Keyword Everywhere Chrome
Keyword Everywhere, Tool Gratis Untuk Keyword Research
Maret 5, 2020
Apa itu CPC
Apa itu CPC? Apa saja Keunggulannya Bagi Pelaku Bisnis?
Maret 6, 2020

Apa itu PPC dan Bagaimana Efeknya Untuk Bisnis Anda?

Apa itu PPC

Apa itu PPC

Dalam strategi digital marketing ada dua jenis cara yang bisa Anda tempuh untuk bisa membantu bisnis Anda. Ada SEO yang akan memberikan hasil organik, dan PPC yang bisa mendatangkan hasil dalam waktu yang singkat. Namun, apa itu PPC? Dan bagaimana menjadikannya sebuah tool yang efektif untuk bisnis Anda?

Mari simak penjelasan mengenai iklan Pay-Per-Click (iklan PPC) yang menjadi bagian penting dalam dunia digital marketing di bawah ini.

Apa Itu PPC?

Pay-Per-Click (PPC), atau juga biasa dikenal dengan Cost-Per-Click (CPC), adalah sebuah bentuk iklan di internet yang memiliki fungsi untuk mengarahkan traffic ke website. Para pengiklan akan membayar kepada pihak penerbit iklan (contohnya search engine, pemilik website, atau platform media sosial) bila iklan tersebut di-klik oleh seseorang. Dengan kata lain, PPC adalah sebuah cara untuk membeli traffic ke website Anda.

Jenis – Jenis PPC

Ada beberapa jenis PPC yang bisa Anda gunakan sebagai cara untuk “mengiklankan” website Anda, seperti: 

  • Search Advertising

Merupakan jenis PPC yang paling terkenal. Jenis iklan ini akan muncul pada Search Engine Result Page (SERP). Contohnya seperti yang biasa Anda lihat di Google atau Bing. 

Iklan ini akan ditandai dengan logo “Ad” kecil, dan ditampilkan di bagian paling atas SERP, di atas dari posisi pertama dari hasil pencarian atau biasa juga disebut sebagai position zero.

  • Social Advertising

Sama halnya seperti search advertising, hanya saja iklan ini akan ditampilkan di platform media sosial. Sebagai pengiklan, Anda hanya akan membayar jika iklan tersebut di-klik oleh seseorang.

  • Remarketing

Ini adalah jenis iklan yang ditampilkan hanya kepada mereka yang sebelumnya pernah mengunjungi website Anda. Strategi ini bisa dibilang cukup efektif karena akan menargetkan orang – orang secara spesifik, yang sudah tertarik dengan website Anda.

  • Display Advertising

Jenis iklan ini akan memungkinkan Anda untuk menampilkan iklan di seluruh website partner Google. Anda juga dapat mengatur siapa saja yang dapat melihat iklan tersebut. Sehingga, iklan Anda akan lebih relevan dan tepat sasaran sesuai target konsumen Anda.

  • Google Shopping

Tipe iklan ini akan memungkinkan Anda untuk menampilkan gambar dari produk beserta harganya, dan akan langsung mengarahkan audiens tersebut ke website ecommerce

Jenis iklan ini bisa meningkatkan kesempatan untuk terjadinya konversi, dengan rate yang cukup signifikan. Karena konsumen bisa melihat foto, nama, dan juga harga dari  produk tersebut.

Fungsi Iklan Pay-Per-Click (PPC)

Ada berbagai manfaat dari iklan PPC jika Anda memilihnya. Ketika pencarian Google semakin mudah dilakukan untuk landing page bisnis Anda, maka produk atau jasa yang dijual semakin sering terlihat. Para pengguna internet atau audien akan sering mengklik iklan.

Untuk beberapa fungsi iklan PPC, berikut penjelasannya.

  • Mendatangkan omset

Iklan Pay-Per-Click mendatangkan omset yang lebih besar dari sisi pendapatan. Mengapa bisa begitu? Ketika audiens memasukkan keyword di internet, hasil pencarian Google langsung menunjukkan iklan dari blog atau web Anda.

Kemudian, para audiens yang menemukan iklan tersebut memiliki persentase yang cukup sehingga mereka mau melakukan klik iklan. Dari sanalah mereka akan masuk ke website perusahaan Anda. Perlu diingat bahwa memasang iklan di Google Ads telah mendapatkan pengaturan sehingga pengunjung web jauh lebih tertarget. Itulah mengapa iklan Pay-Per-Click atau iklan berbayar semakin digemari.

  • Lebih Hemat Waktu

Jika Anda merasa tidak masalah dengan biaya marketing dan pemasangan iklan Google Ads, maka nikmati saja hasil kerja PPC. Sudah pasti jauh lebih hemat waktu. Dalam beberapa jam saja, iklan bisnis Anda langsung dipasang oleh sistem dan dapat terlihat secara online.

Kemudian dari sisi pengaturan pun, Anda bisa memasukkan berbagai jenis keywords agar ketika kata kunci itu dimasukkan ke dalam search engine pencarian Google, iklan Anda langsung terlihat. Sebagai pemasang iklan, keuntungan ini sangat diharapkan mampu meningkatkan pengunjung website sehingga semakin memperbesar peluang menaikkan keuntungan juga.

Perlu digarisbawahi bahwa iklan PPC tidak hanya berlaku di Google saja, tetapi juga dapat dilakukan di Instagram dan Facebook. Kedua media sosial ini juga menawarkan iklan Pay-Per-Click. Selain itu, masyarakat Indonesia juga termasuk yang mudah untuk masuk ke dalam berbagai macam iklan yang muncul di Google Ads dan media sosial lainnya. Keputusan Anda untuk beriklan dengan sistem PPC sudah sangatlah tepat.

Menjawab Isu Model Iklan Berbahaya

Walaupun sudah digunakan dalam jangka waktu cukup lama, masih banyak yang melihat bahwa iklan PPC itu berbahaya. Padahal iklan PPC sama sekali tidak berbahaya. Fitur yang diberikan Google Ads, Instagram, Facebook dan berbagai media sosial lainnya ini malah menjadi social advertising yang tepat untuk memasang iklan dengan jauh lebih mudah. Pengunjung landing page website sudah pasti bertambah, iklan berbayar dengan biaya tertentu tetap memberikan hasil marketing, dan program marketing yang dilakukan untuk mendapatkan target pasar menjadi lebih lancar dan berkali-kali lipat.

Mengapa Anda Butuh PPC?

  1. Konsumen yang Lebih Relevan

Iklan PPC akan memberikan Anda kemampuan untuk bisa menargetkan konsumen yang lebih relevan. Dengan begitu, iklan Anda hanya bisa dilihat oleh mereka yang memenuhi kriteria yang sudah ditentukan. Walau terkadang masih ada sistem ranking, ada banyak aspek yang bisa Anda atur dan sesuaikan dalam menu iklan PPC ini, mulai dari demografi, minat, query pencarian dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Manfaatkan Landing Page Untuk Website Bisnis Anda

  1. Biaya Yang Lebih Terkontrol

Iklan sangat identik dengan biaya yang besar, tapi berbeda dengan iklan PPC, karena Anda bisa menyesuaikan budget, sesuai dengan kemampuan finansial Anda. Dengan PPC, Anda dapat mengatur budget iklan harian hingga bulanan.

  1. Memberikan Dampak Positif untuk SEO

Walaupun memiliki cara kerja yang sangat berbeda, PPC dapat membantu SEO dari website Anda bila digunakan secara bersamaan. SEO akan membutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk bisa membuat website Anda muncul pada halaman pertama SERP. 

Sedangkan PPC dapat memberikan hasil yang cepat, selama Anda bersedia untuk membayar, maka website Anda akan selalu tampil di bagian atas SERP.

Jadi bagaimana? Apakah Anda sudah paham apa yang dimaksud PPC dan manfaatnya untuk bisnis Anda? Apabila Anda memiliki pertanyaan atau pendapat yang berbeda silahkan bagikan pada kolom komentar, dan jangan lupa untuk share artikel ini.

David Antonny
David Antonny
Starting career as a Google Ads Advertiser and SEO Specialist at 2012, helping to grow the company’s business, especially in digital marketing expertise.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments