DesignAwards.Asia Design Of The Day
Tips Memilih Website | Apa Yang Perlu Di Ketahui – Ask Monday #14
Juni 22, 2015
Alasan Kenapa Anda Perlu Mobile Site – Ask Monday #15
Juni 29, 2015
Show all

Bagaimana Proses Pembelian Produk Di Era Internet

Internet merubah cara kita melakukan berbagai hal. Internet juga merubah bagaimana cara orang membeli barang secara online.

Hal ini perlu di mengerti oleh setiap pemilik bisnis dan para pemasar. Ketidaktahuan akan hal ini dapat membuat bisnis mengalami kerugian yang sangat besar.

Dengan internet, pelanggan dapat dengan mudah mencari informasi mengenai sebuah produk. Dengan cepat mereka menemukan informasi mengenai kualitas, cara penggunaan, testimoni, harga, dsb.

Hal ini membuat pemasar tidak bisa memaksakan informasi seperti jaman dulu. Iklan, cold calling, email broadcast menjadi lebih sulit dilakukan dari sebelumnya.

Saat ini pelanggan melakukan riset di genggaman mereka. Mereka mencari informasi dari Google, bertanya kepada teman melalui Line, browsing review melalui Facebook Page brand, dsb.

Pemasar harus sadar bahwa ini cara pelanggan membeli sebuah produk. Untuk mendapatkan perhatian dari mereka, kita juga perlu melakukan apa yang mereka lakukan.

Strategi untuk melakukan hal ini di kenal juga sebagai Inbound Marketing. Strategi ini lebih mem-fokuskan kepada kepuasan pelanggan.

Memberikan informasi yang mereka perlukan, berbagi cerita dengan teman, serta mendapatkan informasi penting seputar industri anda.

Strategi Inbound di nilai mendapatkan hasil yang lebih baik dibandingkan strategi lain, dan juga menggunakan biaya promosi yang lebih murah.

Bagaimana kita dapat memulai Inbound marketing? Berikut hal-hal yang dapat anda persiapkan:

Target Market

Siapa yang anda targetkan. Hal ini adalah bagian terpenting karena dari target market ini, anda dapat menentukan apa yang akan anda tawarkan. Anda juga dapat menentukan informasi apa yang tepat dan di cari oleh target market anda.

Platform

Inbound marketing menggunakan beberapa platform. Yang paling banyak di gunakan adalah Blog system dan Landing Page. Pastikan anda menggunakan platform yang baik.

Implementation

Dalam melakukan implementasi strategi Inbound, anda akan menggunakan berbagai strategi yang sesuai dengan bisnis anda. Anda akan menggunakan Search Engine Optimization, Social Media Marketing, dsb.


Inbound marketing merupakan strategi jangka panjang. Jangan lihat strategi ini sebagai short-term strategy.

Apabila anda tertarik untuk mengetahui strategi ini lebih lanjut, silahkan hubungi kami.

 

 

Ryan Kristomuljono
Ryan Kristomuljono
Internet Marketing & Website Consultant. Untuk membantu bisnis berkembang di dunia internet adalah tujuan saya dalam setiap meeting, conference, workshop, dsb. Get connected with me.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *