5 Cara Membangun Brand Anda di Dunia Digital

Dilihat dari kacamata bisnis, branding merupakan aset yang penting, terlebih lagi di era digital seperti sekarang. Kemajuan teknologi membuat segala sesuatu lebih banyak dilakukan secara online, termasuk mencari informasi dan berbelanja tentunya sebagai salah satu cara membangun brand.

Bagaimana Cara Membangun Brand?

Berikut lima cara membangun brand Anda di dunia digital, yang memiliki dampak signifikan bagi perkembangan bisnis.

Baca Juga : Membangun Brand Dengan Remarketing

1. Nama yang sederhana dan mudah diingat

Saat akan membangun brand, hal pertama yang menjadi fokus perhatian adalah masalah nama karena nama merupakan identitas. Dengan adanya nama akan memudahkan konsumen dalam mengidentifikasi. Di dunia digital, nama brand juga seringkali dipakai sebagai nama domain website. Nama yang terlalu rumit relatif sulit diingat dan menimbulkan kendala tersendiri saat berusaha membentuk brand awareness.  

2. Logo yang menarik

Logo yang menarik akan lebih melekat di ingatan. Dalam proses pembangunan brand, logo akan terekspos secara intens di saluran-saluran pemasaran digital yang Anda gunakan. Jadi, jangan sampai salah memilih logo. 

3. Website yang apik dan ramah pengguna

Dalam upaya membangun brand, keberadaan website menjadi faktor penunjang yang tidak bisa disepelekan. Apalagi dengan tingkat penggunaan internet yang sangat tinggi seperti sekarang. 

Website memiliki halaman-halaman yang dapat difungsikan untuk berbagai kebutuhan. Bisa diisi informasi terkait perusahaan ataupun produk, juga bisa menjadi sarana pemasaran barang dan jasa, termasuk media pembangunan brand. 

Buatlah tampilan website yang apik dan ramah pengguna, agar calon konsumen yang berkunjung betah berlama-lama dan tertarik membuka satu persatu halaman yang ada, hingga akhirnya memutuskan membeli atau menggunakan jasa yang ditawarkan.

Baca Juga : 7 Rekomendasi Contoh Website dengan Desain Menarik

4. Memaksimalkan SEO

Memaksimalkan penggunaan SEO merupakan salah satu cara membangun brand yang efektif. Dengan SEO yang diterapkan di website, brand Anda akan mudah terjaring di mesin pencarian. Brand awareness terus meningkat seiring kian seringnya nama brand muncul saat pengguna memasukkan kata kunci yang relevan. Ilustrasi berikut akan lebih memperjelas peran SEO dalam proses pembangunan brand.

Katakanlah bisnis Anda memiliki produk yang baru saja diluncurkan ke pasaran dan tengah gencar dipromosikan di berbagai media. Calon-calon konsumen mulai mendengar mengenai produk bisnis Anda, merasa tertarik, kemudian mencari informasi lebih lengkap agar benar-benar yakin bahwa produk tersebut memang bagus dan cocok untuk mereka. Di manakah mereka mencari informasi yang dibutuhkan? Pastinya 90% adalah melalui mesin pencarian.

SEO menjadi cara terbaik menyebarkan informasi terkait produk-produk bisnis Anda pada khalayak luas. Semakin sedikit brand Anda muncul di mesin pencarian, kepercayaan calon konsumen akan berkurang.

Menggunakan jasa digital marketing agency bisa menjadi alternatif solusi untuk Anda yang ingin membangun brand dengan memaksimalkan SEO. 

5. Memanfaatkan media sosial secara optimal

Media sosial sudah terbukti memiliki kekuatan yang tidak main-main dalam mendukung perkembangan bisnis. Katadata melansir bahwa hasil survei statistik tahun 2017 diprediksi jumlah pengguna media sosial di Indonesia hingga tahun 2022 mendatang menyentuh angka 125 juta pengguna. 

Baca Juga : Cara Memanfaatkan Media Sosial Untuk Promosi

Anda dapat memanfaatkan media sosial secara optimal untuk membangun brand. Buat konten yang membangkitkan ketertarikan dan antusiasme khalayak pada produk atau jasa yang bisnis Anda tawarkan. Konten-konten di media sosial yang membangun hubungan emosional antara brand dengan khalayak membuat digital branding terasa lebih natural.

Demikian cara membangun brand Anda di dunia digital. Bermodalkan branding yang bagus, sebuah barang yang sebelumnya tidak dikenal sangat mungkin untuk memenangkan persaingan dari sekian banyak produk serupa di pasaran yang telah lebih dulu hadir.

Share This Article

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments

Related Post

WhatsApp chat