7 Cara Menjadi Influencer TikTok

Cara Menjadi Influencer TikTok

Ada banyak cara menjadi influencer TikTok yang dapat Anda lakukan, mulai dari mengunggah secara reguler hingga memanfaatkan algoritma. TikTok sendiri memang merupakan salah satu platform media sosial yang pertumbuhannya sangat tinggi. Sudah ada banyak sekali orang yang aktif menggunakan TikTok setiap harinya.

Melalui artikel ini, Anda akan mempelajari secara mendalam mengenai bagaimana cara menjadi influencer TikTok yang sukses. Namun sebelum itu, Anda harus mengetahui apa itu influencer TikTok terlebih dahulu. Mari simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Apa Itu Influencer TikTok?

Apa Itu Influencer TikTok

Influencer TikTok adalah orang yang memiliki akun TikTok dengan banyak pengikut, mulai dari ratusan ribu hingga jutaan, dan pengaruh yang besar terhadap pengikutnya. Influencer TikTok telah membangun akun mereka ke titik di mana merek dan perusahaan akan membayar mereka untuk mempromosikan produk merek tersebut atau kampanye yang sedang berjalan.

Algoritma yang unik dari TikTok membuat konten yang Anda buat lebih mudah untuk muncul di FYP (For Your Page), sejenis beranda dari TikTok, orang-orang dengan waktu yang singkat. Walaupun begitu, persaingannya yang ketat tentu saja membuatnya tidak mudah untuk mendapatkan pengikut yang setia.

Ada banyak sekali faktor yang dapat membuat konten tertentu lebih unggul daripada konten lainnya dan lebih diminati oleh banyak orang. Beberapa faktor yang memengaruhi tingkat popularitas sebuah konten antara lain: jenis video, editing, isi konten, hingga penulisan caption dan penggunaan tag.

Selain itu, TikTok juga memiliki program kemitraan yang disebut TikTok Creator Fund, di mana aplikasi tersebut akan membayar pembuat konten untuk membuat konten di TikTok. Untuk bergabung dengan program tersebut, Anda memerlukan setidaknya 100.000 pengikut dan setidaknya 100.000 penayangan video dalam 30 hari terakhir.

Baca Juga: Pengertian Dan Cara Menjadi Seorang Beauty Influencer

7 Cara Menjadi Influencer Tiktok

Menjadi Influencer Tiktok

Pengguna TikTok yang makin bertambah setiap harinya membuat platform media sosial yang satu ini makin diminati oleh banyak merek dan perusahaan untuk memasarkan produknya. Oleh karena itu, mereka pasti akan mencari influencer TikTok yang sukses untuk bekerja sama. Berikut ini adalah beberapa cara menjadi influencer TikTok sukses yang dapat diajak kerja sama oleh merek atau perusahaan.

1. Tentukan Niche

Pada semua media sosial, niche memang merupakan aspek penting yang harus dimiliki oleh setiap influencer. Namun, hal tersebut akan lebih penting lagi ketika berada di TikTok. Anda harus menemukan dan menentukan niche dan benar-benar mengikutinya; makin spesifik niche yang dipilih akan makin baik.

Sebagai contoh, Anda ingin menjadi fashion influencer di TikTok. Hal tersebut masih dianggap terlalu tidak jelas atau samar di TikTok. Jadi, sebagai gantinya, temukan apa yang membuat Anda benar-benar menonjol daripada yang lain; Anda membuat ulang outfit Pinterest untuk tubuh ukuran sedang, mendesain pakaian sendiri, atau mencoba membuat pakaian lama terlihat lebih modern.

Anda juga dapat mencoba menggabungkan dua niche sekaligus di TikTok. Tidak peduli seberapa spesifik niche Anda, pasti akan ada audiens di luar sana yang haus akan konten itu. Sebagai contoh, Anda dapat menggabungkan anime dan fashion, seperti mencoba pakaian yang digunakan karakter anime.

Baca Juga: 3 Perbedaan KOL dan Influencer

2. Buat dan Siapkan Profil TikTok yang Unik

TikTok menawarkan akun untuk merek dan kreator. Namun, seorang influencer memerlukan akun kreator, sedangkan merek membutuhkan akun bisnis. Setelah membuat akun, Anda perlu mengatur profil dengan mengisi beberapa detail seperti:

  • Bio
  • Foto Profil
  • Video profil

Menambahkan detail di atas secara unik dapat meninggalkan kesan bahwa Anda menarik pada calon pengikut. Dengan begitu, mereka akan lebih yakin untuk mengikuti akun TikTok Anda.

3. Kenali Audiens

Selain niche, Anda juga harus mengetahui audiens apa yang ingin ditargetkan. Penyampaian, editing, serta jenis konten yang Anda buat harus menyesuaikan dengan audiens yang ditargetkan. Sebagai contoh, anak muda akan lebih senang dengan konten yang kasual dan ringan. Jadi, Anda harus menyesuaikan konten yang dibuat dengan target audiens yang dipilih.

4. Unggah Konten Secara Berkala

Algoritma dari TikTok akan memastikan bahwa makin banyak konten yang diunggah, maka akan makin tinggi pula kemungkinannya untuk muncul di FYP orang lain. Oleh karena itu, Anda harus mengunggah konten secara berkala. Tidak hanya itu saja, pastikan juga Anda mempromosikan konten tersebut, seperti menyebarkan tautannya di media sosial lain.

Jasa SEO

5. Unggah Konten yang Relevan

Sekadar mengunggah konten secara berkala saja tidak cukup, Anda juga harus membuat konten yang memang relevan. Orang-orang akan lebih menyukai konten yang dapat merepresentasikan diri mereka atau keadaan yang sedang terjadi sekarang. Sebagai contoh, ketika gelaran Piala Dunia sedang berlangsung, seorang makeup influencer dapat memberikan rekomendasi looks untuk menonton Piala Dunia.

6. Terlibat dengan Audiens

Audiens merupakan aspek penting yang dapat memberikan Anda status sebagai seorang influencer di TikTok. Makin banyak audiens yang dimiliki, maka akan makin besar juga pengaruh yang dapat disebarkan. Oleh karena itu, Anda harus terlibat dengan audiens, seperti membalas komentarnya, menyukai komentar, atau bahkan melakukan kolaborasi sesekali dengan audiens.

Baca Juga: 5 Cara Menggunakan Hashtag Social Media Untuk Menarik Audiens

7. Terima Endorsement

TikTok memang memiliki program TikTok Creator Fund yang akan membayar Anda ketika membuat konten. Namun, tidak ada salahnya untuk menerima endorsement secara langsung. Dengan menerima endorsement, itu menunjukkan bahwa Anda sudah dianggap memiliki pengaruh yang besar oleh merek dan perusahaan di luar sana.

Cara menjadi influencer TikTok itu mudah, kan? Boost TikTok Anda sekarang juga dengan menggunakan jasa Ads dari ToffeeDev dan tingkatkan keuntungan bisnis dengan signifikan. Silakan hubungi ToffeeDev untuk informasi lebih lanjut.

Share this post :

Scroll to Top
WhatsApp chat