterlibatan yang lebih tinggi.
  3. Membangun jaringan dengan pihak berwenang (membuat tautan) dan memungkinkan Anda mendapatkan reputasi mereka

Lalu lintas, prospek keterlibatan ini adalah sumber dari membangun sebuah brand di masyarakat. Persyaratn lain dari citra merek yang kuat adalah, bagaimana konten, desain, dan UX yang terkait dengan SEO.

Dengan menggunakan SEO untuk membangun kesadaran merk Anda, Anda perlu membuat pengenalan merk yang penting serta elemen pemasaran inbound yang bekerja secara sinergis.

Sekarang, Anda dapat melihat konsep seperti apa yang paling penting untuk membangun citra merk Anda dan melihat bagaimana SEO dapat mematangkan mereka di dalamnya.

Jika Anda menjalankan bisnis online dan menggunakan situs untuk mengarahkan penjualan Anda. Maka salah satu hal yang bisa dilakukan adalah dengan membuat konten. Konten adalah landasan pemasaran internet dan cocok untuk membangun brand dengan sukses.

Rangkuman dari artikel ini adalah :

  1. Gunakan kata kunci. Hal ini sangat peting bagi pengguna dan mesin pencarian. Kata kunci akan memberi tahu mesin pencari bahwa Anda memiliki konten yang relevan.
  2. Bekerja pada informasi utama. Rata-rata orang akan membaca 8 dari 10 judul artikel namun hanya 2 dari 10 yang benar-benar dibaca. Judul yang menarik akan membuat orang membaca berita tersebut.
  3. Menggunakan tags. Menempatkan kata kunci pada tag sangat penting. Mengoptimasi tag akan membangun halaman yang kokoh di mesin pencarian.

Semoga artikel ini dapat membantu Anda memutuskan apakah brand perlu SEO untuk menaikkan lalu lintas situs dan meningkatkan penjualan barang yang Anda buat.

Referensi : https://neilpatel.com/blog/how-to-use-seo-to-build-your-brand/ 

Dwi Nurul
Dwi Nurul
Content Marketing Strategist di Toffeedev. Sangat antusias untuk bidang marketing, public relations, and digital marketing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *