4 Penyebab Utama Mengapa Strategi SEO Gagal

Mengapa Strategi SEO Gagal 1051x480 1

SEO menjadi indikasi sebuah kesuksesan blog, terutama dalam persaingan mendapatkan traffic yang tinggi. Namun pada prakteknya, penerapan strategi SEO seringkali mengalami kegagalan. Pernahkah Anda mengevaluasi mengapa strategi SEO gagal? Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhinya. Lantas, mengapa strategi SEO gagal?

FAKTOR STRATEGI SEO GAGAL

Tidak Memanfaatkan Elemen SEO On-Page

Title Tag, Meta Tag, Meta Description menjadi beberapa elemen yang sangat penting dan benar-benar berpengaruh pada kemampuan dalam optimasi kata kunci. Elemen-elemen tersebut dinamakan SEO on-page, komponen mendasar dalam penyusunan konten artikel SEO. Mungkin Anda melupakan hal ini dan menjadi sumber utama penyebab kegagalan SEO. Pastikan perbaiki dan isi seluruh elemen yang dianggap pendukung SEO.

Link Building yang Keliru

Mungkin Anda pernah melancarkan teknik link building yang buruk, dan inilah yang menjadi penyebab mengapa strategi SEO gagal. Update algoritma Google Penguin memang cukup cerdas untuk menghukum praktisi link building yang dianggap curang seperti membeli link, melakukan spamming, serta melakukan link building di website yang mungkin tidak relevan. Anda sangat disarankan untuk mendapatkan backlink cukup dengan hanya melakukan content publishing. Dengan demikian, strategi backlink Anda terlihat lebih natural di mata Google.

Optimasi Berlebih

Konten yang banyak keyword justru bukan menjadi keuntungan untuk mendapatkan peringkat terbaik. Apalagi jika sudah membuat konten tidak relevan dan tidak enak dibaca. Ranking justru malah menjadi turun atau sama sekali tidak pernah naik. Perhatikan juga apakah ada duplikat konten, hidden text, heading yang kurang pas dan faktor lainnya.

Tingkat Persaingan Organic Traffic Tinggi

Organic traffic adalah lalu lintas yang kita dapatkan langsung dari mesin pencari seperti Google, Yahoo, maupun Bing. Organic traffic tidak didapatkan pada pengunjung yang masuk melalui penulisan alamat lengkap blog melainkan berdasarkan kata kunci di mesin pencari. Selain didapatkan dari pencarian web di mesin pencari, organic traffic juga bisa didapatkan dari fitur lain mesin pencari seperti Google Images (pencarian gambar Google). 

Ketika organic traffic pada laman Anda mengalami penurunan yang drastis, sebagai contoh pada awalnya dari angka 1000 menjadi 200, kemungkinan besar pastinya blog Anda mengalami masalah atau kegagalan dalam persaingan. Atau mungkin lebih parahnya, organic traffic Anda sama sekali tidak mengalami kenaikan signifikan pada sudah beberapa bulan di optimasi. SEO Anda telah gagal dan harus ada perbaikan seperti penambahan intensitas optimasi keyword, atau mungkin dengan penggantian keyword yang dapat lebih mudah bersaing.


Itu dia beberapa penyebab mengapa strategi SEO gagal. Jangan lupa untuk selalu mengevaluasi website Anda secara rutin agar kesalahan serupa tidak terulang. Jika Anda memerlukan bantuan dalam mengoptimasi SEO website Anda, Toffeedev digital marketing agency Jakarta menyediakan Jasa SEO berkualitas untuk segala jenis bisnis Anda. Kami juga menyediakan  Jasa Pembuatan Website Perusahaan bagi Anda yang ingin lebih mengembangkan bisnis Anda secara digital.

Share this post :

Tingkatkan Traffic, Tingkatkan Penjualan!

Dapatkan Konsultasi Gratis bersama ToffeeDev!
Scroll to Top
WhatsApp chat