10 Keunggulan Email Marketing untuk Bisnis

Banyak pemilik bisnis yang masih belum mengetahui apa saja keunggulan email marketing. Dalam melakukan pemasaran online, ada banyak strategi yang dapat digunakan dan salah satu strategi pemasaran tersebut adalah email marketing. Lalu, apa itu email marketing?

Email marketing merupakan strategi pemasaran yang memanfaatkan email untuk mengirimkan promosi atau tujuan pemasaran lainnya langsung kepada email customer. Strategi pemasaran online ini sangat direkomendasikan apabila Anda ingin mengembangkan bisnis di dunia digital. Mengapa demikian? Simak 10 keunggulan dari strategi pemasaran email marketing melalui artikel berikut ini.

Keunggulan Email Marketing

ToffeeDev telah mengumpulkan setidaknya 10 alasan mengapa Anda perlu menggunakan email marketing untuk mengembangkan bisnis di dunia digital, yaitu:

1. Mudah Digunakan

Dibandingkan platform pemasaran online lainnya, email merupakan sarana pemasaran online yang paling mudah digunakan. Sebagai pemilik bisnis, tentu saja Anda sudah memiliki email, bukan? Tidak hanya memiliki email saja, namun Anda juga pastinya aktif dalam menggunakan email untuk mengirim pesan terkait urusan bisnis. 

Dalam membuat email marketing, hal yang Anda butuhkan adalah isi pesan yang unik, kreatif, dan mampu menarik penerima yang dituju untuk melakukan sesuatu seperti mengunjungi website perusahaan atau bahkan melakukan kegiatan transaksional. Kami memiliki sedikit tips yang dapat Anda gunakan dalam membuat email marketing berikut ini:

  • Buat kalimat pembuka email yang mampu menarik emosi customer
  • Berikan nama panggilan untuk membangun hubungan yang lebih personal dengan customer
  • Sertakan gambar atau video untuk agar email tidak terlihat membosankan
  • Tambahkan informasi mengenai data diri perusahaan Anda mulai dari alamat, nomor telepon, media sosial, hingga website (bila ada)
  • Akhiri email dengan kalimat CTA (Call-to-Action) yang dapat mengarahkan customer untuk melakukan tindakan sesuai dengan tujuan email marketing Anda

2. Biaya yang Dikeluarkan Tidak Besar

Penggunaan strategi pemasaran email marketing tidak hanya mudah, tapi juga mempunyai keunggulan dari segi biaya. Anda bahkan dapat memulai strategi pemasaran ini tanpa biaya sekalipun. Namun, untuk hasil strategi yang lebih efektif, seiring berjalannya waktu tentu saja Anda harus membuat perkembangan terhadap strategi email marketing ini. Meskipun demikian, biaya yang dikeluarkan akan tetap jauh lebih rendah dan hasil yang didapatkan bisa membawa keuntungan bagi bisnis Anda.

Baca Juga: Inilah Berbagai Manfaat Email Marketing bagi Bisnis Anda

3. Dampaknya Dapat Langsung Dirasakan

Email marketing merupakan salah satu strategi pemasaran yang dapat membangun hubungan antara pemilik bisnis dengan customer. Hal ini memberikan keunggulan tersendiri untuk strategi pemasaran online ini karena Anda akan merasakan dampaknya secara langsung dibandingkan pemasaran online dengan menggunakan media sosial. Apalagi jika email yang Anda kirimkan berisi promosi dan didukung dengan isi pesan yang menciptakan kebutuhan serta rasa urgensi dari customer  Bukan tidak mungkin, Anda akan merasakan dampaknya dalam waktu 24 jam setelah email marketing dikirimkan kepada customer.

4. Dapat Menjangkau Calon Pelanggan Dari Manapun

Di zaman yang serba online ini memberikan keuntungan dan peluang yang besar bagi para pemilik bisnis. Anda tentu memahami pola kerja internet yang dapat menghubungkan orang dari jarak yang paling jauh atau bahkan di belahan bumi yang lain sekalipun. Oleh karena itu, peluang ini dapat Anda gunakan dengan mengirimkan email marketing kepada customer atau calon pelanggan di manapun mereka berada.Jasa SEO

5. Mudah untuk Menargetkan Penerima Email Marketing

Apabila pada poin sebelumnya kita membahas customer secara umum dan dari wilayah manapun, maka di poin ini, Anda akan mengetahui bahwa email marketing juga dapat digunakan untuk menargetkan pasar tertentu sesuai dengan kebutuhan bisnis. Seperti misalkan, Anda memiliki produk bisnis kecantikan. Maka Anda dapat menargetkan penerima email marketing kepada para pemilik salon atau Make Up Artist untuk membeli produk kecantikan tersebut.

Baca Juga: Kenali Keunggulan Email Marketing untuk Bisnis Anda

6. Keuntungan yang Didapat Meningkat

Salah satu keunggulan yang sudah pasti akan Anda rasakan adalah keuntungan bisnis yang meningkat. Email marketing merupakan strategi pemasaran online yang dapat mendorong customer untuk membeli sebuah produk atau jasa secara impulsif. Hal ini dikarenakan adanya rasa urgensi yang terbentuk ketika mereka melihat penawaran yang Anda kirimkan melalui email marketing.

7. Proses dan Hasil Mudah Diukur

Dalam melakukan pemasaran online, termasuk email marketing, seluruh proses serta pencapaian yang Anda lakukan dapat dianalisa dan juga diukur dengan beberapa tools tertentu. Dengan adanya pengukuran tersebut, Anda dapat melakukan review serta evaluasi yang dapat berguna untuk rancangan strategi bisnis ke depannya. 

Baca Juga: Berbagai Jenis Email Marketing yang Bisa Membantu Bisnis Anda

8. ROI yang Tinggi

ROI atau Return on Investment yang didapat dari email marketing relatif tinggi. Jika Anda sudah memahami keunggulan dari poin nomor 1 hingga 7, maka bisa dilihat dari biaya yang dibutuhkan hingga keuntungan yang didapat menjadikan email marketing sebagai bentuk investasi digital yang tinggi. Jika Anda belum memulai strategi email marketing ini, mungkin sekarang saatnya untuk mulai mengembangkan bisnis di dunia digital dengan menggunakan strategi pemasaran email marketing.

9. Menjaga Komunikasi dengan Customer

Dikarenakan email marketing merupakan strategi pemasaran online yang bersifat personal, maka tentu saja Anda dapat menjaga komunikasi dengan customer berkat email marketing. Dengan adanya email marketing, customer dapat mengetahui informasi terbaru dari produk atau jasa yang Anda tawarkan. Secara tidak langsung, email marketing juga menciptakan branding sehingga customer akan terus membeli produk atau bahkan mengingat nama brand Anda.

10. Memberikan Efek Domino

Email marketing dapat memberikan efek domino dalam bisnis Anda. Bagaimana bisa terjadi efek domino? Sebagai contoh, ketika mengirimkan email marketing, seluruh data perusahaan Anda seperti website akan dicantumkan dalam email tersebut. Dari data tersebut, customer akan penasaran dengan informasi perusahaan Anda sehingga mereka akan mengunjungi website yang tercantum dalam email tersebut.

Dari kunjungan tersebut, traffic website akan meningkat sehingga score website perusahaan Anda di SERP akan semakin besar. Dengan demikian, peluang untuk website muncul di halaman pertama mesin pencari akan semakin besar dan pada akhirnya muncul customer baru yang tertarik untuk membeli produk atau menggunakan jasa Anda.

Kekurangan Email Marketing 

Setiap strategi pemasaran online pasti memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Hal tersebut tentu saja juga berlaku bagi email marketing. Berikut ini, ada beberapa kekurangan dari email marketing yang perlu Anda ketahui, yaitu:

  • Email marketing yang Anda kirimkan bisa tersangkut di folder spam customer 
  • Terkadang ada time-delay yang terjadi sehingga Anda perlu memperhitungkan waktu terbaik untuk mengirimkan email marketing
  • Tidak semua customer memiliki email marketing, namun Anda dapat mengakalinya dengan mengirimkan broadcast message melalui aplikasi chat online seperti WhatsApp, Telegram, dan Messenger

Susun Strategi Email Marketing yang Tepat Bersama ToffeeDev

Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan email marketing untuk bisnis, kini saatnya untuk Anda menyusun strategi email marketing yang tepat. Dengan demikian, bisnis Anda akan terus berkembang di dunia digital dan memberikan keuntungan yang tinggi tentunya. Untuk itu, ToffeeDev sebagai Digital Marketing Agency siap membantu dalam menyusun strategi email marketing yang tepat untuk bisnis Anda. Hubungi kami sekarang juga untuk membuat janji konsultasi bersama dengan tim profesional ToffeeDev.

Share This Article

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments

Step bye step SEO

Related Post

WhatsApp chat