Arti Webinar dan Manfaatnya Untuk Bisnis Anda

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Share This Article

Munculnya berbagai hal baru yang disebabkan oleh teknologi merupakan hal yang lumrah kita jumpai saat ini. Perkembangan dan kemajuan ini bisa membantu Anda dalam menyelesaikan berbagai hal dalam kehidupan Anda. salah satunya adalah internet. Akses menuju internet sering kita jumpai dimana – mana. Internet juga bisa membantu Anda untuk memenuhi sebuah kebutuhan seperti pertemuan tatap muka, tanpa harus berada di lokasi yang sama. Salah satu bentuk pertemuan ini adalah Webinar

Tapi, apa yang dimaksud dengan webinar? Serta apa manfaat untuk Anda?

Apa yang Dimaksud Dengan Webinar?

Webinar merupakan gabungan dari kata ‘web’ dan ‘seminar’. Secara gampangnya, webinar adalah sebuah presentasi atau workshop dalam bentuk seminar yang diadakan secara online atau live melalui sebuah situs web atau aplikasi, dapat dihadiri oleh banyak orang yang berada di lokasi yang berbeda – beda. Jika biasanya presentasi, workshop atau seminar yang diadakan Anda perlu datang ke lokasi dimana event diselenggarakan, namun berbeda dengan webinar.

Yang membedakan webinar dengan seminar pada umumnya adalah Anda tidak perlu datang ke lokasi dimana webinar tersebut diselenggarakan. Karena akses webinar ini menggunakan media elektronik maupun internet. Anda hanya cukup standby di depan media elektronik yang terkoneksi dengan internet pada waktu yang sudah ditentukan dan masuk ke dalam website yang sebelumnya sudah diberitahukan. Jika dalam seminar biasanya dapat berinteraksi secara langsung, berbeda dengan webinar. Anda tidak perlu bertatap muka langsung dengan orang – orang yang ada didalamnya, dengan pembicara ataupun peserta webinar yang lain.

Apalagi di masa pandemi ini, adanya webinar berbasis internet atau secara online ini, merupakan langkah yang tepat untuk mengurangi interaksi secara langsung di suatu tempat. Walaupun begitu, kita tetap bisa melakukan percakapan dengan pembicara dan juga peserta, karena biasanya terdapat chat room khusus. Terbilang cukup efektif dan efisien karena kita bisa mendapatkan ilmu yang bermanfaat tanpa harus mengeluarkan biaya transportasi untuk pergi ke tempat webinar diselenggarakan.

Setelah mengetahui apa itu webinar, saatnya Anda tahu apa saja yang harus Anda persiapkan.

Hal yang Harus Dipersiapkan untuk Mengikuti Webinar

Ada 5 hal yang perlu Anda persiapkan sebelum mengikuti webinar, yaitu:

  • Komputer, laptop, ataupun smartphone
  • Browser yang sudah terinstal di perangkat Anda, untuk mengakses website tempat berjalannya webinar. Beberapa contohnya adalah browser Chrome, Firefox atau Safari
  • Koneksi Internet yang stabil dan cepat. Sangat disarankan Anda menggunakan koneksi internet broadband yang lebih stabil dan kecepatan tinggi. Webinar berjalan seperti online streaming yang membutuhkan kecepatan akses yang tinggi. Jika koneksi internet Anda sedang tidak dalam kondisi prima maka akan terjadi seperti gambar tersendat serta suara patah-patah saat live webinar.
  • Speaker Aktif atau Headset, untuk bisa mendengarkan suara dari webinar yang sedang berlangsung.
  • Email Aktif Anda, biasanya saat melakukan pendaftaran Webinar, Anda membutuhkan Email Aktif.

Bila Anda adalah orang yang akan melaksanakan sebuah webinar, tambahkan kamera atau webcam, serta mic yang bisa digunakan untuk menangkap suara Anda dengan jelas.

Manfaat Menggunakan Webinar untuk Bisnis

Web seminar sangat cocok bagi para pemasar yang ingin menjaring leads ataupun mengembangkan perusahaannya. Adapun manfaat webinar yang bisa Anda dapatkan adalah sebagai berikut:

  • Membagikan Informasi Seputar Keunggulan Bisnis Anda

Ada banyak pelaku bisnis yang memanfaatkan hal ini untuk bisa memperkenalkan bisnisnya kepada para pengguna dan customer potensial, tanpa harus bertemu secara langsung dengan mereka. Dengan webinar, pelaku bisnis akan lebih mudah membagikan informasi mengenai produknya, sesuai segmentasi yang telah ditentukan.

  • Mendapatkan Feedback

Feedback dari para pengguna adalah hal yang penting, dengan menggunakan webinar Anda bisa secara langsung mengumpulkan feedback – feedback dari para customer Anda tanpa harus menghabiskan tenaga bertemu langsung dengan mereka. Cara efektif yang bisa dilakukan untuk mendapatkan feedback adalah dengan melalui kuesioner melalui webinar.

  • Mengumpulkan Leads

Kita bisa memanfaatkan webinar sebagai wadah untuk mengumpulkan leads yang akan  bisa Anda ubah menjadi customer potensial. Jangan lupa untuk selalu melakukan follow up juga kepada pengguna, meskipun sudah memperkenalkan produk Anda pada sesi webinar, sekaligus untuk memastikan bahwa Anda tidak akan kehilangan leads tersebut.

Baca Juga : Membuat Konten Untuk Mendatangkan Leads

  • Kursus Prakerja

Salah satu manfaat atau fungsi dari web seminar adalah Anda dapat membuat webinar prakerja. Webinar prakerja merupakan pertemuan seminar online yang dilakukan dalam beberapa waktu untuk meningkatkan potensi atau skill peserta di dunia profesional. Biasanya webinar prakerja akan memberika e-sertifikat webinar kepada para peserta yang dapat berguna sebagai bukti pencapaian kursus yang telah dilalui.

  • Promosi Produk Terbaru

Manfaat webinar juga bisa digunakan sebagai media promosi produk terbaru. Tidak hanya sekedar mengumumkan peluncuran produk baru, Anda juga bisa menggunakan webinar untuk melakukan event dan ingin disaksikan oleh para pengguna Anda yang kebetulan berhalangan untuk hadir.

Manfaat Webinar Untuk Peserta

arti webinar dan manfatnya

Tentu saja banyak juga manfaat webinar yang bisa didapat oleh peserta. Melalui webinar, peserta dapat mendapatkan manfaat berupa ilmu dari berbagai sumber yang dibawakan oleh pembicara yang ahli di bidangnya. Topik yang diangkat dalam webinar pun bermacam – macam. Bisa topik digital marketing, bisnis online, web development, dan masih banyak lagi topik yang dibahas. Sehingga fungsi webinar bisa dijadikan sebagai langkah yang tepat untuk menggali informasi yang Anda butuhkan. Untuk pemula yang biasanya mulai memiliki ketertarikan dengan bisnis online, bisa mengikuti webinar sesuai dengan yang Anda butuhkan. Agar bisa lebih mengembangkan bisnis online Anda.

Setelah mengetahui pengertian, manfaat atau fungsi webinar yang didapat oleh pemasar dan peserta, ketahui juga mengenai  jenis – jenis webinar. Umumnya dibedakan menjadi tiga jenis webinar, yaitu:

Jenis – Jenis Webinar

Webinar memiliki tiga jenis yang penting untuk Anda ketahui, yaitu:

The Lead Generation or Sales Webinar

Jenis webinar yang satu ini, digunakan pelaku bisnis atau pemasar untuk mempromosikan produk mereka. Biasanya peserta akan mendaftarkan diri terlebih dahulu di website dengan email. Tujuan webinar ini adalah untuk meningkatkan leads atau kelompok konsumen yang tertarik dengan produk yang ditawarkan. Untuk Anda pelaku bisnis, selain fokus untuk mendapatkan leads, juga harus memberikan webinar yang berkualitas. Pilih pembicara yang berkualitas, memperhatikan materi yang dibawakan, yang bermanfaat untuk peserta webinar.

The One-Off For-Profit Webinar

Jenis webinar ini diselenggarakan untuk mendapatkan keuntungan. Peserta yang ingin mengikuti webinar ini diharuskan untuk membayar sejumlah uang. Pembicara dalam webinar ini tentu saja berkualitas dan profesional. Untuk pemasar, bagaimana cara mematok harga pada webinar jenis ini ? Tergantung dari audiens dan topik yang dibahas. Dan untuk penyelenggara webinar ini, disarankan untuk membagikan materi atau modul yang berhubungan dengan topik, sebagai pembelajaran peserta webinar.

The Multi-Module Webinar or Webinar Series

Jenis webinar ini adalah jenis dengan topik yang mendalam. Terdiri lebih dari satu episode. Dan peserta webinar juga dapat mendapatkan topik tambahan, karena peserta berkesempatan untuk mengajukan pertanyaan kepada pembicara. Untuk Anda penyelenggara webinar, pastikan peserta mendapatkan ilmu yang bermanfaat di setiap akhir webinar. Dengan memberikan fasilitas yang menunjang, seperti tanya jawab dan lain sebagainya.

Kesimpulan

Pengertian webinar adalah salah satu teknologi yang akan memungkinkan para pengguna untuk mengadakan seminar, talkshow, diskusi dan berbagai kegiatan yang lain secara online tanpa harus berada di lokasi yang sama. Hal ini akan sangat memudahkan dan juga menghemat biaya travel yang sebelumnya akan dibutuhkan. Karena terbilang cukup efektif dan efisien. Dengan menyelenggarakan webinar, banyak manfaat yang didapat oleh pelaku bisnis maupun peserta webinar itu sendiri. Webinar bisa berguna untuk pelaku bisnis atau pemasar yang ingin menjaring lebih banyak konsumen. Mereka bisa memperkenalkan campaign terbaru dari perusahannya. Peserta bisa mengikuti webinar sesuai dengan yang mereka butuhkan. Jika mereka sedang merintis bisnis online, maka bisa megikuti webinar tentang bisnis online. Jika yang Anda butuhkan adalah digital marketing, maka bisa mengikuti webinar tentang digital marketing.

Baca Juga: Rekomendasi Aplikasi Untuk Membuat Webinar

Jadi apakah Anda sudah tahu pengertian webinar? Apabila Anda memiliki pertanyaan atau pendapat yang berbeda silahkan bagikan pada kolom komentar, dan jangan lupa untuk share artikel ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments

Related Post