Inilah Cara Kerja Digital Marketing

Cara kerja digital marketing ternyata tidaklah rumit. ToffeeDev yang merupakan salah satu digital marketing agency akan memberikan informasi kepada Anda mengenai cara kerja digital marketing yang penting untuk diketahui, khususnya oleh para pemilik bisnis. Tapi, sebelum kami melanjutkan pembahasan pada artikel ini, apakah Anda sudah tahu apa itu digital marketing

Digital marketing merupakan salah satu metode yang digunakan untuk memasarkan bisnis di dunia digital atau secara online. Seperti yang kita ketahui, zaman telah berganti menjadi serba teknologi. Pertumbuhan gadget seperti smartphone, laptop, dan tablet kian berkembang pesat. Tentu saja, jumlah pengguna internet setiap tahunnya juga meningkat. Di Indonesia sendiri, menurut datareportal.com, pada tahun 2020 telah memiliki sekitar 175,4 juta pengguna internet. Jumlah yang banyak sekali bukan?

Dengan pengguna internet yang sebanyak itu, tidak heran apabila orang mulai berbondong-bondong untuk memasarkan bisnisnya secara online. Hal ini juga dikarenakan biaya yang dikeluarkan untuk melakukan pemasaran digital relatif lebih murah dibandingkan jika harus memasarkan bisnis melalui media cetak ataupun memasang iklan di televisi dengan harga yang relatif tinggi.

Digital marketing bisa digunakan untuk segala jenis bidang bisnis apapun. Meskipun Anda merupakan pemilik bisnis dari alat berat ataupun warung makan sederhana, siapapun bisa menggunakan digital marketing untuk mengembangkan bisnis yang dijalani saat ini. Segala kemudahan tersedia untuk Anda sebagai pemilik bisnis di dunia digital ini.

Untuk memasarkan bisnis secara online, Anda bisa menggunakan berbagai macam platform mulai dari yang paling sering digunakan yaitu Facebook dan Instagram, bahkan hingga TikTok bisa menjadi tempat untuk mempromosikan bisnis. Seluruh platform ini  bisa digunakan dengan gratis. Namun, tentu saja apabila menginginkan hasil digital marketing yang maksimal, maka Anda perlu menggunakan jasa ads atau iklan untuk menarik lebih banyak customer.

Selain itu, perlu Anda tahu bahwa banyak digital marketing agency yang sudah memahami tentang cara mengembangkan bisnis di dunia digital. Jadi, Anda dapat menggunakan jasa mereka untuk mengelola bisnis di dunia digital. 

Mengenal Cara Kerja Digital Marketing

Mungkin ada sebagian Anda yang bertanya-tanya, bagaimana cara kerja digital marketing dalam mengembangkan bisnis. Oleh karena itu, untuk memahami bagaimana digital marketing dapat bekerja untuk Anda, kami akan menjelaskan secara rinci mengenai cara kerja digital marketing yang dapat dikelompokkan menjadi dua jenis, yaitu:

1. Organic Marketing

Dunia digital marketing tentu tidak lepas dari yang namanya digital asset. Apa itu digital asset? Seluruh akun bisnis yang Anda punya di beberapa platform online seperti media sosial dan website disebut sebagai digital asset. Seluruh digital asset yang Anda miliki nantinya akan diisi dengan konten-konten seperti artikel, desain infografis, konten sosial media, dan banyak lagi yang bisa diisi dengan informasi seputar promosi produk atau jasa dan lainnya.

Untuk organic marketing ini memiliki cara kerja di mana audience atau pengunjung website yang Anda dapatkan bersifat organik. Artian dari organik ini sendiri yaitu audience atau pengunjung website didapat dari hasil strategi digital marketing yang bersifat soft selling.

Dalam melakukan strategi digital marketing, ada beberapa proses yang perlu dilalui seperti tahapan awal yaitu branding dan awareness hingga nantinya sampai pada proses akhir yaitu conversion atau tahapan di mana audience akan menjadi customer Anda. Ini merupakan cara kerja digital marketing secara organik. 

2. Paid Marketing

Dalam menggunakan strategi digital marketing, Anda juga bisa menjangkau pasar dengan paid marketing. Apa itu paid marketing? Sederhananya, dalam menjalankan strategi digital marketing Anda bisa melakukan pemasaran berbayar atau yang biasa disebut dengan ads. Ads bisa dikatakan sebagai iklan dalam bentuk digital.

Ada berbagai macam platform yang menawarkan fitur ads seperti Facebook Ads, Instagram Ads, dan untuk promosi ads website, Anda bisa menggunakan SEM atau Search Engine Marketing. Anda bisa menggunakan fitur ads tersebut untuk mendorong peningkatan traffic website atau audience media sosial secara lebih besar lagi.

Tentu Anda bertanya-tanya, bagaimana cara kerja dari paid marketing ini, bukan? Ketika Anda mulai menyusun strategi paid marketing, maka hal pertama yang pastinya dilakukan adalah melakukan analisis pasar. Dari hasil analisis pasar yang didapat, Anda akan mulai memproses ads yang ingin disajikan dalam bentuk konten kreatif. Ketika konten-konten tersebut telah di-publish dalam bentuk iklan, maka konten Anda akan ditayangkan kepada target market yang telah Anda pilih sebelumnya.Jasa SEO

Strategi Digital Marketing yang Sering Digunakan untuk Bisnis 

Ada berbagai macam strategi yang dapat Anda gunakan dalam menjalankan digital marketing. Di sini setidaknya ada 5 strategi yang ToffeeDev rekomendasikan jika Anda baru saja akan mulai untuk memasarkan bisnis di dunia digital. Apa saja kelima strategi digital marketing tersebut? Simak pembahasannya berikut ini:

1. SEO

Anda tentu sering mendengar kata SEO ini bukan? Ya, SEO sering dikaitkan dengan website. Namun, apakah Anda tahu apa itu SEO? Bagaimana penerapan SEO dalam website?

SEO merupakan kepanjangan dari Search Engine Optimization. SEO digunakan sebagai metode untuk melakukan optimasi website. Pastinya setiap pemilik website, khususnya bagi Anda yang memiliki website untuk kepentingan bisnis, ingin website-nya dikunjungi oleh banyak pengguna internet, bukan? Untuk mendapatkan jumlah kunjungan atau yang biasa disebut dengan traffic website, maka website Anda harus sering terlihat dalam mesin pencari, bahkan di halaman pertamanya. Lalu, bagaimana agar website Anda dapat sering terlihat atau muncul pada halaman pertama mesin pencari?

Untuk memunculkan website pada halaman pertama mesin pencari, maka Anda membutuhkan SEO untuk mengoptimasi website bisnis yang dijalankan saat ini. SEO merupakan metode yang dibutuhkan oleh pemilik website untuk dapat memunculkan website mereka pada halaman pertama mesin pencari dengan tujuan untuk meningkatkan traffic website. Dengan demikian, semakin banyak pengunjung website yang didapatkan, maka semakin tinggi pula peluang terjadinya konversi atau closing.

Dalam menerapkan SEO, ada banyak hal yang perlu Anda lakukan seperti mengisi website dengan konten-konten edukatif dan informatif. Kemudian, Anda juga perlu melakukan review website secara keseluruhan karena Google yang merupakan mesin pencari nomor satu di dunia saat ini telah melakukan perubahan algoritma secara besar-besaran pada tahun 2021 ini dengan tujuan memberikan kenyamanan bagi pengguna internet dalam mengunjungi website tertentu. 

Baca Juga: Melihat SEO dari Cara Pandang Digital Marketing

2. SEM

Setelah SEO, maka selanjutnya ada SEM. Apa itu SEM? SEM atau yang kepanjangannya Search Engine Marketing merupakan bentuk ads dari website. Anda pastinya sering melihat bentuk ads website pada Google. Ketika Anda ingin mencari sesuatu seperti “Digital Marketing Agency Jakarta”, maka akan muncul beberapa website pada bagian atas hasil pencarian dengan tulisan “Ads” berwarna hijau di samping nama iklan.

Jika Anda ingin mendapatkan peningkatan traffic website yang signifikan atau sedang ingin mengadakan sebuah promosi, maka SEM bisa menjadi strategi digital marketing yang tepat. Peningkatan traffic website yang didapat dari penerapan SEM bisa terlihat secara cepat, namun perlu Anda catat bahwa traffic tersebut akan mudah menurun karena pengunjung yang didapat tidak organik seperti SEO.

3. Video Marketing

Video bisa menjadi salah satu jenis konten yang menarik minat banyak orang. Oleh karena itu, Anda bisa mulai membuat strategi video marketing untuk menarik lebih banyak customer. Buatlah video dengan konsep informatif, edukatif, ataupun inspiratif. Konsep video yang terkesan hard selling atau terlalu bersifat promosi akan membuat strategi video marketing Anda menjadi tidak efektif.

4. Email Marketing

Email marketing merupakan salah satu strategi digital marketing yang paling mudah untuk diimplementasikan dan memiliki sifat yang lebih personal. Hampir sebagian besar orang membuka email mereka setiap hari. Oleh karena itu, Anda dapat menjadikan hal tersebut sebagai peluang untuk mengirimkan email marketing

5. Social Media Marketing

Pengguna media sosial terus meningkat setiap tahunnya, seiring dengan meningkatnya pengguna internet. Berbagai platform media sosial tersedia mulai dari Facebook, Instagram, LinkedIn, Twitter, hingga TikTok. Anda dapat mengembangkan bisnis dengan memanfaatkan seluruh platform media sosial tersebut.

Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan segmentasi target market yang ingin dituju. Beberapa media sosial akan lebih sesuai jika segmentasi target market yang ingin dituju adalah pasar B2C atau Business-to-Customer yang berarti bisnis Anda ditujukan kepada end user. Namun, ada juga segmentasi target pasar B2B atau Business-to-Business dan platform yang sesuai untuk menjalankan strategi Social Media Marketing secara B2B salah satunya adalah LinkedIn.

Tips Dalam Membuat Konten untuk Digital Marketing

Beberapa dari Anda mungkin ada yang berpikir bahwa membuat konten untuk keperluan digital marketing sulit untuk dilakukan. Padahal, membuat konten untuk digital marketing sangatlah mudah dan dapat terbilang seru serta menambah wawasan untuk Anda. Oleh karena itu, Anda dapat mencoba beberapa tips berikut ini agar dapat membuat konten yang tepat dan efektif untuk menjalankan strategi digital marketing, yaitu:

1 . Tentukan Tujuan Konten dengan Jelas

Dalam membuat sebuah konten, Anda harus menentukan tujuan secara jelas. Apakah konten tersebut ingin ditujukan sebagai bentuk promosi? Atau konten tersebut hanya digunakan sebagai branding? Dengan tujuan yang jelas, maka Anda dapat membuat konten yang lebih terstruktur dan terarah. Audience juga akan menangkap maksud pesan Anda tanpa harus berpikir dengan sulit.

2 . Sesuaikan dengan Kebutuhan Audiens

Ketika Anda mulai terjun ke dunia digital marketing, maka tujuan utama yang ingin didapatkan adalah untuk menarik audience agar membeli produk atau jasa apapun atau sekadar menjadi calon customer. Untuk itu, agar Anda dapat menarik audience maka sajikan konten yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Seperti misalkan, niche yang dibutuhkan saat ini berbicara tentang bisnis rumahan di tengah pandemi, maka Anda bisa membuat konten yang sesuai dengan niche tersebut dan menyelipkan sedikit tentang informasi bisnis yang dijalankan.

3 . Sajikan Konten yang Informatif

Tidak sedikit dari pemilik website ataupun media sosial yang hanya menyajikan konten demi memenuhi target kuantitas saja. Padahal, kualitas sangatlah diperlukan dalam pembuatan konten, khususnya konten untuk website. Jika konten yang disajikan bersifat informatif, maka audience pastinya akan lebih sering berkunjung ke media sosial atau website bisnis Anda. Selain itu, pastinya media sosial dan website bisnis yang Anda miliki akan semakin direkomendasikan ke lebih banyak audience berkat konten-konten yang berkualitas.

4 . Utamakan Konsistensi

Dalam menjalankan strategi digital marketing, dibutuhkan konsistensi dalam membuat konten. Bayangkan jika Anda tidak membuat konten apapun dalam waktu yang lama, maka tentu saja customer akan pergi satu persatu karena mereka akan berpikir bahwa bisnis tersebut sudah tidak berjalan. Oleh karena itu, utamakan konsistensi dalam menjalankan strategi digital marketing untuk mempertahankan customer Anda. 

Manfaat Digital Marketing untuk Bisnis

Saat Anda mulai terjun ke dalam dunia digital marketing, ada banyak manfaat yang bisa dirasakan. Beberapa manfaat dapat Anda rasakan secara langsung, namun ada juga manfaat yang dapat dirasakan setelah melalui proses yang panjang. Perlu diketahui, untuk mengembangkan bisnis di dunia digital memerlukan proses dan tahapan. Anda tidak bisa melakukan strategi digital marketing demi mendapatkan hasil yang instan. 

Berikut ini, setidaknya ada 4 manfaat dari menggunakan digital marketing, yaitu:

  • Dengan pengguna internet yang terus meningkat setiap tahunnya, Anda dapat menggunakan peluang ini untuk menjangkau target pasar yang lebih luas. Digital marketing memberikan Anda kesempatan untuk melakukan bisnis tanpa batas. Bahkan, orang yang tidak pernah mendengar nama perusahaan Anda bisa mengetahui segala informasi tentang bisnis yang dijalani secara detail berkat digital marketing.
  • Dari segi biaya, menggunakan strategi digital marketing tidak memerlukan biaya yang tinggi. Anda bahkan dapat memulai digital marketing secara mandiri dan gratis. Namun, seiring berjalannya waktu dan berkembangnya bisnis, Anda pasti haru mengeluarkan biaya untuk pemasangan ads atau menyewa jasa digital marketing agency demi optimasi digital asset yang lebih baik lagi. Meskipun demikian, biaya yang Anda keluarkan jauh lebih sedikit dibandingkan pengeluaran biaya untuk pemasangan iklan di media elektronik seperti televisi.
  • Seluruh platform yang ada di dunia digital memiliki fitur untuk melakukan analisis performa konten Anda. Dengan demikian, Anda dapat lebih mudah dalam melakukan review dan evaluasi sehingga perkembangan strategi digital marketing ke depannya dapat lebih baik lagi daripada sebelumnya.
  • Manfaat dari menjalankan strategi digital marketing tidak hanya dapat dirasakan oleh Anda saja, namun juga untuk pelanggan. Dengan aktif di dunia digital, pelanggan dapat lebih mudah menemukan informasi tentang produk atau jasa yang Anda tawarkan. Selain itu, mereka juga dapat lebih mudah untuk mengajukan pertanyaan seputar bisnis Anda melalui media sosial ataupun website.

Kembangkan Bisnis Anda dengan Digital Marketing

Itulah informasi seputar digital marketing yang perlu Anda ketahui. Dengan digital marketing, Anda dapat meningkatkan keuntungan bisnis secara lebih maksimal. Tujuan tersebut tentu bisa dicapai apabila Anda menggunakan strategi digital marketing yang tepat. Oleh karena itu, pastikan Anda membuat rancangan strategi digital marketing sesuai dengan hasil analisis yang mendalam dan juga selalu lakukan evaluasi. Evaluasi sangat berguna untuk melihat kekurangan dari strategi digital marketing yang dijalankan saat ini serta untuk mempersiapkan strategi yang lebih baik selanjutnya.
Jika Anda ingin mendapatkan hasil yang maksimal dari melakukan digital marketing, maka salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan jasa digital marketing agency. Perusahaan digital marketing agency sudah lebih memahami mengenai seluk beluk digital marketing untuk pengembangan bisnis. Maka dari itu, silakan hubungi ToffeeDev yang merupakan salah satu Digital Marketing Agency terbaik di Indonesia sekarang juga dan kami siap untuk membantu dalam mengembangkan bisnis Anda di dunia digital.

Share This Article

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments

Step bye step SEO

Related Post

WhatsApp chat