4 Strategi Pemasaran Online Jangka Panjang Terbaik 2021

Strategi Pemasaran Online

Perkembangan teknologi yang semakin pesat turut berpengaruh terhadap strategi pemasaran online, terutama untuk strategi pemasaran online jangka panjang. Strategi pemasaran online jangka pendek menjadi ideal jika Anda perlu membangun trafik web atau penjualan dengan cepat; untuk sejumlah uang tertentu. Namun untuk strategi pemasaran jangka panjang, di sisi lain, membutuhkan lebih banyak investasi — baik dalam waktu dan uang.

Strategi pemasaran online jangka panjang biasanya tidak dapat dilihat hasilnya dengan segera. Namun seiring berjalannya waktu, efektivitasnya tumbuh, hingga pada akhirnya mengarah ke ROI jangka panjang yang lebih tinggi dan volume klik yang lebih baik untuk meningkatkan pendapatan Anda. Lantas, apa saja strategi pemasaran online jangka panjang terbaik tahun 2020 yang dapat Anda terapkan? Simak ulasan berikut!

Email Marketing

Pemasaran melalui email telah ada sejak hari-hari awal adanya teknologi email. Pemasaran email biasanya terdiri dari buletin dan penawaran promosi yang dikirim secara berkala ke daftar pelanggan. Strategi pemasaran melalui email marketing memiliki beberapa keunggulan, antara lain:

  • ROI murni. Menurut beberapa penelitian, pemasaran email memiliki ROI yang lebih tinggi daripada pemasaran lainnya, terkadang diproyeksikan sebagai pengembalian 400 persen dari investasi Anda;
  • Retensi dan daya tarik. Email marketing berguna untuk menarik pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan lama;
  • Kesederhanaan. Tidak banyak praktik terbaik atau komponen teknis untuk dipelajari di bidang email marketing. Meskipun butuh waktu dan kesabaran untuk menguasai, ini merupakan strategi yang mudah didekati untuk siapa pun yang memiliki pemahaman dasar tentang dasar-dasar pemasaran.

Social Media Marketing

Strategi pemasaran online melalui media sosial merupakan proses membangun reputasi untuk brand Anda melalui saluran media sosial seperti Facebook, Twitter, dan Instagram. Hampir tidak mungkin untuk melihat ROI tinggi langsung dari social media marketing. Tetapi seiring berjalannya waktu, Anda akan mendapatkan manfaatnya, antara lain:

  • Gratis untuk membuat halaman untuk bisnis Anda di media sosial, dan gratis untuk memposting. Anda harus menginvestasikan waktu dalam kampanye Anda, tetapi hambatan biaya rendah untuk masuk membuat media sosial menjadi salah satu target terbaik untuk keuntungan jangka panjang;
  • Media sosial dapat digunakan untuk berbagai taktik, termasuk keterlibatan, daya tarik, promosi, dan bahkan penjualan. Setelah Anda berhasil untuk menggaet audiens, mereka bisa menjadi agen pemasaran juga untuk Anda;
  • Potensi eksplosif. Jika Anda mendapatkan waktu yang tepat (atau mendapatkan sedikit keberuntungan), kekuatan berbagi di media sosial dapat membuat keterlihatan brand Anda meningkat secara signifikan.

Content Marketing

Content marketing berfungsi sebagai strategi pemasaran online jangka panjang pelengkap yang sangat baik untuk SEO. Pada intinya, content marketing adalah pengembangan, publikasi, dan sindikasi konten yang valuable bagi pelanggan Anda, baik itu berupa panduan pembelian atau hiburan. Adapun keunggulan content marketing, antara lain:

  • Kepercayaan dan reputasi. Content marketing bukan hanya tentang menarik lebih banyak lalu lintas ke situs Anda. Ini juga tentang membangun reputasi brand Anda dan membangun kepercayaan dalam audiens yang Anda target. Ini akan mengarah pada peningkatan retensi pelanggan dan persepsi publik terhadap brand Anda;
  • Pelengkap strategis. Content marketing adalah strategi pelengkap yang sangat baik untuk setiap strategi lain dalam daftar ini; itu dapat secara signifikan mempengaruhi peringkat pencarian organik Anda, memberikan nilai untuk ledakan email marketing Anda, dan bahkan menjadi sumber materi untuk kampanye pemasaran media sosial Anda.
  • Potensi konversi. Anda dapat menggunakan konten Anda sebagai sarana untuk mengonversi audiens Anda, bukan hanya menarik mereka, asalkan Anda menyertakan ajakan bertindak (CTA) dalam postingan Anda. Ini membuat konten Anda menjadi satu-dua pukulan sempurna untuk akuisisi pelanggan.
  • Mempertahankan nilai. Setiap bagian konten yang Anda buat akan tetap ada di situs Anda sampai Anda memilih untuk menghapusnya. Itu berarti setiap bagian baru yang Anda tambahkan meningkatkan nilai online brand Anda secara permanen, dan terus mengembalikan nilai ke merek Anda untuk masa depan yang tidak terbatas.

Search Engine Optimization (SEO)

SEO adalah salah satu strategi pemasaran online jangka panjang yang masih merajai seluruh strategi online lainnya. SEO merupakan proses mengoptimalkan situs web Anda untuk meningkatkan peringkat dan visibilitas website Anda di mesin pencari. Peningkatan peringkat ini akan menghasilkan lebih banyak trafik dan penjualan. Beberapa keuntungan SEO di antaranya:

  • Fleksibilitas. Arah strategis Anda dalam SEO biasanya ditentukan oleh jenis kata kunci yang ingin Anda targetkan dan jenis visibilitas yang ingin Anda hasilkan. Karena hampir semua orang menggunakan mesin pencari sebagai saluran untuk interaksi online mereka, menjadikan SEO sebagai strategi yang sangat fleksibel. Anda dapat menggunakannya untuk hampir semua bisnis di industri apa pun, dan menyesuaikannya dengan kebutuhan Anda;
  • Tertarget. SEO juga menguntungkan karena ketepatannya. Meskipun Anda tidak tahu tentang parameter tertentu, seperti domain authority website Anda, Anda dapat melacak peringkat website Anda dan meneliti detail yang cermat tentang audiens Anda.

Sebagai strategi pemasaran online peringkat teratas, SEO dapat dikatakan menjadi kewajiban bagi Anda yang ingin membangun bisnis untuk jangka panjang. Namun apabila Anda masih bingung bagaimana memulainya, jangan khawatir. Toffeedev digital marketing agency Jakarta menyediakan kelas SEO fundamental bagi Anda yang ingin mempelajari SEO dari dasar hingga menjadi seorang profesional. Tunggu apalagi? Segera daftarkan diri Anda pada kelas SEO fundamental dari Toffeedev!

Share this post :

Scroll to Top
WhatsApp chat