Competitor Analysis: Bagaimana Melakukan Analisis Kompetitor?

Menganalisis kinerja Anda sendiri hanya memberikan hasil analisis yang tidak utuh. Anda harus melakukan competitor analysis alias analisis pesaing menyeluruh untuk dapat memahami pasar.

Apa itu Competitor Analysis?

Competitor analysis atau analisis pesaing adalah praktik mengevaluasi pemain lain di pasar Anda dan mengumpulkan data kinerja mereka dengan tujuan untuk memperkaya strategi pemasaran dan produk yang akan atau ingin dijalankan.

Mengapa Competitor Analysis Penting untuk Dilakukan?

Competitor analysis sangat penting untuk dilakukan karena beberapa alasan:

  • Menemukan pesaing Anda: Hanya dengan memahami siapa yang beroperasi di ruang yang sama dengan Anda dan menargetkan audiens yang sama akan memberikan wawasan yang luas tentang jenis konten yang harus disediakan. Anda dapat melihat apa yang mereka lakukan dengan benar dan bagaimana caranya meniru kesuksesan mereka.
  • Mengidentifikasi peluang: Anda dapat menemukan beberapa value penting saat memata-matai kompetitor; Anda akan dapat mengidentifikasi calon mitra, pengecer, advokat, dan bahkan peluang PR.

Bagaimana Cara Melakukan Analisis Kompetitor?

Identifikasi Kompetitor Anda

Hal pertama, Anda harus tahu siapa saja para kompetitor yang berada dalam 1 kategori bisnis yang sama. Anda mungkin sudah memiliki gambaran yang jelas tentang siapa ini, tetapi mungkin ada bisnis yang tidak begitu jelas sehingga terlewatkan; hal ini dikenal sebagai indirect competitors.

Indirect competitor tidak memiliki penawaran yang sama persis dengan Anda, tidak seperti direct competitor, tetapi mereka menjual sesuatu yang serupa di pasar. Misalnya, Anda mungkin menjual produk wine dan indirect competitor juga mungkin menjual wine tersebut. Anda berdua menjual produk alkohol kepada audiens yang sama atau serupa, tetapi bisa jadi memiliki produk yang berbeda.

Anda dapat secara manual memeriksa semua kata kunci tertentu untuk melihat siapa saja kompetitor yang menjalankan bisnis di bidang yang sama, tetapi proses tersebut sangatlah panjang dan melelahkan. Melalui tool Pi’s SEO Platform Competitor Discovery, semua proses tersebut akan dikerjakan langsung untuk Anda. Tool ini dapat mengungkapkan setiap situs web yang sesuai dengan keyword yang Anda lacak secara otomatis dan tanpa batasan. Hal ini berarti Anda akan mengetahui seluruh data kompetitor yang bahkan tidak pernah dikenali sebelumnya.

Pi Platform Competitor Discovery report

Pikirkan secara Lokal

Jika perusahaan Anda memiliki awareness di suatu daerah tertentu, maka penting untuk mencari tahu informasi mengenai siapa saja kompetitor yang berada di daerah tersebut.

Memiliki gagasan global tentang siapa pesaing Anda sangat bagus untuk menjalankan strategi marketing yang lebih luas, tetapi bisa saja ada bisnis-bisnis kecil yang tidak terjangkau oleh radar.

Anda dapat memeriksa Google secara manual menggunakan istilah pencarian dan nama tempat atau menggunakan platform seperti BrightLocal untuk mengidentifikasi kompetitor lokal.

Di dunia konsumen yang tidak loyal seperti saat ini, menjaga pemasaran lokal sangat penting karena pelanggan mencari personalisasi. Pemasaran korporat besar tidak akan cocok untuk berada di tingkat lokal.

Bandingkan Konten Pesaing

Setelah mendapatkan daftar kompetitor yang dibutuhkan, Anda dapat mulai melihat konten mereka. Jenis konten apa yang mereka buat? Apakah mereka melakukan banyak studi kasus? Video? Audio?

Bandingkan dengan konten SEO Anda; apakah ada celah dalam konten yang dibuat? Apa yang bisa Anda investasikan untuk bersaing? Hal apa yang mereka lakukan dengan baik yang dapat Anda pelajari?

Analisis landscape SERP dan identifikasi fitur yang tepat untuk keyword yang sesuai dengan bisnis Anda. Di Pi Datametrics, SERP Feature Tracking Tools kami mengungkapkan fitur mana yang memiliki visibilitas di ruang jangkauan bisnis Anda dan juga menunjukkan siapa saja yang memberi peringkat untuk mereka! Lacak kinerja Anda dan kompetitor dengan fitur-fitur berikut ini:

Pi Platform SERP Matrix | 2-hourly

Jika Anda adalah perusahaan pemimpin produk, Anda juga dapat menggunakan fase ini untuk mengidentifikasi ide produk baru – dapatkah Anda membangun produk mereka atau membuatnya lebih baik?

Competitor Analysis SEO

Setelah melihat bagaimana konten mereka dibandingkan dengan milik Anda, inilah saatnya untuk membahas detail penawaran mereka. Secara khusus, penataan SEO konten mereka.

Anda ingin mengoptimalkan situs web sendiri untuk mengungguli kompetitor dalam SERP. Dengan demikian, Anda dapat menarik lebih banyak traffic. Jadi, mempelajari SEO kompetitor dan SEO Anda sendiri, sangat penting.

Berikut adalah beberapa praktik SEO yang perlu dipertimbangkan:

Anda mungkin ingin menggunakan alat competitor analysis untuk mengevaluasi SEO mereka; dengan Pi Datametrics, Intelligent Copy Tool kami dapat memberikan feedback tentang pengoptimalan konten halaman apa pun untuk istilah pencarian tertentu.

Setelah analisis konten, Pi Datametrics  menawarkan rekomendasi tentang apa yang dapat ditingkatkan.

Pi Platform Intelligent Copy Tool

Jadi Anda bisa belajar dari kekurangan pesaing Anda dan mengevaluasi kinerja SEO mereka secara keseluruhan.

Di luar Google

Media Sosial

Di mana pesaing Anda mempromosikan konten mereka? Kemungkinan besar bagian dari promosi mereka adalah di media sosial.

Jadi, periksa social media kompetitor Anda. Gali lebih dalam mengenai bagaimana mereka berbicara dan terlibat dengan audiens. Apakah mereka memiliki keterlibatan yang kuat? Di platform mana mereka paling aktif?

Sekali lagi, Anda mungkin ingin menggunakan beberapa tool seperti Brandwatch untuk mengumpulkan data kompetitor.

Tergantung pada siapa mereka terlibat, Anda bahkan mungkin dapat menemukan influencer yang bisa diajak untuk berkolaborasi atau bekerjasama.

Menjadi Pelanggan

Mengumpulkan data hanyalah salah satu bagian dari analisis pesaing, Anda juga harus melihat pesaing seperti yang dilihat pelanggan mereka.

Coba asumsikan peran pelanggan dan jelajahi situs kompetitor Anda. Bagaimana mereka menarik perhatian Anda? Taktik pemasaran apa yang mereka gunakan? Apakah mereka memiliki UI/UX yang bagus?

Menemukan Value dalam Analisis Anda

Setelah melakukan analisis, Anda perlu mengaturnya dan membuat poin yang dapat ditindaklanjuti.

Anda mungkin telah mengumpulkan semua data, tetapi sekarang saatnya untuk memasukkan konten, SEO, dan tim sosial untuk membagikan pengetahuan yang sudah didapatkan. Anda dapat mengkategorikan informasi yang sudah didapatkan menjadi berbagai tim khusus, membagi tugas sehingga lebih mudah untuk diterapkan.

Share this on :

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Follow Us

photo6080206702562618917 (1)
Scroll to Top
WhatsApp chat