7 Cara Mencari Kata Kunci Untuk Artikel SEO

Pernah mendengar istilah artikel SEO-friendly? Tentunya, istilah SEO-friendly tidak asing lagi, malahan sudah menjadi suatu keharusan bagi setiap penulis artikel atau pemilik website untuk menguasai istilah tersebut. Artikel yang SEO-friendly bisa menunjang tampilan website kita sehingga bisa muncul di halaman pertama mesin pencari. Sayangnya, momok terbesar bagi penulis website saat ini adalah cara mencari kata kunci yang tepat untuk artikel mereka.

Kata kunci yang tepat bisa membawa optimasi yang besar terhadap website atau blog Anda. Selain itu, pemilihan kata kunci yang benar juga bisa mempertemukan pengunjung dengan website Anda. Oleh karena itu, Anda harus mengetahui tips mencari kata kunci yang benar, terutama ketika hendak menulis artikel di website sehingga artikel bisa SEO-friendly.

Cara Mencari Kata Kunci untuk Website Anda

Mencari kata kunci yang tepat untuk website memang membutuhkan waktu yang tidak sebentar, sebab Anda harus melakukan riset terlebih dahulu. Selain itu, algoritma mesin pencari yang tidak terprediksi juga mempengaruhi kemunculan website Anda di search engine. Kata kunci tersebut juga harus cocok dan sesuai dengan konten yang hendak dibawakan oleh brand, produk, atau layanan kita.

Berikut ini adalah cara mencari kata kunci yang bisa diterapkan untuk artikel Anda sehingga bersifat SEO-friendly dan mempermudah optimasi website.

1. Buat Daftar Topik yang Relevan dengan Bisnis Anda

Anda bisa memulai proses mencari kata kunci dengan membuat daftar topik yang relevan dengan website. Tentunya, Anda ingin menawarkan produk atau layanan di website, bukan? Oleh karena itu, Anda harus mempelajari terlebih dulu topik apa yang sesuai dengan bisnis. Sediakan 5-10 topik yang sesuai dengan bisnis yang Anda jalankan. Nantinya, topik itu akan membantu Anda menentukan kata kunci dasar yang natinya bisa digunakan untuk menemukan kata kunci yang lebih spesifik dan sesuai.

Misalnya, apabila website Anda berfokus pada digital marketing, maka Anda bisa menentukan kata kunci dasar seperti:

  • digital marketing
  • inbound marketing
  • SEO
  • email marketing
  • social media marketing
  • marketing analytics
  • lead generation

2. Isi Topik Tersebut dengan Kata Kunci

Setelah memiliki sejumlah topik untuk website Anda, inilah saatnya mengidentifikasi beberapa kata kunci yang sesuai dengan topik tersebut. Anda bisa memikirkan beberapa kata kunci penting dan termasuk ke dalam rank mesin pencari, sebab target customer mungkin menggunakan kata kunci atau istilah spesifik tersebut untuk melakukan pencarian.

Baca Juga: 8 Tips Memilih Keyword yang Tepat Untuk Dioptimasi

Contohnya, ketika hendak menulis tentang inbound marketing, Anda bisa mencari kata kunci seperti ini:

  • apa itu inbound marketing
  • inbound marketing adalah
  • inbound marketing vs outbound marketing
  • inbound marketing strategy
  • inbound marketing examples

Tentunya, ini bukan langkah terakhir dari cara mencari kata kunci untuk website Anda. Daftar ini pastinya akan dipersempit lagi sehingga menghindari kata kunci yang kemungkinan susah dipakai.

Jasa SEO

3. Pahami dan Analisis User Intent

User Intent merupakan faktor yang sangat penting sehingga website kita bisa mencapai peringkat yang bagus di mesin pencari. Apalagi, website Anda haruslah bisa memecahkan masalah yang ingin diselesaikan oleh si pencari daripada sekedar menulis dengan kata kunci yang sesuai. Apalagi kata kunci sering ditafsirkan secara berbeda oleh orang-orang yang mencarinya. 

Untuk memahami user intent ini, Anda bisa memasukkan kata kunci terkait dan lakukan pencarian. Anda bisa melihat apakah hasilnya sesuai dengan maksud atau target yang ingin dicapai atau tidak. Oleh karena itu, pastikan tipe konten Google tersebut sesuai dengan apa yang Anda maksud dengan kata kunci tersebut.

4. Riset Kata Kunci Terkait

Apabila kesulitan memikirkan kata kunci terkait dan lebih banyak ditelusuri, Anda bisa melihat istilah penelusuran terkait yang muncul ketika memasukkan kata kunci ke mesin pencari seperti Google. Di bagian bawah halaman hasil pencarian Google, Anda bisa melihat beberapa saran untuk penelusuran terkait dengan kata kunci asli. Beberapa kata kunci turunan ini bisa menjadi tambahan ide kata kunci yang bisa Anda pertimbangkan.

Misalnya, dari kata kunci dasar digital marketing, Anda bisa mendapatkan kata kunci terkait seperti:

  • jenis digital marketing
  • strategi digital marketing
  • affiliate marketing
  • digital marketing plan

Baca Juga: 13 Kesalahan Keyword Research SEO yang Harus Dihindari

5. Gunakan Tools Kata Kunci untuk Menambah Keuntungan Anda

Terakhir, Anda juga bisa menggunakan berbagai tools untuk mencari kata kunci yang sesuai dengan website Anda. Keyword research tools dapat membantu Anda menemukan lebih banyak ide kata kunci yang bahkan tidak Anda pikirkan sebelumnya untuk website Anda. Selain itu, tools tersebut juga bisa memberikan informasi tambahan mengenai kata kunci, misalnya informasi search volume, trend, popularitas dan lain-lain.

Kebanyakan keyword research tools bersifat freemium, dan Anda bisa membayar untuk menikmati fiturnya secara penuh. Berikut ini adalah 5 contoh keyword research tools terbaik yang bisa Anda gunakan.

Google Keyword Planner

Google adalah mesin pencarian yang paling banyak digunakan masyarakat saat ini. Jadi, disarankan untuk mengoptimasi SEO website sesuai dengan algoritma Google. Untuk membantu melakukan hal tersebut, Anda bisa menggunakan Google Keyword Planner untuk mencari berbagai kata kunci yang baik.

Anda juga bisa melihat data pencarian akan suatu kata kunci setiap bulannya. Bahkan anda juga bisa mencari tahu seberapa besar kompetisi iklan SEM dan juga saran maksimal cost per click. Bila dimanfaatkan secara maksimal, Google Keyword Planner bisa menjadi senjata mutakhir untuk mencari kata kunci.

SEMRush

SEMRush adalah freemium keyword tool yang cukup populer di internet. Anda bisa menggunakan SEMRush secara gratis, namun penggunaannya sangat terbatas. Pemilik akun gratis hanya dapat melakukan riset kata kunci sebanyak 10 kali pencarian dalam 24 jam. Terlebih lagi, ada beberapa informasi penting tertentu yang tidak bisa diakses.

Untuk Anda yang memang berdedikasi untuk mencari kata kunci, disarankan untuk memilih opsi berbayar. Dengan akun berbayar, Anda dapat mengakses fitur-fitur SEMRush secara bebas, Anda juga akan mendapatkan lebih banyak saran kata kunci.

Ahrefs

Untuk Anda yang ingin meningkatkan peringkat SEO dan “menyehatkan” situs secara menyeluruh, Ahrefs adalah solusi terbaik. Ahrefs merupakan software suite berbayar yang memiliki beberapa tools yang ditujukan untuk SEO. Jadi, selain untuk mencari kata kunci dan mendapatkan saran kata kunci baru, Anda juga bisa menggunakan Ahrefs untuk mengaudit website, melihat perubahan peringkat website, mencari inspirasi konten populer, dan menganalisis kualitas inbound link atau backlink yang masuk ke website Anda.

Ubersuggest

Ingin alternatif yang gratis? Ubsersuggest adalah jawabannya. Anda dapat menggunakan keyword tool ini tanpa perlu membayar ataupun membuat akun. Anda cukup mengetik kata kunci yang ingin Anda gunakan dan wilayah yang ingin Anda targetkan. Ubersuggest pun akan memberikan informasi volume pencarian dan kadar kesulitan kata kunci tersebut. Tool ini jug akan memberikan saran kata kunci terkait yang bisa Anda gunakan. Sayangnya untuk beberapa target pasar niche tertentu, informasi yang disediakan Ubersuggest kurang lengkap. Tetapi, Ubersuggest tetap pantas dijadikan salah satu tool andalan dalam menemukan kata kunci untuk website Anda.

keywordtool.io

keywordtool.io adalah salah satu website terbaik yang dapat Anda gunakan untuk mencari long-tail keyword. Tool ini menggunakan Google Autocomplete untuk memberikan anda ratusan saran long-tail keyword. Bahkan, Anda bisa mendapatkan sekitar 750 rekomendasi long-tail keyword untuk setiap entry yang Anda masukkan. Selain untuk mencari kata kunci Google, keywordtool.io juga bisa digunakan untuk riset kata kunci YouTube, Blog, eBay, Play Store, Amazon, Twitter, dan lainnya. Terakhir, tentu saja keunggulan terbaik dari tool ini adalah tidak adanya biaya yang diperlukan. Alias, keywordtool.io gratis untuk digunakan.

Baca Juga: Jenis Kata Kunci dalam SEO

6. Perhatikan Komponen Penting dalam Menentukan Kata Kunci

Setelah menggunakan keyword tool, pasti Anda sudah memiliki sangat banyak kata kunci yang bisa digunakan. Tapi tentunya, dari daftar tersebut, Anda masih harus memilah lagi, kata kunci mana yang baik untuk digunakan pada website Anda.

Berikut ini adalah hal-hal yang harus diperjatikan dalam menentukan kata kunci yang mana saja yang akan Anda gunakan:

Relevance

Google memberikan peringkat pada website sesuai dengan relevansi konten tersebut dengan pencarian. Di sini, konsep user intent benar-benar harus diperhatikan. Pastikan kata kunci yang Anda pilih memenuhi search intent seorang pengguna. Dan tentunya, pastikan isi konten Anda relevan dengan kata kunci tersebut.

Authority

Selanjutnya, Google akan memberikan peringkat lebih tinggi bagi website yang memiliki otoritas terkait dengan kata kunci tertentu. Jadi, pastikan kata kunci Anda benar-benar berhubungan erat dengan topik utama website Anda. Kemudian, Anda juga bisa membuat website Anda lebih otoritatif dengan memperkayanya dengan konten lain yang berguna agar mendapatkan banyak social signals dan backlinks. Bila website Anda terbilang baru, Anda juga bisa mengakalinya dengan memilih long-tail keyword yang kompetitornya sedikit.

Search Volume

Terakhir, perhatikan juga volume pencarian kata kunci yang hendak Anda pilih. Anda bisa saja tampil di halaman pertama hasil pencarian kata kunci tertentu. Tapi hal itu akan percuma apabila tidak ada orang yang mencari kata kunci tersebut.

Semakin besar volume pencarian sebuah kata kunci, biasanya semakin banyak pula kompetitor Anda di SERP. Begitu pula sebaliknya.

7. Perhatikan Kompetitor

Terakhir, jangan lupa untuk memperhatikan kompetitor Anda. Tentukanlah beberapa website kompetitor yang ingin Anda targetkan. Kemudian, coba lihatlah website traffic dan informasi kata kunci mereka dengan keyword tool. Perhatikan kata kunci kompetitor mana yang baik tapi belum Anda gunakan. Selain itu, Anda juga bisa melihat perbandingan peringkat konten Anda dan kompetitor di hasil pencarian. Perhatikan konten mana yang peringkatnya lebih rendah daripada kompetitor dan cobalah untuk mengoptimasi konten Anda tersebut.

Itulah 5 cara mencari kata kunci untuk artikel Anda agar bersifat SEO-friendly. Jika ingin website Anda bisa muncul di halaman pertama mesin pencari, Anda bisa menggunakan Jasa SEO dari Toffeedev. Toffeedev adalah Digital Marketing Agency yang telah menangani beberapa website di berbagai sektor industri di Indonesia.

Share This Article

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments

Step bye step SEO

Related Post

WhatsApp chat