6 Cara Meningkatkan Brand Awareness dengan Cepat

cara meningkatkan brand awareness

Memiliki brand awareness merupakan salah satu hal paling penting dalam menjalankan bisnis yang sukses. Brand awareness merupakan kemampuan konsumen dalam mengenali sebuah brand mulai dari nama, logo, dan juga tagline tertentu. Oleh karena itu, penting bagi siapapun yang mempunyai bisnis untuk meningkatkan brand awareness-nya agar konsumen terus memilih brand tersebut dan juga menarik calon konsumen untuk melihat sebuah brand yang menarik minatnya. Lalu, bagaimana cara meningkatkan brand awareness?

Cara Meningkatkan Brand Awareness

Berikut ini 6 cara meningkatkan brand awareness yang dapat Anda lakukan agar bisnis Anda lebih dikenal di kalangan masyarakat, yaitu:

1. Menentukan Logo dan Tagline yang Eye-Catching 

Ketika Anda membeli sebuah produk, apakah Anda mengingat logo apa yang digunakan oleh produk tersebut? Seperti contoh, siapa yang tidak mengenal produk Apple dan Samsung? Kedua produk ini memiliki logo yang mudah diingat oleh hampir seluruh orang di dunia ini. Oleh karena itu, langkah pertama untuk membangun brand awareness adalah membuat sebuah logo yang dapat diingat oleh semua orang serta eye-catching agar customer dapat mengingat brand Anda.

Baca Juga: Kenapa Bisnis Anda Membutuhkan Logo?

Anda juga bisa menyertakan tagline yang singkat, padat, dan jelas, namun dapat menggambarkan bisnis apa yang Anda jalankan. Dengan begitu, calon potensi customer Anda akan mengetahui produk atau jasa apa yang Anda tawarkan dalam sekali baca.

2. Membuat Website

Cara kedua yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan brand awareness dengan cepat adalah membuat website. Customer dapat dengan mudah menemukan brand Anda melalui website. Dengan membuat website, maka perusahaan Anda akan lebih mudah ditemukan saat calon konsumen mencari info mengenai produk atau layanan yang hendak mereka gunakan.

Pada website perusahaan, Anda bisa memasukkan seluruh data perusahaan yang Anda miliki mulai dari service, visi misi perusahaan, hingga alamat dan nomor telepon agar customer dapat menghubungi Anda ketika mereka tertarik dengan service atau produk yang Anda punya. Tentusaja, agar dapat meningkatkan brand awareness secara optimal, Anda membutuhkan website bisnis yang terlihat profesional, dinamis, dan juga mudah digunakan.

Baca Juga: 10 Tips Membuat Website Yang Baik

3. Aktif Di Media Sosial

Selain membuat website, Anda juga perlu aktif di dalam sosial media untuk membangun brand awareness bisnis Anda. Di era digital ini, hampir semua orang memiliki dan menggunakan sosial media. Setiap harinya, orang membuka media sosial setidaknya 2 hingga 5 jam sehari. Jadi, jangan ragu untuk membuat akun media sosial untuk bisnis Anda di beberapa platform terkenal, seperti Instagram dan Facebook. Dengan akun media sosial yang aktif, maka bisnis Anda akan lebih mudah ditemukan dan juga dikenal di kalangan masyarakat.

Tentunya Anda dapat memanfaatkannya untuk memasarkan bisnis Anda dan menjangkau pasar yang lebih luas lagi. Selain itu, Anda juga bisa meningkatkan traffic website melalui sosial media dengan membuat sebuah CTA atau Call-to-Action yang dapat membawa pengguna media sosial untuk mengunjungi website Anda. Terakhir, Anda juga bisa menggunakan strategi influencer marketing untuk semakin membangun brand awareness dan juga kepercayaan masyarakat kepada bisnis Anda.

Jasa SEO

4. Memanfaatkan Email Marketing

Selanjutnya, Anda juga bisa menggunakan email marketing untuk membangun brand awareness akan bisnis Anda. Terus berikan update mengenai bisnis ataupun produk atau jasa yang Anda punya melalui email marketing. Anda bisa membuat sebuah newsletter yang berisikan promosi atau jika Anda akan meluncurkan sebuah produk baru yang dapat menarik minat customer. Tidak hanya demikian, Anda juga bisa membuat berbagai macam promosi khusus melalui email marketing agar konsumen semakin ingat dengan brand Anda.

Tetapi, berhati-hatilah dalam penggunaan email marketing untuk meningkatkan brand awareness. Apabila Anda terlalu sering mengirimkan email pemasaran atau membuat pesan yang terlalu bertele-tele, Anda justru akan memberi kesan negatif kepada bisnis Anda. Jadi, agar strategi ini efektif, batasi pengiriman email marketing maksimal 1-2 kali per minggu. Serta, pastikan email yang Anda kirimkan singkat, padat, jelas, dan juga menarik untuk dibaca.

5. Membuat Konten yang Menarik dan Edukatif

Jika Anda sudah memiliki website, media sosial, dan juga email marketing, untuk meningkatkan brand awareness Anda harus bisa secara konsisten membuat konten yang menarik dan edukatif. Seperti pada website, Anda bisa mengisinya dengan konten-konten berupa artikel yang membahas seputar hal umum ataupun mengikuti tren yang sedang berlangsung saat ini untuk menarik minat pengguna internet.

Baca Juga: Inilah 5 Tips Membuat Konten yang Menarik!

6. Sering Berinteraksi dengan Customer

Ketika konten sudah tersedia, arahkan customer untuk memberikan komentar dalam konten yang sudah Anda buat. Dari sebuah komentar tersebut, buatlah interaksi yang proaktif dan personal agar customer merasa dekat dengan brand Anda dan tentunya mereka akan selalu mengingat brand Anda. Hal ini dikarenakan customer merasa dispesialkan berkat interaksi yang Anda bangun sehingga mereka akan terus memilih brand Anda.

Buat Website Anda Sekarang Juga!

Itu dia 6 cara meningkatkan brand awareness dengan cepat yang bisa Anda lakukan. Jika Anda sudah mempunyai bisnis yang berjalan serta logo dan tagline yang menarik, maka Anda bisa langsung membuat website untuk menjaring lebih banyak customer. Hubungi ToffeeDev sekarang juga untuk menggunakan jasa pembuatan website sehingga keuntungan bisnis Anda dapat meningkat lebih banyak lagi.

Share this on :

Follow Us

Scroll to Top
WhatsApp chat