Call to Action adalah...
Call To Action Adalah Cara Anda Menarik Perhatian Pelanggan
Maret 26, 2020
Mengenal Pi Datametrics
Mengenal Pi Datametrics, Tool Analisis SEO
Maret 27, 2020
Show all

Bagaimana Bekerja Sebagai SEO Specialist di Tahun 2020?

Bekerja Sebagai SEO Specialist

Bekerja Sebagai SEO Specialist

Perkembangan teknologi sudah membawa berbagai macam perubahan di berbagai macam hal. Salah satunya di dunia pekerjaan. Selain dimudahkan dengan hadirnya berbagai teknologi yang bisa membantu pekerjaan, berbagai profesi baru juga bermunculan, salah satunya SEO specialist. Bekerja sebagai SEO specialist di tahun 2020 tentu akan berbeda ketika bekerja di tahun 2010. Ada berbagai perubahan yang dibawa oleh Google, beserta tren – tren baru yang bisa Anda manfaatkan. Tapi, apakah Anda sudah tahu apa itu SEO specialist?

Apa itu SEO Specialist

Seo specialist adalah pakar SEO yang memiliki keahlian khusus untuk membantu website Anda muncul pada halaman pencarian Google, serta mendapatkan ranking, traffic, click through rate, dan juga conversion rate untuk website Anda.

Profesi ini akan sangat dibutuhkan di dunia digital marketing, mengingat persaingan yang semakin kuat untuk bisa muncul di hasil pencarian. Dan bisa membantu Anda untuk mendatangkan traffic yang bisa membuka berbagai peluang lain untuk website Anda, salah satunya adalah terjadinya sebuah konversi.

Skill untuk Bekerja Sebagai SEO Specialist

Ada banyak skill yang bisa membantu ketika bekerja sebagai SEO specialist. Seorang SEO specialist dituntut untuk bisa memahami 3 hal penting dalam SEO, yaitu on-page, off-page dan technical SEO. Dengan memahami 3 hal tersebut, seorang SEO specialist akan bisa mengoptimasi sebuah website dengan baik.

Baca Juga: Call To Action Adalah Cara Anda Menarik Perhatian Pelanggan

Skill menulis bisa menjadi nilai tambah, begitu juga dengan kemampuan programming. Dua skill ini bisa semakin memudahkan pekerjaan seorang SEO specialist. Inisiatif dan pantang menyerah juga bisa menjadi poin tambahan dalam profesi ini.

Job Desc Seorang SEO Specialist

Job desc seorang SEO specialist adalah:

  • Bertugas dan bertanggung jawab dalam memastikan semua website yang di-handle sudah dioptimalkan secara teknis sehingga mampu menarik pengguna internet sebanyak – banyaknya.
  • SEO Specialist juga bertanggung jawab untuk membuat arsitektur teknis yang akan digunakan dalam mengembangkan strategi SEO.
  • Memastikan semua konten sudah dioptimalkan dengan baik, dalam berbagai platform 
  • Membuat laporan yang rinci kepada klien tentang performa dari website yang sudah dioptimalkan SEO-nya.
  • Bertanggung jawab untuk meningkatkan dan mempertahankan interaksi yang membangun peringkat di mesin pencarian, serta traffic dari sebuah website.

Tantangan dalam Bekerja Sebagai SEO Specialist di 2020

Ada banyak hal baru yang datang di tahun 2020 untuk para SEO specialist, mulai dari update algoritma, hingga semakin pentingnya platform mobile. Berikut beberapa contoh tantangan yang akan dihadapi di tahun 2020:

 

  • Algoritma BERT dan optimasi bagi user

 

Salah satu tren SEO 2020 yang penting adalah peluncuran Algoritma terbaru dari Google yang di beri nama BERT. Algoritma ini tidak dapat dipungkiri akan sangat mempengaruhi Teknik SEO. Akan ada banyak hal baru yang harus dipelajari agar dapat bisa bertahan pada halaman hasil pencarian Google. Tujuan utama dari algoritma ini adalah agar dapat memahami, menafsirkan tujuan maupun permintaan dari para user.

 

  • SEO di Mobile

 

Pastikan situs yang Anda optimasi sudah SEO friendly, karena saat ini pencarian yang menggunakan ponsel adalah hal yang lumrah dilakukan setiap orang. Bila gagal dalam mengoptimasi SEO di mobile, maka tidak akan ada harapan untuk bisa bersaing kedepannya.

 

  • Optimasi Knowledge Panel

 

Zero click search yang semakin populer akan menjadi alasan penting untuk bisa mengoptimasi konten – konten di website agar bisa muncul di knowledge panel. Akan semakin besar kemungkinan para user tidak akan masuk di dalam website untuk bisa mendapatkan informasi yang mereka butuhkan. Hasil pencarian di knowledge panel sudah dianggap cukup. Oleh karena itu pastikan konten – konten sudah di optimasi agar bisa muncul pada knowledge panel.

Berikut adalah beberapa tantangan dalam bekerja sebagai SEO specialist di tahun 2020,  Apabila Anda memiliki pertanyaan atau pendapat yang berbeda silahkan bagikan pada kolom komentar, dan jangan lupa untuk share artikel ini.

Timotius
Timotius
Hello, I'm Timo. Working in the media industry since 2014, I want to absorb more experience in this industry and provide the best for my profession as a Content Writer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *