Cara Meningkatkan Engagement Instagram untuk Mengembangkan Visibilitas Brand

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Share This Article

Terdapat banyak cara meningkatkan engagement Instagram untuk Anda yang ingin mengembangkan brand secara masif. Peluang untuk mendapatkan engagement di Instagram bisa dibilang sangat tinggi, mengingat jumlah pertumbuhan pengguna yang semakin meningkat setiap tahunnya. Lantas, bagaimana cara meningkatkan engagement Instagram untuk mengembangkan brand Anda? Lihat langkah-langkahnya sebagai berikut.

Cara Meningkatkan Engagement Instagram Secara Efektif

1. Posting Konten Anda pada Jam Sibuk (Rush Hour)

Cara meningkatkan engagement di Instagram yang perlu Anda lakukan pertama kali adalah dengan memposting konten pada jam dimana pengikut Anda sedang melakukan aktivitas scrolling timeline di Instagram. Anda bisa menentukan jam sibuk sendiri untuk memposting konten Instagram Anda. Lalu bagaimana cara melihat jam sibuk yang efektif untuk memposting konten?

Bagi Anda yang sudah mengatur akun Instagram menjadi Instagram bisnis, Anda bisa melihat jam sibuk pengikut dengan cara:

Klik Insight > Audience > Pengikut > Jam

Dari menu Instagram Insight, Anda bisa mempelajari pada jam berapa pengikut Anda melihat feed dan story  konten Instagram Anda. Di waktu tersebut, Anda harus melakukan posting. Lebih baik lagi jika setiap hari Anda membuat kalender konten social media (plan konten Instagram) untuk posting, misalnya pada pagi, siang, atau malam.

Baca Juga: 5 Langkah Membuat Plan Konten Instagram yang Optimal

2. Buat Pengikut Anda Terlibat dalam Diskusi

Mendorong pengikut Anda untuk berdiskusi menjadi taktik yang paling penting. Sebab, interaksi yang mereka lakukan memberi pengaruh besar bagi peningkatan engagement Anda. Anda bisa menuliskan sebuah pendapat yang kuat dan mengundang sudut pandang kontras dari para pengikut di media sosial melalui caption, atau hanya sekedar bertanya kepada pengikut Anda. Ajaklah mereka berdiskusi untuk membagikan opininya.

Anda juga bisa berbagi cerita, membuat kuis, survey, maupun giveaway untuk memikat perhatian pengikut Anda. Jangan lupa meminta pengikut Anda untuk mengajak orang-orang lain agar terlibat juga dalam diskusi tersebut.

3. Gunakan Hashtag dengan Tepat Sasaran

Strategi meningkatkan engagement di Instagram selanjutnya yakni dengan memanfaatkan hashtag. Bila digunakan dengan benar, hashtag adalah saluran yang kuat untuk mencapai visibilitas yang lebih baik untuk brand Anda. 

Ada banyak saran untuk menggunakan hashtag agar jangkauan postingan Instagram Anda menjadi lebih luas dan audiens mudah menemukan konten Anda . Hanya saja, coba pertimbangkan lagi dengan matang. Semakin populer suatu hashtag, maka semakin banyak yang menggunakan. Penggunaan hashtag dalam jumlah berlebihan juga hanya akan membuat bingung audiens Anda.

Lebih baik, gunakan hashtag dalam jumlah sedikit, misalnya hanya satu atau dua hashtag populer saja, lalu kombinasikan dengan hashtag khas dan unik milik Anda sendiri.

4. Posting Konten dengan Format Video

Apabila Anda ingin audiens lebih lama menghabiskan waktu di akun Instagram Anda, maka postinglah konten dalam bentuk video. Pasalnya, ketika Anda hanya posting konten foto, biasanya audiens hanya melihat sebentar, kemudian berpindah ke postingan atau akun lainnya.

Sementara, kalau Anda memposting cerita dalam bentuk gambar yang bisa digeser ke kanan beberapa kali, dengan caption yang menarik, maka audiens akan dengan senang hati menghabiskan waktu lebih lama di feed Anda. Begitu pula yang terjadi kalau konten yang Anda unggah dalam bentuk video. Tentunya audiens Anda akan semakin betah berlama-lama untuk menonton video Anda.

5. Manfaatkan Fitur Instagram Story

Hingga saat ini, hampir seluruh pengguna Instagram melihat setiap Instagram Story yang ditampilkan pengguna lainnya. Fitur ini telah menjadi sesuatu yang sangat ampuh untuk media promosi.

Jangan lupakan untuk memanfaatkannya, karena Anda mungkin akan terkejut dengan hasil yang didapatkan. Terlebih jika Anda sudah memiliki 10 ribu pengikut, Anda bisa memanfaatkan fitur ‘Swipe Up’ untuk mempromosikan produk Anda dengan lebih efektif.

Dalam hal ini, Anda juga dapat beriklan dengan menampilkan Instagram Story Anda di luar cakupan followers yang dimiliki untuk menarik perhatian lebih luas.

Baca Juga: 5 Cara Mendapatkan Uang dari Instagram

Itu dia beberapa cara meningkatkan engagement Instagram yang patut Anda coba untuk mengembangkan bisnis Anda dengan lebih luas. Namun, apabila Anda masih merasa kesulitan untuk memulainya, ToffeeDev Digital Marketing Agency siap membantu Anda lewat jasa design social media untuk hasil yang optimal. Hubungi kami untuk konsultasi lebih lanjut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments

Kategori
Step bye step SEO
SEO Strategi E Book
RTT5VI1
336 x 280

Related Post