Apa Yang Perlu Diperhatikan Saat Merencanakan Pembuatan Website?

Merencanakan pembuatan website adalah awal dari kesuksesan atau kegagalan dalam memulai bisnis online.

Banyak yang mengira kalau sebuah website adalah perkara mudah dan memang itu kenyataannya. Namun setelah pembuatan, biasanya akan ada perubahan baru yang awalnya tidak dipersiapkan.

Tanpa memperhatikan hal berikut, anda hanya akan membuat website biasa-biasa saja tanpa hasil dan bahkan mungkin membuat anda mengira kalau membuat sebuah website hanya beban bisnis.

Dalam perjalanan membantu bisnis membuat website mereka, kami merangkum beberapa hal yang perlu diperhatikan saat awal pembuatan. Beberapa hal tersebut:

Main Goals

Apa tujuan dari website anda secara global? Goal bisa berupa direct atau indirect goal. Contoh dari Direct Goal seperti newsletter signup, sales, membership, download brochure, dsb. Sedangkan Indirect Goal seperti Avg time per visit, avg pageviews per visit, bounce rate, dsb.

Goal ini sangat berguna sebelum mulai mendesign website agar goal tersebut dapat menjadi elemen dalam membuat design awal.

Sitemap

Sitemap atau peta situs adalah gambaran awal untuk halaman apa saja yang akan dibuat. Biasanya sitemap berisikan home, about, service, contact, blog, dsb.

Namun setiap bisnis memiliki halaman-halaman khusus sesuai dengan kebutuhan mereka. Setelah membuat sitemap, anda perlu mempersiapkan:

Content

Bagian yang biasa dianggap paling gampang namun dalam kenyataannya adalah yang paling sulit. Setiap halaman yang telah direncanakan dalam sitemap memerlukan konten secara spesifik.

Content ini juga di perlukan oleh web designer anda untuk merencanakan layout dalam setiap halaman. Content bukan hanya dalam bentuk text, namun juga dalam bentuk gambar, video, atau bahkan audio.

[separator top=”40″ style=”double”]

Dengan adanya ketiga hal diatas, web designer & developer anda akan dapat membuat sebuah website yang akan menjadi salah satu alat pemasaran bisnis anda.

Apabila saat ini anda memiliki keinginan untuk membuat website, tunggu apa lagi? Ambil kertas sekarang dan mulai rangkum ketiga hal diatas sebelum anda bertemu dengan web designer & developer anda.

Share this post :

Scroll to Top
WhatsApp chat