Cara Daftar Adsense Youtube
Cara Daftar AdSense YouTube
Maret 1, 2021
Thumbnail Farhan
Memanfaatkan Konsep AIDA untuk Content Writing
Maret 2, 2021

5 Langkah Memulai Bisnis Fashion Online

Langkah Memulai Bisnis Fashion Online

online 3202912 1280

Bisnis fashion merupakan salah satu bisnis yang tak pernah ada matinya. Pangsa pasarnya sangat luas dan trennya selalu berkembang. Maka dari itu, hingga kini, masih banyak pebisnis baru yang memilih untuk terjun dalam industri fashion.

Tentunya, online platform menjadi alat bantu yang juga membantu para pelaku usaha bidang fashion dalam menjalankan aktivitas bisnisnya. Media pemasaran dan transaksi dapat dilakukan melalui berbagai kanal, seperti website sendiri, marketplace, Instagram, Facebook, Twitter, dan lain-lain.

Berikut ini adalah Langkah-Langkah Mudah Memulai Bisnis Fashion

Kalau Anda tertarik untuk memulai bisnis fashion online pun, jangan terburu pesimis karena sudah banyaknya pemain lama. Berikut adalah beberapa langkah yang perlu Anda persiapkan dan lakukan guna menembus persaingan dan memenangkan kompetisi.

1. Pilih Jenis Pekerjaan

Industri fashion sangat luas. Anda bisa menjadi desainer, distributor (termasuk reseller atau dropshipper), produsen, bahkan konsultan fashion

Pilihlah jenis pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan maupun minat Anda. Dengan begitu, Anda akan lebih menikmati dalam menjalani prosesnya dan menjalani bisnis dengan lebih nyaman.

2. Tentukan dan Kenali Target Pasar

Mengetahui siapa target pasar adalah langkah awal dari setiap bisnis—apapun industri maupun metodenya. Ibarat sedang mendekati tambatan hati, Anda tentu juga akan mencari tahu dulu seluk beluk si dia agar tak salah langkah, bukan?

Anda bisa menentukan target pasar berdasarkan kelompok usia, kelompok ekonomi, gender, area, dan lain-lain. Tiap kelompok tersebut tentu memiliki karakter masing-masing, bukan? Dari situlah, Anda dapat menentukan langkah berikutnya seperti tren kesukaan, cara pendekatan (pemasaran), rentang harga yang dapat diterima, dan beberapa faktor lain sesuai karakter kelompok tersebut.

Baca Juga: Ini Cara Pengembangan Bisnis Fashion UKM

3. Hadirkan Produk Berkualitas 

Pada akhirnya, kualitas menjadi faktor penting yang membuat konsumen kembali memilih produk yang sama. Oleh karena itu, selalu hadirkan produk berkualitas dalam bisnis yang Anda lakukan. Berikanlah harga yang sepadan pula dengan kualitas tersebut—jangan terlalu mahal dan jangan terlalu murah. Anda bisa melakukan riset produk kompetitor secara apple to apple untuk menentukan kelayakan kualitas dan harga.

Hal ini bahkan berlaku pula untuk produk bisnis fashion lainnya yang tidak berbentuk barang, seperti jasa konsultasi, jasa desain, dan sebagainya. Kualitas yang baik dan terjaga akan meningkatkan citra Anda serta loyalitas konsumen.

4. Tawarkan Nilai Tambah

Namun, kualitas yang baik saja tidak cukup untuk membuat Anda bersaing, bertahan, hingga menguasai pasar. Anda harus memiliki value tersendiri yang menjadi alasan mengapa konsumen harus beralih dari kompetitor—apalagi jika kualitas yang ditawarkan kompetitor sama baiknya dengan yang Anda berikan.

Ada banyak bentuk value yang dimaksud. Berikut adalah beberapa gagasan sederhananya.

  • Bebas ongkos kirim untuk area tertentu atau saat mencapai batas nominal tertentu.
  • Hadirkan kemasan yang unik dan jika memungkinkan, dapat digunakan untuk keperluan lainnya.
  • Sistem penukaran barang apabila ukuran tidak sesuai atau beberapa kondisi serupa.
  • Pemberian voucher diskon untuk pembelian berikutnya ketika pembelian pertama mencapai batas nominal khusus atau telah melakukan beberapa kali pembelian.
  • Dan lain-lain.

5. Promosi

Kalau semua rencana sudah ditetapkan, kini saatnya Anda mulai mempromosikan bisnis. Lakukanlah dengan cara-cara yang menarik dan dapat diterima oleh target pasar Anda. 

Hindari membuat promosi menjadi spam dengan cara mempertimbangkan timing di setiap platform promosi yang digunakan. Tak lupa, buatlah kalimat yang menarik dan bernada persuasif tanpa terkesan terlalu memaksakan. Sertakan pula empati dan bahasa yang menciptakan kesan personal agar lebih mencuri perhatian. 

Itulah lima langkah memulai bisnis fashion online paling mendasar yang perlu Anda lakukan. Selamat mencoba!

Ryan Kristomuljono
Ryan Kristomuljono
Internet Marketing & Website Consultant. Untuk membantu bisnis berkembang di dunia internet adalah tujuan saya dalam setiap meeting, conference, workshop, dsb. Get connected with me.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments