Mengapa Iklan Sangat Penting Dalam Bisnis Online?

Mengapa Iklan Sangat Penting Dalam Bisnis Online

Setiap bisnis pasti ingin produk atau layanan yang dijual memiliki angka penjualan yang tinggi, termasuk bisnis online. Mau dalam bentuk barang atau jasa, intinya adalah sama: meningkatkan penjualan setiap bulannya. Agar target yang sudah dipasang tercapai, tentu terdapat beberapa cara yang perlu dilakukan. Salah satunya adalah menggunakan iklan. Posisi iklan saat ini menjadi bagian yang tidak bisa tergantikan. Mengapa iklan sangat penting dalam bisnis online?

Pertanyaan di atas sering dilontarkan karena banyak yang merasa bahwa bisnis online tidak perlu selalu membuat iklan. Berbeda dengan bisnis yang menjual produknya secara offline. Padahal ketika bisnis online ingin memanfaatkan teknologi yang ada, posisi iklan bisa dibilang menjadi yang pertama. Iklan yang tepat di dunia maya bisa membawa arus penjualan yang jauh lebih besar. Tidak hanya itu saja, brand awareness juga menjadi lebih tinggi.

Untuk bisa menjawab pertanyaan di atas, inilah alasan pentingnya iklan dalam bisnis online. Simak penjelasannya di bawah ini.

Alasan Pentingnya Iklan

Fungsi utama iklan adalah mempromosikan produk yang dijual dengan cara yang kreatif. Tidak ada bisnis yang tidak membutuhkan iklan. Mereka sadar bahwa untuk bisa menarik perhatian orang lebih banyak untuk membeli produk, maka diperlukan iklan. Dengan kondisi ini, maka permintaan untuk membuat iklan selalu besar tiap waktu.

Banner Ads - General 2

Namun banyak yang merasa bahwa bisnis online tidak perlu menggunakan medium iklan untuk promosi. Hanya dengan membuat akun media sosial, maka sudah bisa mendapatkan cara promosi yang tepat. Padahal itu sama sekali tidak benar. Jika memang ingin mencapai target pasar yang dituju dan ingin lebih luas dari segi pasar, maka perlu iklan.

Untuk iklan bisnis online pun beragam. Bisa membuat video seperti yang ada di televisi dan menaruhnya di slot iklan online seperti YouTube. Bisa juga menggunakan Google Ads yang mampu menargetkan pasar dengan lebih tepat.

Tidak ada satupun bisnis online yang tidak membutuhkan iklan. Sekarang tinggal bagaimana bisnis tersebut ingin menjadi lebih terkenal di mata masyarakat. Perlu diketahui bahwa dengan semakin banyaknya masyarakat yang menggunakan internet, maka peran iklan di dunia maya menjadi jauh lebih efektif.

Baca Juga: Apa Tujuan Iklan dan Promosi untuk Bisnis?

Apa saja Bentuk Iklan Online?

Dalam iklan online yang ada di dunia maya, sebenarnya cukup banyak bentuknya. Dimulai dari video iklan yang bisa muncul di YouTube, menggunakan Google Ads, dan juga Facebook Ads & Instagram Ads.

Ya, media sosial juga memiliki fitur iklan juga. Tentu dengan banyaknya pengguna media sosial di Indonesia, iklan yang ditaruh di sana bisa mendapatkan awareness yang besar juga. Memang untuk memuat semua iklan tersebut, dibutuhkan dana yang beragam. Ada yang besar (iklan dalam bentuk video) dan ada yang bisa disesuaikan dengan dana yang dimiliki (Google Ads). Masing-masing medium iklan online memiliki kelebihannya sendiri. Sekarang tinggal tergantung Anda mau memanfaatkan yang mana. Intinya sama saja yaitu membuat produk Anda jauh lebih terkenal dan mengajak konsumen untuk membelinya.

Baca Juga: Kenapa Pemasaran Online Lebih Disukai?

Manfaat Iklan Online

Pemasaran online menjadi pilihan yang efektif bagi perusahaan untuk mempromosikan produknya. Media online dianggap lebih efisien dalam menarik perhatian calon konsumen. Simak beberapa keuntungannya:

1. Jangkauan Luas

Jangkauan internet lebih luas daripada media lainnya. Anda dapat terhubung dengan audiens di seluruh dunia. Melalui iklan online, potensi jangkauan pasar dapat diperluas secara signifikan dibandingkan dengan iklan konvensional.

2. Mudah untuk Disebarluaskan

Internet merupakan sarana yang sangat efektif untuk menyebarkan informasi secara luas. Oleh karena itu, penting untuk memanfaatkannya secara optimal dalam mengembangkan bisnis Anda. Dengan memanfaatkan iklan online, bisnis Anda dapat dengan mudah menjangkau berbagai lokasi secara cepat.

Banner Ads - Ebook 2

3. Akses yang Tak Terbatas

Internet memberikan akses yang tidak terbatas, memungkinkan Anda untuk menjangkau konsumen baru bahkan di luar jam kerja. Iklan Anda tetap dapat diakses oleh konsumen selama 24 jam setiap hari. Sistem ini tidak memerlukan Anda untuk terus terhubung dengan internet sepanjang waktu. Bahkan saat Anda tidak terkoneksi, konsumen masih bisa mengetahui produk yang Anda tawarkan.

Baca Juga: Promosi melalui Media Sosial: Meningkatkan Visibilitas dan Keuntungan Bisnis Anda

4. Dapat Menentukan Segmentasi Pasar

Dunia internet, khususnya melalui media sosia;, dapat membantu Anda dalam melakukan segmentasi pasar. Segmentasi ini biasanya didasarkan pada berbagai kriteria, seperti minat, usia, jenis kelamin, pekerjaan, dan lokasi geografis.

Dengan adanya segmentasi ini, Anda dapat merancang iklan dengan lebih tepat dan efisien. Anda juga dapat menentukan dengan lebih jelas bagian mana dari pasar yang akan menjadi target iklan Anda.

Banner Ads - Lead Gen 2

5. Pengguna Internet yang Terus Meningkat

Salah satu hal yang perlu dimanfaatkan secara optimal adalah pengguna internet yang tinggi di Indonesia. Dengan jumlah pengguna internet yang tinggi, tentu saja potensi calon konsumen Anda juga semakin besar. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk membuat iklan yang menarik sehingga pengguna internet bersedia untuk melihat dan bahkan menyebarkan iklan Anda secara sukarela.

6. Modal yang Kecil

Prinsip pemasaran adalah low cost high impact. Hal ini berarti mencari cara untuk mengeluarkan modal seminimal mungkin dan mendapatkan hasil yang sebesar mungkin. Dengan menggunakan iklan online, prinsip ini dapat diterapkan dengan lebih mudah.

Meskipun tidak semua iklan di platform online memiliki biaya yang murah, namun dengan mencari peluang yang tepat, Anda dapat menemukan iklan online dengan harga terjangkau bahkan gratis. Iklan online secara umum lebih terjangkau daripada iklan konvensional.

Itulah penjelasan mengapa iklan sangat penting dalam bisnis online pada saat ini. Semoga informasi yang diberikan di artikel ini bisa memberikan manfaat sekaligus wawasan terbaru kepada Anda. Jangan lupa untuk memberikan komentar tentang artikel ini dan share artikel ini di media sosial Anda agar semakin banyak yang tahu informasi ini.

Share this post :

Capai Target Pasar Bisnis Anda!

Dapatkan Konsultasi Gratis bersama ToffeeDev!

Scroll to Top