5 Cara Mencari Kata Kunci Untuk Artikel SEO

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Share This Article

Pernah mendengar istilah artikel SEO-friendly? Tentunya, istilah SEO-friendly tidak asing lagi, malahan sudah menjadi suatu keharusan bagi setiap penulis artikel atau pemilik website untuk menguasai istilah tersebut. Artikel yang SEO-friendly bisa menunjang tampilan website kita sehingga bisa muncul di halaman pertama mesin pencari. Sayangnya, momok terbesar bagi penulis website saat ini adalah cara mencari kata kunci yang tepat untuk artikel mereka.

Kata kunci yang tepat bisa membawa optimasi yang besar terhadap website atau blog Anda. Selain itu, pemilihan kata kunci yang benar juga bisa mempertemukan pengunjung dengan website Anda. Oleh karena itu, Anda harus mengetahui tips mencari kata kunci yang benar, terutama ketika hendak menulis artikel di website sehingga artikel bisa SEO-friendly.

Cara Mencari Kata Kunci untuk Website Anda

Mencari kata kunci yang tepat untuk website memang membutuhkan waktu yang tidak sebentar, sebab Anda harus melakukan riset terlebih dahulu. Selain itu, algoritma mesin pencari yang tidak terprediksi juga mempengaruhi kemunculan website Anda di search engine. Kata kunci tersebut juga harus cocok dan sesuai dengan konten yang hendak dibawakan oleh brand, produk, atau layanan kita.

Berikut ini adalah cara mencari kata kunci yang bisa diterapkan untuk artikel Anda sehingga bersifat SEO-friendly dan mempermudah optimasi website.

1. Buat Daftar Topik yang Relevan dengan Bisnis Anda

Anda bisa memulai proses mencari kata kunci dengan membuat daftar topik yang relevan dengan website. Tentunya, Anda ingin menawarkan produk atau layanan di website, bukan? Oleh karena itu, Anda harus mempelajari terlebih dulu topik apa yang sesuai dengan bisnis. Sediakan 5-10 topik yang sesuai dengan bisnis yang Anda jalankan. Nantinya, topik itu akan membantu Anda mendapatkan kata kunci yang spesifik dan sesuai.

2. Isi Topik Tersebut dengan Kata Kunci

Setelah memiliki sejumlah topik untuk website Anda, inilah saatnya mengidentifikasi beberapa kata kunci yang sesuai dengan topik tersebut. Anda bisa memikirkan beberapa kata kunci penting dan termasuk ke dalam rank mesin pencari, sebab target customer mungkin menggunakan kata kunci atau istilah spesifik tersebut untuk melakukan pencarian.

Baca Juga: 8 Tips Memilih Keyword yang Tepat Untuk Dioptimasi

Contohnya, ketika hendak menulis tentang inbound marketing, Anda bisa mencari kata kunci seperti ini:

apa itu inbound marketing

inbound marketing adalah

inbound marketing vs outbound marketing

inbound marketing strategy

inbound marketing examples

Tentunya, ini bukan langkah terakhir dari cara mencari kata kunci untuk website Anda. Daftar ini pastinya akan dipersempit lagi sehingga menghindari kata kunci yang kemungkinan susah dipakai.

Jasa SEO

3. Pahami dan Analisis User Intent

User Intent merupakan faktor yang sangat penting sehingga website kita bisa mencapai peringkat yang bagus di mesin pencari. Apalagi, website Anda haruslah bisa memecahkan masalah yang ingin diselesaikan oleh si pencari daripada sekedar menulis dengan kata kunci yang sesuai. Apalagi kata kunci sering ditafsirkan secara berbeda oleh orang-orang yang mencarinya. 

Untuk memahami user intent ini, Anda bisa memasukkan kata kunci terkait dan lakukan pencarian. Anda bisa melihat apakah hasilnya sesuai dengan maksud atau target yang ingin dicapai atau tidak. Oleh karena itu, pastikan tipe konten Google tersebut sesuai dengan apa yang Anda maksud dengan kata kunci tersebut.

4. Riset Kata Kunci Terkait

Apabila kesulitan memikirkan kata kunci terkait dan lebih banyak ditelusuri, Anda bisa melihat istilah penelusuran terkait yang muncul ketika memasukkan kata kunci ke mesin pencari. Di bawahnya, Anda bisa melihat beberapa saran untuk penelusuran terkait dengan kata kunci asli. Beberapa kata kunci turunan ini bisa menjadi tambahan ide kata kunci yang bisa Anda pertimbangkan.

Baca Juga: 13 Kesalahan Keyword Research SEO yang Harus Dihindari

5. Gunakan Tools Kata Kunci untuk Menambah Keuntungan Anda

Terakhir, bisa juga dengan menggunakan tools untuk mencari kata kunci yang sesuai dengan website Anda, seperti Ahrefs, SEMrush, Ubersuggest, dan keywordtool.io. Tools ini sifatnya freemium, dan Anda bisa membayar untuk menikmati fiturnya secara penuh. Semua tools tersebut bisa mendatangkan alternatif kata kunci yang bahkan tidak Anda pikirkan sebelumnya.
Itulah 5 cara mencari kata kunci untuk artikel Anda agar bersifat SEO-friendly. Jika ingin website Anda bisa muncul di halaman pertama mesin pencari, Anda bisa menggunakan Jasa SEO dari Toffeedev. Toffeedev adalah Digital Marketing Agency yang telah menangani beberapa website di berbagai sektor industri di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments

Related Post