Bagaimana Cara Menentukan Target Market Bisnis?

Cara menentukan target market bisnis tidaklah sulit jika Anda mengetahui formulanya. Target market adalah sebuah pengelompokkan data dari seluruh populasi untuk menentukan segmentasi penjualan produk atau jasa. Sangat disarankan bagi pemilik bisnis untuk melakukan analisa target market sebelum memutuskan untuk menjual sebuah produk atau jasa agar penjualan bisnis Anda menjadi lebih efektif dan tepat sasaran. Dalam artikel ini, Anda akan menemukan tujuan dari penentuan target market untuk bisnis Anda dan bagaimana cara menentukannya sesuai dengan bisnis yang Anda miliki.

Tujuan Dari Menentukan Target Market

Tujuan utama dari menentukan target market untuk keperluan bisnis Anda adalah untuk mencapai keberhasilan atas target-target yang ingin dicapai. Selain itu, adapun tujuan dari penentuan target market adalah:

  • Menciptakan produk atau jasa yang sesuai dengan kebutuhan target market
  • Mengefisiensikan waktu dalam melakukan promosi dan penetapan harga
  • Mengembangkan bisnis dengan mempelajari pola perilaku target market

3 Cara Menentukan Target Market Bisnis

Setelah kita mengetahui apa itu target market dan mengapa penting untuk Anda menentukan target market untuk bisnis Anda, maka sekarang kami akan menjelaskan 3 cara untuk menentukan target market bisnis. Untuk melakukan penentuan target pasar dari bisnis, Anda perlu terlebih dahulu menentukan tiga segmentasi target pasar berdasarkan hal berikut ini:

1. Demografi

Segmen demografi merupakan segmen terpenting dalam menentukan target market. Segmen demografi terdiri dari pengelompokkan berdasarkan jenis kelamin, umur, tingkat pendapatan, dan mungkin juga tingkat pendidikan. Dengan demikian, Anda dapat lebih mengetahui apakah produk Anda cocok untuk semua kalangan atau hanya untuk kalangan tertentu saja. 

Sebagai contoh, Anda menetapkan range kelompok usia target market mulai dari 20 tahun hingga 40 tahun, maka produk atau jasa apa yang sedang diinginkan atau populer di kalangan kelompok usia tersebut? 

2. Psikologi

Segmentasi berikutnya yang perlu Anda tentukan adalah segmentasi psikologi. Pada segmentasi ini, Anda perlu mempelajari pola perilaku dan gaya hidup target market Anda. 

Penentuan dalam segmentasi ini melibatkan pemasukan, gaya belanja, minat, dan banyak lagi hal-hal lainnya. Dengan mengetahui segmentasi ini, Anda dapat menentukan harga yang tepat untuk produk atau jasa yang Anda tawarkan dan membuat promosi yang tepat sasaran.

3. Geografi

Segmentasi terakhir yang dapat membantu Anda dalam penentuan target market bisnis Anda adalah segmentasi geografi. Hal-hal yang tercakup ke dalam segmentasi geografi adalah karakteristik wilayah apakah wilayah tersebut relatif dingin atau panas, jenis usaha yang ada di dalam sebuah wilayah, peluang bisnis yang dapat dikembangkan di wilayah tersebut, dan lain-lainnya. Dengan mempelajari segmentasi geografi, Anda diharapkan dapat memenuhi kebutuhan target market di wilayah tertentu.

Baca Juga : Siapa Target Pasar Dalam Search Marketing?

Gunakan Pemasaran Online untuk Menjangkau Target Market yang Lebih Luas

Itulah ketiga cara menentukan target market bisnis dengan melihat segmentasi demografi, psikologi, dan juga geografi. Anda bisa menggunakan metode kuesioner untuk mendapatkan data target market yang Anda inginkan sesuai dengan segmentasi-segmentasi tersebut.

Jika Anda merupakan pelaku bisnis yang sudah lama, ini saatnya untuk Anda mulai beralih ke pemasaran online untuk menjangkau target market yang lebih luas. Anda bisa melakukan analisa pola perilaku target market di dunia online dengan menggunakan SERP atau analytic tools lainnya yang dapat memperoleh data kelompok secara akurat. Silakan hubungi kami untuk informasi lebih lanjut mengenai dunia digital marketing dan seberapa besar peluang yang Anda dapatkan ketika beralih ke pemasaran online dengan menggunakan jasa digital marketing agency yang tepat.

Share This Article

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments

Step bye step SEO

Related Post

WhatsApp chat