Analisa SWOT Bisnis Kecantikan : Pengertian, Contoh, dan Caranya

analisa SWOT bisnis kecantikan

Saat ini, bisnis kecantikan menjadi salah satu sektor bisnis yang banyak diminati oleh para konsumen. Jika Anda sedang merintis bisnis kecantikan, tentu Anda harus merencanakan sebuah strategi dan melakukan analisis terhadap suatu permasalahan yang mungkin terjadi di masa yang akan mendatang. Adapun salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk menyusun strategi bisnis kecantikan, yaitu analisa SWOT bisnis kecantikan. 

Untuk membantu Anda dalam melakukan analisis SWOT dalam bisnis kecantikan, maka simak penjelasan artikel dari ToffeeDev kali ini sampai tuntas ya!

Apa itu Analisa SWOT?

Sebelum mengetahui analisis SWOT bisnis kecantikan, Anda perlu memahami pengertian dari analisa SWOT terlebih dahulu. SWOT sendiri merupakan singkatan dari Strength (kekuatan), Weakness (kelemahan), Opportunities (peluang), dan Threats (ancaman).

Dengan melakukan analisis SWOT, maka Anda dapat melakukan pengaturan terhadap kekuatan, kelemahan, peluang, serta ancaman utama bisnis yang Anda jalani ke dalam daftar yang lebih terorganisir. 

Untuk membantu Anda dalam memahami analisa SWOT secara mendalam, maka berikut adalah pengertian dan tujuan dari keempat komponen utama SWOT.

  1. Strength

Komponen pertama dalam analisis SWOT adalah strength atau kekuatan yang merupakan faktor internal dan positif dari bisnis yang Anda jalani. Dalam melakukan analisis strength pada bisnis, maka Anda dapat melihat seberapa jauh faktor yang menjadi kekuatan terhadap bisnis yang sedang Anda jalani. 

Baca Juga: Analisis SWOT : Pengertian, Komponen, dan Contoh Kasus

  1. Weakness

Selanjutnya adalah weakness atau kelemahan yang merupakan faktor internal dari bisnis yang Anda jalani. Dengan melakukan analisis terhadap kelemahan pada bisnis, maka Anda akan terbantu untuk mengetahui permasalahan yang mungkin akan terjadi di masa yang akan mendatang. Dalam hal ini, Anda juga akan terbantu untuk melakukan peningkatan terhadap bisnis yang sedang Anda jalani.

  1. Opportunities

Opportunities atau peluang merupakan faktor eksternal dari lingkungan bisnis yang Anda miliki. Dengan melakukan analisis terhadap peluang dari bisnis, maka Anda dapat melihat seberapa jauh faktor tersebut dapat menjadi sebuah peluang terhadap bisnis yang sedang Anda jalani. Melakukan analisa terhadap peluang juga dinilai dapat membantu Anda untuk mengembangkan bisnis di masa yang akan mendatang. 

  1. Threats

Threats atau ancaman merupakan faktor eksternal yang mengacu pada area apa saja yang akan berpotensi menimbulkan masalah. Analisis threats sendiri berbeda dengan analisis weakness, karena analisa threats lebih bersifat eksternal dan umumnya dapat terjadi di luar kendali Anda. 

Cara Melakukan Analisis SWOT Bisnis Kecantikan

Jika Anda ingin memulai bisnis pada sektor kecantikan, maka Anda perlu mengetahui aspek apa saja yang menjadi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman dari sektor bisnis satu ini, berikut adalah penjelasannya.

  1. Analisa Kekuatan dari Bisnis Kecantikan

Dalam aspek kekuatan, Anda bisa melakukan analisis terhadap kekuatan atau aspek positif dari brand kecantikan yang akan Anda jual nantinya. Biasanya, aspek ini dapat Anda temukan dalam poin internal bisnis dan dapat dikontrol. 

Adapun beberapa pertanyaan yang dapat ajukan untuk melakukan analisis kekuatan, di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Apa saja keunggulan dari produk kecantikan yang Anda pasarkan atau buat?
  • Apa saja bahan yang digunakan dalam produk kecantikan tersebut?
  • Sistem pemasaran seperti apa yang harus dilakukan agar membuat bisnis kecantikan Anda terus mengalami perkembangan?
  • Apa saja keunggulan kompetitif yang dimiliki oleh brand kecantikan Anda jika dibandingkan dengan kompetitor lainnya?
  1. Analisa Kelemahan dari Bisnis Kecantikan

Aspek kedua yang harus Anda lakukan analisis adalah kelemahan atau weakness yang berasal dari faktor internal dari brand atau produk kecantikan yang Anda miliki. Dalam melakukan analisa kelemahan, Anda akan mengetahui aspek saja yang memerlukan peningkatan agar mampu bersaing dengan kompetitor lain.

Baca Juga: 3 Contoh Analisis SWOT Untuk Diri, Bisnis, dan Organisasi

Berikut adalah pertanyaan yang Anda perlukan dalam melakukan analisa SWOT bisnis kecantikan weakness

  • Apakah proses pemasaran yang dilakukan oleh bisnis Anda kurang efektif dan perlu dilakukan peningkatan?
  • Apakah terdapat sarana maupun peralatan yang Anda butuhkan dalam meningkatkan daya kompetitif dari brand kecantikan yang Anda miliki?
  • Apakah tim yang Anda miliki sekarang sudah dapat memenuhi kebutuhan bisnis kecantikan Anda?
  1. Analisa Peluang dari Bisnis Kecantikan

Hal selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah dengan melakukan analisa terhadap peluang yang merupakan faktor eksternal dari bisnis yang Anda miliki dan tidak bisa dikontrol secara mudah.

Untuk melakukan analisa SWOT bisnis kecantikan satu ini, Anda bisa mengajukan beberapa pertanyaan seperti di bawah ini.

  • Siapa saja target pasar yang tertarik pada bisnis kecantikan Anda? Berapa saja usia, profesi, serta tempat tinggal yang mereka miliki?
  • Apakah terdapat tren kecantikan tertentu yang dapat membuat para konsumen untuk tertarik dan membeli produk kosmetik lebih banyak?
  • Apakah terdapat sebuah event atau acara yang dapat dimanfaatkan untuk melakukan promosi terhadap brand maupun produk kecantikan Anda?
  • Apa saja alasan yang membuat para konsumen terus melakukan transaksi? Apakah Anda dapat mengembangkannya?
  1. Analisa Ancaman dari Bisnis Kecantikan

Aspek analisa SWOT bisnis kecantikan terakhir yang harus Anda lakukan adalah dengan melakukan analisis terhadap ancaman apa saja yang mungkin terjadi di masa yang akan mendatang.

Dalam menjalani sebuah bisnis, tentu Anda akan dihadapkan dengan situasi yang tidak Anda duga sebelumnya. Salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk menghadapi situasi tersebut adalah dengan melakukan analisa terhadap ancaman apa saja yang mungkin terjadi pada bisnis kecantikan.

Adapun beberapa pertanyaan yang bisa Anda ajukan dalam melakukan analisa satu ini, di antaranya adalah sebagai berikut. 

  • Apa saja brand kompetitor yang dapat mengganggu target pasar Anda?
  • Dengan adanya perkembangan dalam dunia teknologi yang terus berkembang, apakah hal tersebut akan memberikan dampak pada strategi bisnis kecantikan yang sedang Anda jalankan?
  • Apakah produk kecantikan yang Anda jual sekarang akan bertentangan dengan tren kecantikan yang sedang populer?
  • Apakah perkembangan dalam perilaku konsumen kecantikan akan memberikan ancaman pada bisnis yang Anda jalani di masa yang akan mendatang?

Baca Juga: Berbagai Faktor Internal dan Eksternal Analisis SWOT

Kesimpulan

Analisis SWOT merupakan salah satu cara yang harus dilakukan jika Anda sedang atau ingin menjalani sebuah bisnis. Dengan melakukan analisa SWOT bisnis kecantikan, maka Anda akan sangat terbantu dalam mengetahui apa saja kekuatan, kelemahan, peluang, hingga ancaman yang mungkin terjadi pada bisnis Anda.

Dalam melakukan analisa SWOT sendiri akan terbagi menjadi dua faktor, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Adapun aspek yang terdapat di dalam faktor internal, yaitu aspek strength (kekuatan) dan weakness (kelemahan). Sedangkan, aspek yang terdapat di dalam faktor eksternal adalah opportunities (peluang) dan threats (ancaman).

Melakukan analisa SWOT bisnis kecantikan saja ternyata tidak cukup apabila Anda tidak menyertainya dengan strategi pemasaran yang menarik dan relevan dengan target pasar yang Anda miliki. Untuk membantu Anda dalam membuat strategi pemasaran yang menarik, Anda bisa menggunakan jasa Digital Marketing Agency dari ToffeeDev

Dengan menggunakan jasa Digital Marketing Agency dari ToffeeDev, bisnis Anda akan sangat terbantu dalam melakukan kegiatan pemasaran yang sesuai dengan target pasar yang Anda miliki melalui sosial media. Segera hubungi tim ToffeeDev untuk melakukan pemasaran terhadap bisnis kecantikan Anda secara efisien dan efektif. 

Share this post :

Toffeedev’s Pick