7 Alasan bagi Bisnis Lokal untuk Menggunakan SEO

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Share This Article

SEO (Search Engine Optimization) menjadi salah satu jalan para pebisnis lokal untuk mempromosikan bisnisnya. Apalagi penggunaan strategi SEO cukup terjangkau dan efektif untuk pebisnis yang masih merintis. 

Namun, pengoptimalan strategi SEO dalam bisnis lokal tidak akan efektif jika hanya dilakukan sekali. Pengoptimalan strategi ini memerlukan proses dan harus dilakukan berkali-kali. 

Selain itu, strategi ini harus menjadi prioritas utama agar website dapat tembus di posisi pertama mesin pencari. Lalu, mengapa strategi SEO masih menjadi pilihan utama bagi pelaku bisnis lokal untuk melakukan promosi digital? 

7 alasan Bisnis Lokal Harus Menggunakan SEO.

Berikut ini adalah Alasannya Kenapa Bisnis Lokal harus menggunakan SEO.

1. Menginformasikan Data Perilaku Pelanggan

Jika Anda baru merintis bisnis lokal dan ingin memperkenalkan produk ke pasar yang lebih luas, strategi SEO menjadi pilihan tepat. Apalagi SEO dapat memberikan informasi penting, seperti data pelanggan, kepada pelaku bisnis. Ketika pengunjung melakukan pencarian di mesin pencari, SEO akan merekam data pengunjung serta apa saja yang sedang dicari oleh mereka. 

Dari data inilah Anda bisa membuat konten yang sesuai dengan prospek atau calon pelanggan potensial. Tentu saja ini sangat menguntungkan untuk bisnis lokal yang masih belum memiliki data tentang audiens. 

Apabila Anda menerapkan SEO di situs web, strategi ini akan mengakumulasi data dari waktu ke waktu. Selain itu, data yang terkumpul akan bermanfaat untuk membuat konten yang relevan dan sesuai dengan kebutuhan pembaca. Tingkat visibilitas website akan meningkat sehingga mudah untuk berada di posisi teratas Google.

2. Menjadi Sumber Utama Traffic Organik

Alasan selanjutnya adalah SEO sebagai salah satu strategi yang efektif untuk peningkatan traffic organik website. Traffic organik menjadi andalan bagi bloger, spesialis SEO, pelaku pemasaran digital, hingga pebisnis digital. Traffic organik sendiri merupakan lalu lintas pengunjung yang berselancar ke website melalui hasil pencarian, bukan berasal dari iklan berbayar. 

Ketika pengunjung mengetik kata kunci di mesin pencari, seperti Bing atau Google, lalu mengeklik dan mengunjungi website, maka pengunjung tersebut sedang melakukan pencarian organik. 

Pada dasarnya traffic organik ini bisa meningkat apabila Anda mengombinasikan berbagai teknik, seperti melakukan riset kata kunci, membuat konten berkualitas, serta posting secara berkala. 

Hasil dari pengaplikasian teknik ini akan membuat website Anda bertengger di posisi teratas mesin pencari. Selain itu, penerapan strategi SEO pada konten blog juga dapat menjangkau pelanggan potensial. Tak salah website menjadi salah satu alat digital marketing yang kuat dan efektif untuk menghasilkan konversi serta pendapatan yang tinggi. 

Baca Juga: 5 Cara Meningkatkan Traffic Pengunjung Website Secara Organic

3. Menghemat Biaya Pemasaran

Berbagai strategi digital marketing, mulai dari yang murah sampai yang mahal ditawarkan untuk membangun bisnis. Namun, jika Anda bisa mendapatkan strategi yang murah dan efektif, mengapa harus mencari yang mahal?

Penggunaan strategi SEO menjadi favorit bagi pelaku bisnis lokal. Dari segi waktu dan biaya, strategi ini cukup menguntungkan. Bahkan jika Anda menggunakan banyak tools, seperti Google Search Console atau Google Analytics, pengoptimalan strategi ini tidak membutuhkan biaya alias gratis. Hal ini dikarenakan Anda bisa melihat langsung apa yang dicari pengunjung dan bagaimana pengunjung bisa berselancar di website.

Lain kasus, jika Anda tidak ingin dipusingkan dengan detail optimasi SEO. Anda bisa meminta bantuan profesional Jasa SEO untuk mengoptimalkan strategi ini pada bisnis. Jasa SEO juga akan mengorganisasi secara rinci yang dibutuhkan oleh pebisnis.Jasa SEO

4. Memberikan Kepuasan pada Pengalaman Pengguna

Ketika pengguna merasakan pengalaman yang menyenangkan saat berkunjung ke website, mereka akan merasa puas. Kepuasan yang dirasakan pengguna akan meningkatkan keterikatan (engagement) terhadap produk dan layanan. Kepuasan pengguna juga menandakan keberhasilan dalam membuat website

Saat pengguna mengetik kata kunci tertentu di mesin pencari, mereka mengharapkan jawaban yang detail dan disertai data valid. Maksudnya adalah informasi yang dibutuhkan dapat diperoleh lebih mudah, cepat, dan rinci cukup dengan satu kali klik. Nah, strategi SEO yang berkualitas inilah merupakan produk dari pengalaman pengguna sehingga dapat bermanfaat untuk membangun reputasi bisnis. 

Pengalaman pengguna inilah yang menjadi dasar bagi Google melakukan perubahan algoritma. 

5. Membantu Bisnis Lokal menjadi Lebih Informatif

Ketika bisnis baru dirintis, diperlukan strategi agar produk atau layanan jasa dapat dikenal publik. Banyak bisnis lokal memulai memperkenalkan produk dan layanannya melalui website. Website yang berkualitas dan disertai konten yang informatif dan edukatif lebih mudah menjangkau banyak pengunjung.

Agar konten yang dibuat dapat ditemukan oleh pengunjung organik, Anda harus menerapkan strategi SEO dan melakukan riset kata kunci. Tujuannya adalah agar memudahkan Anda untuk memahami perilaku calon pelanggan potensial. Selain itu, data ini juga menjadi awal untuk melakukan tindakan selanjutnya, yaitu pemilihan jenis konten. 

Data dan informasi perilaku pelanggan juga bisa dimanfaatkan untuk strategi bisnis sampai ke tahap peluncuran dan pengembangan. Selanjutnya, Anda bisa memutuskan bagaimana mengoptimasi SEO secara berkala serta mengarahkan calon pelanggan potensial untuk mengeklik website.

6. Mengalami Pembaruan

Strategi SEO bersifat dinamis. Artinya, strategi ini akan selalu mengalami perubahan tergantung algoritma Google. Strategi SEO tidak dapat diterapkan di website dalam jangka waktu yang lama. 

Jika Anda tidak melakukan evaluasi dan pembaruan secara berkala pada website, maka website akan mengalami kemunduran. Website yang biasanya bertengger di posisi satu mesin pencari akan dikalahkan oleh website sejenis. Hal ini dikarenakan mereka selalu melakukan pembaruan terhadap strategi SEO.

Jadi, SEO bukan hanya menjadikan website di posisi pertama mesin pencari. Namun, praktik SEO juga memberikan pengalaman yang menyenangkan bagi pengguna, meningkatkan kegunaan website, dan memperoleh kepercayaan dari prospek. Oleh karena itu, pastikan Anda harus lebih proaktif memantau perubahan algoritma Google. Jangan sampai website mengalami ketertinggalan.

Baca Juga: Menjalankan Strategi SEO dengan Budget Minim 

7. Membangun Kepercayaan Pelanggan 

Alasan terakhir mengapa SEO digunakan oleh pelaku bisnis lokal adalah dapat membangun kepercayaan pelanggan. Persaingan yang ketat antara bisnis lokal satu dengan lainnya membuat pelaku bisnis harus pintar-pintar mengatur strategi.

Optimasi SEO dalam website memiliki hasil jangka panjang dalam membangun reputasi bisnis. Pengguna yang mengunjungi website akan mendapatkan konten yang diinginkan. Seiring waktu, SEO akan membangun kepercayaan pelanggan.

Apalagi jika konten Anda semakin berkualitas dan populer, pengoptimasian SEO semakin kuat. Beberapa sumber dari website lain menautkan ke website Anda. Google pun mengenali konten Anda sebagai konten yang informatif dan berkualitas.

Inilah tujuh alasan bisnis lokal menggunakan SEO. Membangun reputasi bisnis sangat penting apapun bisnisnya. Penggunaan SEO menjadi cara terbaik untuk meningkatkan kesadaran bermerek, keterikatan (engagement), daya tarik, akses data ke pelanggan potensial, serta membangun kepercayaan konsumen. Semua tahapan ini bisa Anda pelajari. Namun, jika Anda tidak ingin dipusingkan dengan tahapan proses optimasi SEO, Anda bisa menyewa jasa Master SEO. Anda tidak perlu memikirkan semua tahapan strategi SEO karena master SEO akan memberikan layanan sampai proses selesai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments

Related Post