WhatsApp Kini Menambahkan End-to-End Encryption: 100% Rahasia
April 7, 2016
Bagaimana Cara Mengaktifkan “Shop Section” Pada Halaman Facebook Anda
April 11, 2016
Show all

Bagaimana Cara Bertahan Pada Tahun Pertama Di Dunia Bisnis

Menjadi seorang pebisnis tentulah membutuhkan perjalanan yang tidak mudah, terlebih jika kamu merupakan “orang baru” dalam dunia ini. Pasti akan ada banyak sekali rintangan – jatuh bangun – bangkit — dalam perjalananmu. Sukses atau tidaknya kamu dalam sebuah bisnis, tergantung dari bagaimana kamu menyikapi sebuah proses menuju kesuksesan itu sendiri. Kenapa? Karena memang semuanya tidak begitu mudah namun untunglah ada beberapa cara mudah yang dapat kamu lakukan agar bisa bertahan di dunia bisnis ini:

Fokuslah Pada Tujuanmu

Ketika kamu memutuskan untuk memulai bisnis, di saat itu pula kamu sudah haru memantapkan tujuan akhir kamu. Jika kamu belum mempunyai tujuan, lebih baik berhenti. Mengapa? Karena semua pekerjaanmu ke depannya nanti akan sia-sia, akibat tidak adanya tujuan. Berikut ada beberapa jenis tujuan yang bisa kamu “contek” dan terapkan dalam bisnismu:

  • Sesuatu yang kamu percayai
  • Sesuatu yang membuat dirimu menjadi seperti sekarang
  • Sesuatu yang menguntungkan bagi semua orang
  • dan lain-lain

Tulislah tujuanmu, lihat itu setiap hari, baca secara lantang. Dan fokuslah pada apa yang telah kamu bacakan.

Percaya Atas Apa Yang Kamu Kerjakan

Mungkin kamu pernah mendengar pepatah yang berbunyi: lebih baik mati daripada hidup tanpa punya mimpi. Atau mungkin kamu juga sering mendengar cerita temanmu yang bekerja hingga larut malam, lupa waktu atau bahkan tidak mempunyai kehidupan lain selain bekerja dan bekerja. Gaya hidup seperti ini sungguh tidak sehat. Namun, coba lihat sisi positifnya, mereka mempunyai komitmen yang besar untuk mencapai mimpi mereka. Tidak hanya itu mereka juga pasti memiliki tujuan dan prinsip yang ia pegang teguh. Dan itulah yang dibutuhkan seorang pebisnis.

Tapi, ini bukan berarti kamu harus bekerja siang-malam — kamu hanya harus mempercayai apa yang sudah kamu lakukan dan apa yang akan kamu lakukan ke depannya nanti. Bongkar semua ide yang kamu miliki. Jika kamu percaya bahwa itu harus dilakukan, maka lakukanlah. Jika kamu pikir itu salah, maka berhentilah.

Dapatkan Dukungan dari Orang Terdekat

Ini merupakan cara bertahan yang paling emosional. Mengapa? Karena dukungan merupakan elemen yang dibutuhkan untuk diri kamu, bukan hanya bisnismu saja. Dan memang pada dasarnya semua manusia membutuhkan yang namanya dukungan dari orang-orang terdekat. Jika kamu tergabung dalam sebuah komunitas, maka dukungan dari komunitasmu juga menjadi elemen penting dalam mengembangkan pribadi kamu sebagai pengusaha.

Belajarlah Untuk Mencintai Resiko

Resiko akan selalu ada dan tidak kemana-mana. Setiap keputusan yang kamu ambil pasti akan selalu ada yang namanya resiko, baik yang biasa maupun yang fatal sekalipun. Tapi perlu kamu ketahui bahwa resiko sebenarnya akan semakin tinggi setiap harinya di dalam sebuah bisnis. Maka dari itu, mulailah mencintai resiko dan jangan pernah takut untuk menghadapinya.

Bagi seorang pebisnis, resiko yang sering dihadapi yaitu resiko ketika berhadapan dengan para klien, berurusan dengan hukum, dan/atau masalah keuangan. Semuanya itu adalah beberapa resiko yang harus kamu hadapi ketika menjalani sebuah bisnis. Just do it! 

Dwi Nurul
Dwi Nurul
Content Marketing Strategist di Toffeedev. Sangat antusias untuk bidang marketing, public relations, and digital marketing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *