Cara Desain Web Dengan WordPress
Rekomendasi Cara Desain Web Dengan WordPress
April 20, 2020
Keyword Effectiveness Index
Mengenal Keyword Effectiveness Index (KEI)
April 21, 2020
Show all

Bagaimana Cara Kerja Google Analytics?

Bagaimana Cara Kerja Google Analytics

Bagaimana Cara Kerja Google Analytics

Di dalam memiliki website, maka Anda ingin tahu berapa banyak trafik yang telah didapatkan. Untuk bisa mengecek hal tersebut, maka Anda tidak bisa melakukannya secara manual. Untungnya dengan kemajuan teknologi seperti saat ini, Anda bisa mencari tahu berapa banyak trafik yang masuk melalui Google Analytics. Sebagai salah satu produk inovasi dari Google, keberadaannya sangat diperlukan pada saat ini. Namun sebenarnya, bagaimana cara kerja Google Analytics?

Bisa dibilang, semua website yang ada di internet saat ini jika diurus dengan baik pastinya menggunakan Google Analytics. Dibuat oleh raksasa teknologi sekaligus penguasa mesin pencari atau search engine pada saat ini, Google Analytics sangat diperhitungkan. Semua orang teknik pasti tahu tentang teknologi ini. Apalagi banyak keuntungan yang bisa didapatkan ketika sudah menggunakannya.

Namun sebelum masuk ke dalam cara kerja Google Analytics, mari kita bahas teknologi ini secara lebih mendalam.

Mengenal Google Analytics

Google Analytics adalah mesin analisis yang diciptakan oleh Google untuk melihat trafik dari sebuah website. Pada awalnya, sulut untuk melihat trafik di dalam satu website. Namun dengan kehadirannya, maka Anda bisa melihat trafik website, dimulai dari durasi tiap sesi, sesi tiap halaman, bounce rate dan lainnya.

Selain itu, Google Analytics memiliki dashboard yang mudah digunakan untuk para pemula namun tetap bisa menampilkan data-data yang mendalam. Mengapa bisa dibilang seperti itu? Ketika Anda mengecek website menggunakan Google Analytics, maka bisa terlihat halaman apa saja yang kurang dari segi performa, dari mana para pengunjung website bisa masuk ke website Anda, berapa lama mereka berada di dalam website, dan lokasi dari pengunjung website tersebut.

Dengan banyaknya data yang bisa diberikan Google Analytics, akhirnya banyak pula website yang menggunakannya. Jika tidak menggunakan teknologi ini, maka bisa dibilang Anda telah melewatkan kesempatan besar.

Berdasarkan data-data yang ada di dalamnya, maka Anda bisa melihat strategi apa saja yang bisa dilakukan untuk bisa melakukan optimasi website lebih baik lagi. Hal itu biasa disebut Search Engine Optimization (SEO). Dengan penggabungan SEO dan Google Analytics, maka website bisa mendapatkan trafik lebih tinggi, brand awareness bisa menjadi lebih baik, hingga akhirnay mendatangkan penjualan.

Bagaimana Cara Kerja Google Analytics

Sebenarnya cara kerja Google Analytics itu mudah saja. Ketika pengunjung mencari sebuah informasi di mesin pencari Google dengan keyword yang sesuai, mereka akan measuk ke dalam website Anda. Dari sana, third cookies party akan bekerja mengumpulkan data selama pengunjung berada di dalam website Anda.

Setelah pengunjung keluar dari website Anda, maka data-data tersebut segera dikirimkan ke server milik Google. Barisan data itulah yang nantinya akan masuk ke dalam Google Analytics dan berikan kepada Anda.

Google Analytics selalu bisa menangkap data-data yang ada dari para pengunjung yang sedang berada di dalam website. Jadi, Anda tidak perlu khawatir kalau angka-angka yang muncul di sana itu tidak relevan atau tidak benar. Dengan teknologi yang sudah digunakan, maka Anda bisa mempercayai teknologi ini.

Baca Juga: Mengenal Google Analytics Spam yang Berbahaya

Itulah penjelasan cara kerja Google Analytics yang wajib ada di setiap website. Semoga informasi yang kami berikan di artikel ini bisa memberikan manfaat sekaligus wawasan terbaru kepada Anda. Jangan lupa untuk memberikan komentar tentang artikel ini dan share artikel ini di media sosial Anda agar semakin banyak yang tahu informasi ini.

Timotius
Timotius
Hello, I'm Timo. Working in the media industry since 2014, I want to absorb more experience in this industry and provide the best for my profession as a Content Writer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *