Mencari Tahu Domain dan Hosting
Domain dan Hosting, Hal Penting Dalam Pembuatan Website
April 7, 2020
Cara Membuat Image Alt SEO
Bagaimana Membuat Image Alt SEO yang Baik?
April 8, 2020
Show all

Apakah Harus Memiliki Link Berbayar dalam SEO?

Link Berbayar dalam SEO

Link Berbayar dalam SEO

Search Engine Optimization (SEO) semakin terkenal setiap harinya. Ketika pola promosi yang awalnya lebih sering dilakukan di dunia nyata dengan memasang iklan di tv, radio, papan reklame, dan lainnya, saat ini sudah berubah. Promosi via internet menjadi lebih penting dan mampu meraih pasar yang lebih luas lagi dibandingkan dengan pola promosi di dunia nyata. SEO menjadi salah satu strategi utama dalam menaikkan brand awareness melalui optimasi website. Dalam SEO, ada beberapa cara optimasi yang bisa dilakukan. Salah satunya adalah menggunakan link berbayar. Namun dalam praktiknya, banyak pro kontra mengenai link berbayar ini.

Link berbayar dalam SEO ini sebetulnya apa? Mengapa banyak ditentang tapi banyak juga yang mendukung? Jika Anda ingin tahu jawabannya sekaligus menambah wawasan tentang SEO, simak penjelasannya di bawah ini.

Apa itu Link Berbayar?

Link berbayar adalah satu cara dalam SEO yang membuat sebuah website memberikan link website Anda di dalam website mereka. Dengan sistem ini, maka banyak orang yang tahu website Anda dengan lebih cepat. Selain itu, biasanya website yang memasang link tersebut memiliki trafik atau pengunjung yang tinggi. Jadinya website Anda pun bisa mendapatkan limpahan trafik yang tinggi juga.

Mengapa banyak diperdebatkan?

Alasan utama mengapa link berbayar banyak diperdebatkan adalah caranya. Ya, SEO itu terdiri dari tiga cara atau nilai yaitu White Hat, Grey Hat, dan Black Hat. Untuk hal ini, banyak yang menganggap sebagai cara Black Hat yang merupakan cara yang sering melanggar aturan dari mesin pencari seperti Google. Mengapa bisa dianggap Black Hat dan melanggar aturan yang ada? Karena berbayar. Dengan iming-iming uang yang diberikan kepada website tersebut, maka mereka mau memasang link dari website lainnya. Tentu saja itu dianggap sebagai cara yang salah di mata banyak praktisi SEO.

Link berbayar memang sengaja dibuat untuk menaikkan trafik dari website yang membayar link tersebut. Halaman-halaman konten yang ada di dalam website bisa mendapatkan pengunjung yang lebih banyak dari biasanya. Selain itu, dengan trafik yang tinggi, maka brand awareness bisa menjadi lebih baik juga. Penyebaran informasi dari website lebih luas lagi dan bisa membawa popularitas juga untuk brand website tersebut.

Namun banyak praktisi SEO yang tidak suka dengan cara utamanya. Dengan sistem harus membayar website lain, maka itu dianggap sebagai cara menyogok dan tidak semestinya dilakukan. Apalagi website tersebut memang tidak menaruh link website Anda secara sukarela. Maka dari itu banyak yang kontra dengan link berbayar.

Sedangkan di sisi lain, bagi para pemilik website baru, mereka membutuhkan bantuan lewat link berbayar. Dengan hal ini, maka mereka bisa memproduksi konten yang layak tapi tetap mendapatkan trafik yang besar juga berkat bantuan dari website lainnya. Dengan kondisi ini, maka ada dua sisi koin yang berbeda. Banyak praktisi SEO yang tidak dengan cara ini, tapi untuk website baru, memberikan bantuan yang cukup berharga juga.

Kesimpulan

Akhirnya pilihan ada di tangan Anda. Mana yang mau dipilih? Menggunakan link berbayar atau memilih cara SEO yang sesuai aturan mesin pencari Google. Apapun pilihan Anda, semua tergantung preferensi masing-masing.

Baca Juga: Gunakan Slug SEO-Friendly Untuk Membantu Website Anda

Jangan lupa untuk memberikan komentar tentang artikel ini dan share di media sosial Anda agar semkain banyak yang tahu informasi tentang link berbayar. Semoga bermanfaat!

 

Timotius
Timotius
Hello, I'm Timo. Working in the media industry since 2014, I want to absorb more experience in this industry and provide the best for my profession as a Content Writer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *