Pelajari 10 Cara Meningkatkan Penjualan di Instagram Dengan Mudah

Lebih dari satu miliar pengguna aktif bulanan mulai dari orang-orang biasa, penulis konten dan blogger, pemasar, dan pemilik bisnis, Instagram bukan hanya sekedar social media yang digunakan untuk berbagai foto, video singkat, atau keseharian Anda saja. Kini, aplikasi yang satu ini menjadi alat pemasaran dan bisnis yang powerful jika bisa dimanfaatkan dengan benar. Lalu seperti apakah cara meningkatkan penjualan di Instagram?

Untuk hal ini, Anda tidak bisa tergesa-gesa, kita harus memahami apa itu Instagram dan bagaimana pengaruhnya dalam kegiatan penjualan dan pemasaran. Jika sudah mengetahui hal tersebut, barulah kita bisa memabangun strategi yang efektif dan tepat sasaran. Oleh karena itu, mari kita coba pelajari salah satu platform yang sangat efektif saat ini untuk keperluan bisnis dan perusahaan.

Cara Meningkatkan Penjualan di Instagram

Instagram dapat memberikan Anda cara yang berbeda dan unik dalam menjangkau audiens, berbeda dibandingkan dengan platform sosial lainnya. Instagram menawarkan brand sebuah cara untuk bisa membangkun keterlibatan dan meningkatkan visibilitas melalui dialog yang unik dengan para pengguna Instagram. Anda dapat memanfaatkannya untuk mengembangkan bisnis dan mendapatkan keuntungan yang banyak. Jika Anda ingin mempertahankan pengikut Anda dan meningkatkan dampak yang bisa dihasilkan oleh bisnis pada niche Anda, maka membuat konten yang informatif dan mendapatkan keterlibatan yang cukup adalah salah satu caranya. Namun ada masih banyak cara untuk bisa mendapatkan pemasaran yang bagus melalui Instagram. Jika Anda melakukannya berdasarkan strategi yang efisien maka kesuksesan adalah hal yang mudah.

Untuk bisa mendapatkan kesuksesan menggunakan Instagram, berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan.

1. Membangun Profil yang Bagus

Jangan anggap remeh hal yang satu ini. Sebelum memulai berbagai macam hal untuk menggunakan Instagram sebagai sarana penjualan, bangun profil yang bisa membuat orang-orang percaya. Langkah yang paling pertama, ubah akun Anda menjadi akun bisnis atau Business Profile. Dengan melakukan hal ini, Anda sudah memberikan sebuah keyakinan jika akun ini benar-benar digunakan untuk berbisnis. Para follower atau calon pelanggan pun makin yakin dengan Anda.

Anda dapat menambahkan kontak yang bisa memudahkan orang-orang untuk menghubungi bisnis Anda. Selanjutnya Anda juga bisa mendapatkan akses untuk Insights, alat analisis data gratis dari Instagram untuk menilai kinerja Anda yang sangat cocok digunakan bisnis skala kecil yang masih terbatas dengan budget.

Baca Juga: 5 Tips Simple Meningkatkan Engagement Instagram

2. Kembangkan Interaksi yang Nyata dan Engage

Saat Anda ingin menghasilkan penjualan dari media sosial, baik itu Instagram atau platform lainnya, muncul dengan sesuatu yang otentik menjadi salah satu poin penting. Tunjukan jika Anda itu nyata.

Membeli pengikut, mengirim spam ke orang melalui pesan, dan memporting banyak konten dengan kualitas yang biasa saja akan dapat meningkatkan follower Anda, tetapi tidak satu pun dari mereka akan tahu siapa atau apa yang Anda lakukan, atau mereka tidak tahu apa yang ingin mereka beli. Hanya akan menjadi audiens palsu yang tidak bisa menghasilkan apapun. Alih-alih menerapkan taktik spam dan tidak menarik untuk menumbuhkan influence Anda di Instagram, bangun interaksi dengan pengikut yang nyata. Ciptakan konten yang memiliki value untuk mengundang berbagai macam bentuk interaksi dari mereka. 

Baca Juga: Reach vs Impression Instagram, Mana yang Lebih Penting?

3. Hashtag Sebagai Senjata yang Penting

Untuk menarik pelanggan dan meningkatkan penjualan Anda, hashtag yang relevan dengan apa yang ditawarkan akan bisa memberi dampak yang tidak disangka-sangka. Ketika menggunakan kombinasi hashtag yang tepat, target konsumen akan lebih mudah menemukan Anda. Metode ini akan bisa meningkatkan brand awareness yang tentunya sangat penting dalam dunia online. Namun hal ini tidak semudah kedengarannya, untuk bisa menghasilkan campuran yang tepat dari hashtag yang efektif ada banyak hal yang harus dilakukan.

Anda perlu menginvestasikan waktu dan usaha ke dalam penelitian yang ekstensif. Pastikan Anda menggunakan kombinasi yang seimbang antara hashtag unik dan umum dalam setiap postingan Instagram  Jangan takut untuk bereksperimen dengan berbagai macam kombinasi untuk melihat mana yang paling cocok untuk Anda. Bahkan jika memanfaatkan jasa dari influencer, minta mereka untuk menggunakan campuran hashtag yang sama untuk bisa menghasilkan apa yang diharapkan.

4. Instagram Ads Untuk Menjangkau Lebih Banyak Orang

Algoritma adalah salah satu hal yang harus diperhatikan. Setiap perubahan akan bisa saja membuat Anda lebih jauh dengan para pelanggan. Kompetisi juga hal yang dapat menjadikan postingan Anda hilang di tengah persaingan. Untuk mengatasi hal yang satu ini, Instagram Ads bisa menjadi salah satu cara untuk bisa mengatasi hal ini.

Setelah menyiapkan profil bisnis, iklan di Instagram adalah salah satu hal yang akan bisa Anda akses. Anda dapat memutuskan berapa banyak budget yang ingin dibelanjakan, di mana iklan dapat dilihat, dan berapa lama Anda ingin iklan itu berjalan. Instagram menyediakan berbagai pilihan penargetan, sehingga memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan bisnis bukanlah hal yang sulit. Menjalankan kampanye iklan Instagram tidak terlalu sulit, namun bagi yang masih belum paham seperti pemilik usaha kecil dan influencer yang belum pernah melakukan hal ini sebelumnya bisa ketar-ketir.  Cara termudah untuk menjalankan iklan adalah dengan mempromosikan postingan yang Anda bagikan di Instagram. Cukup pilih pos yang ingin Anda tingkatkan dan tekan tombol “Promote”.

Instagram akan secara otomatis menarik dan menentukan audiens serupa yang dapat melihat iklan Anda. Namun bisa juga membangun target Anda sendiri dengan memilih minat, rentang usia, dan jenis kelamin. Setelah menyiapkan audiens dan budget-nya, pastikan untuk melihat iklan Anda sekali lagi sebelum menekan “Confirm”.

Anda dapat memulai dengan budget yang kecil dan waktu yang singkat seperti beberapa hari untuk mengujinya. Untuk melacak bagaimana kinerja iklan Anda, klik “View Results” di sudut kiri bawah iklan Anda. Ingat, iklan Instagram belum tentu bisa menghasilkan apa yang diinginkan terus ubah dan tingkatkan kualitas postingan dan temukan audiens yang tepat hingga Anda berhasil. Satu tips untuk Anda, iklan terbaik untuk mendorong penjualan Instagram untuk bisnis adalah iklan yang menjelaskan dengan jelas cara melakukan pembelian.

Baca Juga: 6 Tips Instagram Ads agar Menarik Banyak Audience

5. Mengenal Fitur Instagram Story Ads

Salah satu fitur terbaru yang diperkenalkan dan bisa Anda manfaatkan untuk melakukan sebuah penjualan menggunakan Instagram adalah Story Ads. Fitur ini diperkenalkan pada bulan Maret 2017, menawarkan brand sebuah kesempatan berbayar lainnya untuk menjangkau lebih banyak orang. Iklan layar penuh yang imersif ini memungkinkan bisnis Anda menggunakan penargetan yang membuat iklan akan relevan secara pribadi dengan orang-orang yang ingin dijangkau.

Iklan Instagram pada beranda mungkin masih menjadi opsi yang populer, namun  iklan Instagram Story akan melihat pertumbuhan paling besar berdasarkan peningkatan penggunaan fitur berbagai foto dan video yang terbatas oleh waktu ini. Iklan ini muncul di antara Instagram Stories dari akun yang Anda ikuti dan dapat memberi dampak besar pada calon pelanggan. Akan terlihat tag kecil “Sponsored” di pojok kanan atas , lalu ada CTA yang berbunyi “Pelajari Lebih Lanjut” di bagian bawah iklan ini. CTA ini menjadi salah satu elemen yang bisa membuat iklan Anda dapat menghasilkan konversi, akan sangat baik jika bisa memaksimalkan hal yang satu ini. Anda memiliki pilihan dalam iklan Instagram, bisa berbentuk video atau foto. Apa pun yang Anda pilih, pastikan dapat menarik perhatian.

Instagram Stories telah menjadi cara yang bagus bagi bisnis untuk bisa menjalin hubungan yang lebih dengan para audiens, sekaligus menunjukan brand identity kepada para calon pelanggan. Fitur ini menawarkan Anda kesempatan untuk terhubung dengan para audiens setiap hari tanpa perlu memenuhi beranda mereka. Pastikan Anda tidak melewatkan kesempatan bagus ini untuk terhubung dengan pelanggan masa depan.

Jasa SEO

6. Jadwalkan Post Instagram Dengan Tepat

Menjadwalkan postingan Instagram akan bisa memberikan Anda sebuah keuntungan yang sangat berguna, tidak hanya sekadar menghemat waktu. Terlebih lagi, Instagram memiliki lebih dari satu miliar pengguna aktif bulanan dan 25 juta profil bisnis, sehingga persaingan untuk mendapatkan perhatian sangat ketat. Anda bisa menjadwalkan postingan Instagram melalui Creator Studio Facebook. Semuanya bisa dilakukan dari dasbor Creator Studio. Melalui alat ini, Anda bisa memotong gambar, menambahkan keterangan dan tag, mengatur lokasi dan menjadwalkan tanggal dan waktu untuk ditayangkan. Jika Anda memiliki lebih dari beberapa pos yang akan dipublikasikan, akan ada fitur antrean serta kemampuan untuk menjadwal ulang berdasarkan preferensi Anda.

Berikut cara menjadwalkan Postingan Instagram Anda dari Creator Studio:

  • Hubungkan akun Instagram Anda ke Creator Studio Anda.
  • Pilih konten yang ingin Anda jadwalkan, dari komputer Anda atau langsung dari Halaman Facebook Anda.
  • Edit gambar Anda (opsional)
  • Sertakan keterangan Instagram Anda dan tambahkan lokasi jika dibutuhkan
  • Pilih “Jadwal” dengan mengklik panah di sebelah kanan tombol “Terbitkan”.
  • Pilih tanggal dan waktu.

Anda juga bisa menggunakan aplikasi dari pihak ketiga untuk menjadwalkan postingan ini. Ada banyak pilihan Later, Buffer, Hootsuite, dan masih banyak lagi. Menjaga jadwal yang konsisten membantu Anda memaksimalkan engagement tanpa mengalami jeda. Memposting konten sesering mungkin bukan hal yang buruk, para audiens akan bisa melihat Anda setiap saat. Tetapi jika Anda ingin meraih hasil yang optimal dan efektif, maka memposting dengan waktu yang teratur akan bisa memberikan dampak yang lebih baik. Instagram adalah platform visual, dan dampak visual dari brand Anda tidak hanya dilihat dalam satu postingan.

Baca Juga: Tentukan Jadwal Post Instagram Untuk Hasil yang Maksimal

7. Pentingnya Influencer

Mikro, makro, atau influencer super besar akan bisa merubah bagaimana orang melihat Anda di Instagram. Para key opinion leader ini juga sangat bagus dalam mendatangkan atau menjangkau target audiens yang sebelumnya belum pernah tersentuh oleh Anda. Konsumen saat ini kurang mempercayai iklan tradisional, mereka lebih mempercayai “orang”. Penelitian dari Nielsen menunjukkan bahwa konsumen mempercayai rekomendasi pribadi dari pada iklan. Semakin mudah bagi pelanggan untuk membayangkan diri mereka menggunakan produk Anda, semakin mudah juga untuk menjual kepada mereka.

Penting bagi Anda untuk menghabiskan lebih banyak waktu memikirkan strategi dan sasaran kampanye sebelum memulai menggunakan jasa para influencer. Menyiapkan tujuan yang jelas akan bisa mendorong keputusan perencanaan awal dan membantu untuk menentukan mana yang paling cocok untuk kerjasama ini.

Saat bekerja dengan influencer, penting untuk membuat hal ini terasa sealami mungkin. Bila seorang Influencer hanya duduk di kursi untuk berbicara tentang betapa hebatnya produk Anda, kemungkinan besar hal ini akan terlihat sebagai sebuah iklan yang akan bisa dengan cepat membuat perhatian para audiens menghilang.

8. Caption yang Pas

Sebuah visual, mungkin belum cukup untuk menceritakan nilai atau hal yang ingin Anda sampaikan kepada para khalayak. Caption adalah elemen penting untuk setiap postingan yang ada di Instagram. Sebuah caption dapat berhasil atau menghancurkan sebuah postingan. Jika Anda memiliki gambar yang menarik, namun caption yang lemah, bisa saja tidak akan dilirik dan tidak menghasilkan engagement sama sekali. Hal ini adalah area yang harus Anda perhatikan. Caption sebenarnya bisa melakukan banyak hal. Pertama dan terpenting, itu bisa menciptakan sesuatu yang relate dengan para audiens. 

Kedua, caption juga bisa berfungsi sebagai sebuah call to action. Bukan berarti Anda harus memasang produk dan menjualnya di setiap postingan. Bisa juga menggunakan caption ini untuk dapat mendorong orang berinteraksi dengan brand Anda, seperti mengunjungi situs Anda atau melihat video promosi.

Baca Juga: 6 Tips Cara Membuat Caption untuk Instagram

9. User-generated Content adalah Ide yang Bisa Anda Coba

Konten yang diciptakan oleh pengguna adalah bentuk lain dari iklan word-of-mouth marketing. Para audiens yang sudah ada akan bisa membantu membuat konten yang menampilkan produk Anda. Tentu saja hal ini akan bisa membantu untuk mempromosikan produk atau jasa kepada pelanggan baru atau pengikut mereka.

Tetapi, belum tentu para pelanggan akan bersedia untuk membagikan berbagai macam gambar dari produk Anda tanpa adanya suatu dorongan. Untuk mendorong mereka, tawarkan hadiah atau insentif, seperti kesempatan untuk memenangkan sesuatu jika mereka memposting foto yang menampilkan produk atau hashtag Anda. Misalnya, sebuah kesempatan untuk bisa tampil di akun Instagram resmi Anda, atau hadiah gratis, diskon, ataupun gift card. Pastikan Anda bisa mendorong mereka untuk menciptakan konten menarik yang tentunya bisa menjadi kendaraan Anda dalam mempromosikan produk atau jasa melalui Instagram.

10. Diskon dan Hadiah Khusus Di Instagram

Menawarkan diskon atau hadiah adalah salah satu cara paling efektif untuk bisa meningkatkan penjualan melalui Instagram. Ini adalah metode yang hemat biaya untuk mempromosikan produk Anda dan merasakan peningkatan penjualan. Melalui metode ini, awareness akan produk atau jasa Anda akan bisa semakin meningkat jika para pelanggan membagikan berita tentang penawaran ini kepada teman-teman mereka. Secara tidak langsung juga bisa semakin menambah engagement rate Anda juga. Hal ini bisa disampaikan melalui berbagai macam cara, visual, caption, atau melalui Stories. Pastikan Anda membuatnya dengan menarik agar bisa menarik perhatian dari target audiens.

Jika para pelanggan Anda menyukai hal ini, mereka tidak akan ragu untuk membicarakan brand dan mempromosikannya. Untuk memberi penghargaan kepada pelanggan setia tersebut, tambahkan hadiah khusus seperti penawaran menarik berbentuk diskon VIP atau hal-hal menarik lainnya. Jadi mereka akan selalu memperhatikan setiap postingan Anda agar tidak melewatkan hal ini.

Baca Juga: Macam-macam Strategi Promosi Bisnis yang Perlu Anda Ketahui

Meningkatkan penjualan di Instagram memang hal yang penting di jaman ini, namun untuk bisa semakin memantapkan bisnis Anda, gunakan  Jasa SEO dari Digital Marketing Agency ToffeeDev. Kami siap menjadi mitra yang membantu dalam menyukseskan rencana pemasaran bisnis yang sudah disusun. Tidak perlu ragu lagi untuk menggunakan jasa kami. Kunjungi website kami untuk mendapatkan informasi lainnya yang lebih lengkap serta memulai untuk konsultasi mengenai digital marketing bisnis Anda di sini

Share This Article

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments

Step bye step SEO

Related Post

WhatsApp chat