Apa itu Vlog
Apa itu Vlog? Bagaimana Sejarah Singkatnya?
Maret 19, 2020
Manfaat SEO Sebagai Penambah Income
4 Manfaat SEO Sebagai Penambah Income
Maret 20, 2020
Show all

Arti Webinar dan Manfaatnya Untuk Bisnis Anda

Arti Webinar

Arti Webinar

Munculnya berbagai hal baru yang disebabkan oleh teknologi merupakan hal yang lumrah kita jumpai saat ini. Perkembangan dan kemajuan ini bisa membantu Anda dalam menyelesaikan berbagai hal dalam kehidupan Anda. salah satunya adalah internet. Akses menuju internet sering kita jumpai dimana – mana. Internet juga bisa membantu Anda untuk memenuhi sebuah kebutuhan seperti pertemuan tatap muka, tanpa harus berada di lokasi yang sama. Salah satu bentuk pertemuan ini adalah Webinar.

Tapi, apa itu webinar? Serta manfaatnya untuk Anda?

Apa itu Webinar

Secara gampangnya, arti webinar adalah sebuah seminar, presentasi atau workshop yang dilakukan secara online, dapat dihadiri oleh banyak orang yang berada di lokasi yang berbeda – beda.

Yang membedakan webinar dengan seminar pada umumnya adalah Anda tidak perlu datang ke lokasi dimana webinar tersebut diselenggarakan, Anda hanya cukup standby di depan komputer atau perangkat Anda dan terkoneksi dengan internet pada waktu yang sudah ditentukan dan masuk ke dalam website yang sebelumnya sudah diberitahukan.

Setelah mengetahui apa itu webinar, saatnya Anda tahu apa saja yang harus Anda persiapkan.

Hal yang Harus Dipersiapkan

Sebelum memulai webinar, ada 5 hal yang perlu Anda persiapkan, yaitu:

  • Komputer, laptop, ataupun smartphone.
  • Browser yang sudah terinstal di perangkat Anda, untuk mengakses website tempat berjalannya webinar. Beberapa contohnya adalah browser Chrome, Firefox atau Safari
  • Koneksi Internet yang stabil dan cepat. Sangat disarankan Anda menggunakan koneksi internet broadband yang lebih stabil dan kecepatan tinggi. Webinar berjalan seperti online streaming yang membutuhkan kecepatan akses yang tinggi. Jika koneksi internet Anda sedang tidak dalam kondisi prima maka akan terjadi seperti gambar tersendat serta suara patah-patah.
  • Speaker Aktif atau Headset, untuk bisa mendengarkan suara dari webinar yang sedang berlangsung.
  • Email Aktif Anda, biasanya saat melakukan pendaftaran Webinar, Anda membutuhkan Email Aktif.

Bila Anda adalah orang yang akan melaksanakan sebuah webinar, tambahkan kamera atau webcam, serta mic yang bisa digunakan untuk menangkap suara Anda dengan jelas.

Manfaat Webinar untuk Bisnis

Bagi Anda yang merupakan seorang pelaku bisnis, webinar bisa Anda gunakan unutk beberapa hal, beberapa diantaranya adalah:

 

  • Webinar Sebagai Alat Demonstrasi Bisnis Anda

 

Ada banyak pelaku bisnis yang memanfaatkan hal ini untuk bisa memperkenalkan bisnisnya kepada para pengguna dan customer potensial, tanpa harus bertemu secara langsung dengan mereka.

 

  • Mendapatkan Feedback

 

Feedback dari para pengguna adalah hal yang penting, dengan webinar Anda bisa secara langsung mengumpulkan feedback – feedback dari para customer Anda tanpa harus menghabiskan tenaga bertemu langsung dengan mereka.

 

  • Mendapatkan Lead

 

Kita bisa memanfaatkan webinar sebagai wadah untuk mengumpulkan lead yang akan  bisa Anda ubah menjadi customer potensial. Jangan lupa untuk selalu melakukan follow up juga kepada pengguna, meskipun sudah memperkenalkan produk Anda pada sesi webinar, sekaligus untuk memastikan bahwa Anda tidak akan kehilangan lead tersebut.

 

  • Memperkenalkan Produk Terbaru

 

Tidak hanya sekedar mengumumkan produk baru, Anda juga bisa memanfaatkan webinar untuk melakukan event dan ingin disaksikan oleh para pengguna Anda yang kebetulan berhalangan untuk hadir.

Kesimpulan

Webinar adalah salah satu teknologi yang akan memungkinkan para pengguna untuk mengadakan seminar, talkshow, diskusi dan berbagai kegiatan yang lain secara online tanpa harus berada di lokasi yang sama. Hal ini akan sangat memudahkan dan juga menghemat biaya travel yang sebelumnya akan dibutuhkan.

Baca Juga: Cara Monetisasi Video Facebook dengan Syarat & Ketentuan

Jadi apakah Anda sudah tahu apa itu arti webinar? Apabila Anda memiliki pertanyaan atau pendapat yang berbeda silahkan bagikan pada kolom komentar, dan jangan lupa untuk share artikel ini.

Timotius
Timotius
Hello, I'm Timo. Working in the media industry since 2014, I want to absorb more experience in this industry and provide the best for my profession as a Content Writer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *