Apa Itu Programmer? Pengertian, Jenis, Karir, Serta Tips untuk Memulainya!

programmer adalah

Menjadi seorang programmer adalah suatu idaman bagi sebagian orang yang menyukainya. Memang benar bahwa bekerja sebagai seorang programmer tidak mudah dilakukan, tetapi Anda akan menemukannya sangat menyenangkan ketika sudah mengerti bagaimana cara kerjanya. 

Apakah Anda tertarik? Sebelum memutuskannya, pastikan Anda benar-benar memahami bagaimana cara kerjanya secara keseluruhan. Temukan informasi yang Anda perlukan di bawah ini! 

Pengertian Programmer

Demi mendapatkan pengertian yang menyeluruh, Anda perlu memahami apa itu programmer dengan mengetahui definisi serta tanggung jawabnya. Coba simak penjelasan lengkapnya berikut. 

1. Definisi Programmer

Programmer adalah seseorang yang memiliki keterampilan dan pengetahuan dalam menulis dan merancang kode program untuk mengembangkan aplikasi, software, website, game, ataupun sistem operasi. Seorang programmer biasanya memiliki tanggung jawab untuk menerjemahkan konsep menjadi kode program yang dapat dijalankan oleh komputer atau perangkat elektronik lainnya. 

Mereka biasa ditempatkan dalam tim yang terdiri dari desainer, pengembang, dan teknisi perangkat lunak. Bekerja dalam tim diperlukan agar solusi perangkat lunak yang telah dibuat dapat menjawab kebutuhan.

2. Tugas dan Tanggung Jawab

Seorang programmer memiliki tugas yang terdiri dari beberapa tahapan pembuatan, seperti merancang, mengembangkan, sekaligus menguji kode program yang akan digunakan pada produk atau aplikasi tertentu. 

Mereka bahkan bertanggung jawab untuk memperbaiki masalah atau bug yang terjadi dalam sistem. Para programmer perlu memastikan bahwa kode yang dihasilkan dapat diintegrasikan dengan perangkat lunak lainnya dan terhubung dengan database. 

Seiring dengan perkembangan teknologi yang makin canggih setiap tahunnya, penting bagi seorang programmer untuk terus belajar hal baru supaya kemampuan mereka dalam membuat program makin terasah.

Keterampilan yang Dibutuhkan untuk Menjadi Programmer

Sama seperti profesi lainnya yang juga membutuhkan keterampilan, menjadi seorang programmer pun juga berlaku demikian. Kalau Anda ingin menjadi seorang programmer yang berhasil, pastikan keterampilan berikut ini sudah dikuasai.

1. Pemahaman Konsep Pemrograman

Menjadi seorang programmer menuntut Anda untuk memahami berbagai konsep pemrograman seperti struktur data, algoritma, logika, serta bahasa pemrograman. Mereka memerlukan pemahaman yang baik tentang konsep pemrograman bukan hanya agar bisa membuat program tetapi juga bisa digunakan dengan mudah oleh orang awam.

2. Keterampilan Logika dan Analisis

Keterampilan logika dan analisis yang kuat menjadi salah satu skill krusial yang tidak boleh dilewatkan dalam pemrograman. Bisa dibilang logika tersebut merupakan kunci agar Anda bisa menganalisis masalah yang terjadi dan menemukan solusi terbaik untuk mengatasinya. 

Ketika Anda memiliki keterampilan logika dan analisis yang kuat maka masalah dapat diselesaikan secara efektif.

3. Kemampuan Memecahkan Masalah

Masih berhubungan dengan keterampilan sebelumnya, seorang programmer harus mampu memecahkan masalah yang terjadi. Belum lagi kalau Anda membangun program dari nol. Semua hal tentang program tersebut perlu dipikirkan baik-baik agar Anda bisa menemukan bug atau kesalahan yang mungkin saja terjadi.

4. Kemampuan Berpikir Abstrak

Selanjutnya, seorang programmer membutuhkan keterampilan untuk berpikir abstrak. Maksudnya Anda harus mampu memikirkan solusi secara abstrak dan menggambarkannya dalam bentuk kode. Pemikiran yang abstrak terkadang banyak membantu seorang programmer untuk menemukan cara terbaik sebagai solusi dari masalah program yang kompleks dan rumit.

Banner SEO - General 2

5. Kreativitas dalam Membuat Program

Kemampuan berpikir abstrak saja belum cukup untuk membawa Anda menjadi seorang programmer terbaik. Kreativitas jelas dibutuhkan untuk memikirkan solusi yang tidak terpikirkan sebelumnya dan membuat program yang lebih menarik sekaligus inovatif. 

6. Keterampilan Kolaborasi dan Komunikasi

Sebelumnya disebutkan bahwa programmer biasanya bekerja dalam tim. Itu berarti setiap programmer perlu memiliki keterampilan kolaborasi dan komunikasi sehingga dapat menghasilkan program yang menjawab kebutuhan. Penting untuk diingat bahwa komunikasi yang tidak efektif berisiko membuat proyek pengembangan program menjadi gagal. 

7. Keterampilan Manajemen Proyek

Terakhir tetapi yang tidak kalah penting ialah keterampilan manajemen proyek yang berguna untuk merencanakan dan mengelola proyek secara efektif. Hal ini termasuk dalam mengidentifikasi tujuan, menentukan sumber daya yang diperlukan, mengembangkan jadwal, memantau kemajuan proyek, serta menyelesaikan proyek tepat waktu dalam anggaran yang ditetapkan. 

Jenis-Jenis Programmer

Ada banyak jenis programmer dengan kebutuhan spesialisasi yang berbeda. Berikut beberapa jenis programmer yang paling umum dicari oleh banyak perusahaan atau organisasi. 

1. Programmer Front-End

Seorang programmer front-end biasanya bertanggung jawab untuk membuat tampilan atau user interface yang menarik serta mudah digunakan. Baik pada website atau aplikasi yang dibutuhkan oleh perusahaan maupun organisasi. 

Mereka menggunakan bahasa pemrograman seperti HTML, CSS, dan JavaScript untuk merancang halaman website. Tidak berhenti di sana, seorang programmer front-end juga harus memastikan bahwa website atau aplikasi yang dibuat dapat diakses dengan baik pada berbagai perangkat.

2. Programmer Back-End

Programmer back-end biasanya merupakan seseorang yang bertanggung jawab untuk membangun server dan infrastruktur yang diperlukan untuk menjalankan aplikasi maupun website. 

Berbeda dari tools yang digunakan oleh programmer front-end, kali ini programmer back-end menggunakan bahasa pemrograman seperti Python, Ruby, dan Java untuk membuat fungsi-fungsi sekaligus logic yang berada di belakang layar.

Baca Juga: Backend Programming: Definisi, Lingkup, dan Skill yang Diperlukan

3. Full-Stack Programmer

Lalu ada seorang full-stack programmer yang bertugas membangun website atau aplikasi dari awal hingga akhir. Jadi tugas front-end dan back-end programmer akan dilakukan oleh seorang full-stack programmer. Itu sebabnya mereka harus menguasai keseluruhan bahasa pemrograman yakni HTML, CSS, JavaScript, Python, dan Ruby.

4. Mobile Application Developer

Mobile application developer memiliki tanggung jawab untuk membangun aplikasi untuk platform mobile seperti iOS dan Android. Mereka biasanya menggunakan bahasa pemrograman seperti Swift atau Kotlin (iOS) dan Java atau Kotlin (Android). Selain itu mereka juga perlu memastikan aplikasi yang dibuat dapat diakses pada berbagai ukuran layar dan perangkat.

5. Game Developer

Seperti namanya, game developer bertugas membuat permainan, baik untuk komputer maupun konsol. Bahasa pemrograman yang digunakan jelas berbeda dari jenis programmer sebelumnya. 

Kali ini game developer menggunakan bahasa C++, C#, atau Java untuk membangun dan memastikan permainan yang dibuat memiliki grafis menarik serta berjalan tanpa hambatan.

6. Web Developer

Tidak hanya game developer, kemampuan pemrograman biasanya juga bisa dijadikan profesi sebagai pengembang website alias web developer. Bahasa pemrograman seperti HTML, CSS, dan JavaScript nantinya akan membantu seorang web developer untuk membuat website yang dapat diakses dengan baik pada berbagai perangkat.

7. Desktop Application Developer

Desktop application developer bertanggung jawab untuk membuat program komputer yang dapat diinstal pada desktop. Bahasa program yang digunakan serupa dengan game developer, yakni C++, C#, atau Java. Pastinya mereka juga harus memastikan bahwa aplikasi desktop yang dibuat bisa berjalan lancar sesuai keinginan.

Banner SEO - Ebook 2

Karier dan Prospek Kerja Programmer

Berkembangnya teknologi serta internet membuat profesi programmer sangat dibutuhkan. Tidak hanya di Indonesia, kebutuhan akan profesi satu ini bahkan sangat diminati di berbagai belahan dunia. 

Tidak heran kalau akhirnya banyak yang memilih bekerja sebagai programmer karena memiliki jenjang karier yang menjanjikan pada masa depan. Coba pelajari karier programmer lebih lanjut di bawah ini. 

1. Potensi Gaji Programmer

Besaran gaji yang bisa didapatkan seorang programmer akan bergantung pada banyak faktor, seperti pengalaman kerja, spesialisasi, dan lokasi kerja. Apabila seseorang sudah bekerja selama lebih dari 10 tahun maka gaji yang didapat pasti akan jauh lebih besar daripada yang diterima oleh seorang pemagang. 

Namun kalau dilihat dari rata-rata gaji seorang programmer di Indonesia, kisarannya dimulai dari Rp5 juta hingga Rp30 juta per bulan. Di luar negeri, gaji programmer bahkan bisa lebih tinggi tergantung dari pengalaman serta tempat Anda bekerja.

2. Perkembangan Karier Programmer

Perkembangan karier programmer jelas sangat menjanjikan. Apalagi teknologi akan terus berkembang demi peradaban manusia yang lebih baik. Itu sebabnya jenjang karier sebagai seorang programmer terbilang sangat cerah. Anda bisa naik jabatan serta mendapatkan peningkatan gaji seiring jam terbang yang makin banyak. 

Baca Juga: Mengenal Pengertian Programmer, Profesi Penting Saat Ini

3. Peluang Kerja Programmer

Peluang kerja bagi seorang programmer juga cukup luas karena hingga saat ini pun ada banyak perusahaan yang masih belum memanfaatkan pemasaran produk mereka secara online. Jadi Anda sudah pasti memiliki peluang besar untuk diterima. 

Programmer dibutuhkan untuk mengembangkan aplikasi, website, atau sistem dalam operasional bisnis. Intinya, semua industri yang membutuhkan pengembangan dalam berbagai software pasti memerlukan programmer. 

Tips untuk Menjadi Programmer yang Sukses

Dalam dunia ini, tidak ada profesi yang mudah dilakukan. Tentu semuanya membutuhkan usaha serta keterampilan yang mumpuni. Hal ini berlaku juga untuk profesi programmer yang membutuhkan banyak pengetahuan dan pengalaman di berbagai bidang. 

Supaya Anda berhasil dalam mengejar profesi sebagai seorang programmer, ada beberapa tips yang bisa dilakukan berikut ini. 

1. Terus Belajar dan Meningkatkan Keterampilan

Sebagai seorang programmer, belajar dan meningkatkan keterampilan harus menjadi prioritas utama. Dunia teknologi yang selalu berubah dan berkembang cepat menuntut Anda untuk terus mempelajari berbagai bahasa pemrograman terbaru. Gunakan berbagai sumber yang bisa diakses secara gratis sehingga keterampilan Anda berkembang pesat. 

2. Terjun ke Proyek-Proyek Real

Mengembangkan proyek nyata bisa jadi cara terbaik untuk meningkatkan keterampilan dan mendapatkan pengalaman. Tentunya hal ini dapat membantu seorang programmer dalam memahami cara kerja proyek yang sebenarnya sekaligus menambah portofolio. 

Jika sulit mendapatkan proyek besar, Anda bisa memulainya dari berbagai situs web yang menyediakan proyek open source. Setelah jam terbang Anda makin banyak, barulah coba proyek lebih besar untuk meningkatkan keterampilan. 

3. Membangun Portofolio yang Kuat

Dari semua proyek yang sudah Anda lakukan, pastikan semuanya tersimpan dengan baik dalam portofolio. Saat portofolio yang Anda punya makin bagus maka peluang kerja sebagai programmer pun akan makin besar. Pastikan portofolio yang Anda buat mencerminkan kemampuan agar recruiter mampu memahaminya dengan baik.

Baca Juga: Pengertian Programmer dan Tugas-Tugasnya

4. Menjalin Hubungan dengan Programmer Lain dan Komunitas Pemrograman

Menjalin hubungan dengan programmer lain dan bergabung dengan komunitas pemrograman akan membantu Anda membangun jaringan serta wawasan baru yang dibutuhkan. 

Komunitas pemrograman biasanya banyak menyediakan sumber daya yang berguna, seperti forum diskusi dan kelompok studi. Keduanya terbukti sangat efektif dalam meningkatkan berbagai keterampilan serta kemampuan memecahkan masalah.

Banner SEO x CRO 2

5. Meningkatkan Keterampilan Non-Teknis

Selain berbagai keterampilan yang sudah disebutkan pada poin sebelumnya, seorang programmer juga perlu meningkatkan keterampilan non-teknis mereka. Contohnya seperti kemampuan presentasi, komunikasi, dan manajemen waktu. 

Percaya atau tidak, semua keterampilan tersebut dapat membantu Anda untuk tampil excellent ketika harus bekerja sama dengan klien atau tim yang ada.

Bagaimana? Setelah mengetahui berbagai informasi tentang programmer, jelas profesi satu ini sangat tidak mudah dilakukan, bukan? Apalagi kalau Anda harus mempelajarinya dari nol. Namun bukan alasan kalau Anda benar-benar menyukai bahasa pemrograman. 

Itu sebabnya mulailah pahami bahwa menjadi seorang programmer adalah proses pembelajaran serta kerja keras yang tidak akan pernah berhenti dilakukan. Jika Anda ingin mempelajarinya untuk membangun bisnis tetapi kesulitan untuk memulainya, coba gunakan jasa pembuatan website profesional dari ToffeeDev. 

Tidak hanya itu, ToffeeDev juga menyediakan jasa digital marketing lainnya yang bisa membantu bisnis Anda makin berkembang. Bukan hanya dari peningkatan brand awareness tetapi juga pendapatan bisnis. 

Supaya jasa yang digunakan tepat sasaran, hubungi tim ToffeeDev sekarang untuk berkonsultasi tentang masalah bisnis Anda!

Share this post :

Scroll to Top
WhatsApp chat