Bagaimana Cara Riset Hashtag Instagram yang Benar?

cara riset hashtag instagram

Apakah Anda ingin mencari tahu bagaimana cara riset hashtag Instagram yang benar? Memangnya, mengapa kita membutuhkan hashtag setiap kali mengunggah sesuatu di Instagram?

Hashtag atau yang biasa kita lihat dengan simbol tanda pagar (#) kemudian diikuti dengan kata-kata, merupakan fitur yang digunakan oleh Instagram untuk mengelompokkan kata kunci tertentu. Jadi misalnya, Anda menyukai segala postingan yang berbau fotografi dan untuk mencari postingan tersebut bisa melalui hashtag dengan kategori #photographer, #photography, #Canon, #Nikon, dan lain sebagainya.

Apakah penting untuk menggunakan hashtag? Mengapa Anda harus menggunakan hashtag untuk segala postingan yang diunggah di Instagram.

Bagi para pemilik Instagram yang menggunakannya untuk kepentingan bisnis, tentu saja mengharapkan adanya peningkatan followers yang dapat berujung pada peningkatan penjualan. Berbagai cara dapat dilakukan tentunya untuk mendatangkan followers ke Instagram bisnis tersebut.

Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan mengunggah konten secara rutin agar algoritma Instagram melihat keaktifan dari suatu akun Instagram bisnis. Namun, tentu saja cara itu tidaklah cukup untuk meningkatkan followers karena audiens yang melihat postingan tersebut hanyalah pengguna Instagram yang sudah mengikuti Instagram tersebut atau pelanggan loyal.

Lalu, bagaimana cara untuk menarik calon pelanggan atau mereka yang masih belum mengikuti Instagram bisnis Anda? Tentu saja caranya adalah dengan menggunakan hashtag.

Apabila Anda melihat ke bagian fitur pencarian, audiens dapat menggunakan fitur tersebut tidak hanya untuk mencari pengguna Instagram tertentu namun juga postingan berdasarkan hashtag-nya. Mereka dapat mencari postingan sesuai dengan kategori yang informasi yang ingin diketahui.

Mengingat betapa pentingnya fungsi hashtag tersebut, maka Anda perlu mengetahui bagaimana cara melakukan riset dan memilih hashtag yang tepat. Maka dari itu, melalui artikel ini, ToffeeDev akan berbagai informasi mengenai cara melakukan riset hashtag dan bagaimana cara penggunaan hashtag dengan tepat agar Instagram Anda dapat menghasilkan keuntungan yang lebih tinggi lagi.

5 Cara Riset Hashtag Di Instagram untuk Postingan Anda

cara riset hashtag instagram yang benar

Untuk menemukan hashtag yang tepat, tentu saja ada berbagai macam cara yang dapat Anda lakukan. Di bawah ini, Anda akan menemukan 5 cara untuk melakukan riset hashtag di Instagram dengan tepat, yaitu:

1. Melakukan Riset Melalui Fitur Pencarian Di Instagram

Cara pertama yang dapat Anda lakukan dalam melakukan riset hashtag Instagram yang tepat adalah dengan menggunakan fitur pencarian yang ada di Instagram. Seperti yang telah kami informasikan sebelumnya, fitur pencarian di Instagram tidak hanya dapat digunakan untuk mencari akun Instagram seseorang namun juga hashtag atau kategori postingan yang ingin diketahui oleh audiens.

Pada fitur pencarian hashtag tersebut, Anda dapat melihat berapa banyak total postingan yang menggunakan hashtag tersebut. Dengan mengetahui tingginya jumlah postingan yang menggunakan hashtag tertentu, Anda dapat memperkirakan seberapa ketat persaingan untuk postingan yang akan menggunakan hashtag tersebut.

Algoritma Instagram tidak hanya melihat keaktifan suatu akun Instagram saja namun juga penggunaan hashtag-nya. Apabila Anda menggunakan hashtag yang relevan dan juga memiliki isi konten yang berkualitas, Instagram akan memunculkan postingan tersebut kepada lebih banyak audiens melalui fitur explore yang sesuai dengan target yang sudah ditentukan.

Untuk melakukan riset hashtag melalui fitur pencarian di Instagram, Anda cukup memasukkan kata kunci yang sesuai dengan Instagram bisnis yang dijalankan. Selanjutnya, Anda dapat mendata hashtag apa saja yang sering dicari atau digunakan untuk kemudian digunakan pada konten yang akan diunggah di Instagram.

Baca Juga: Seperti Inilah Cara Membuat Hashtag Untuk Media Sosial Bisnis Anda

2. Mengecek Hashtag yang Digunakan oleh Kompetitor

Kompetitor Anda tentunya memiliki Instagram yang digunakan untuk mempromosikan bisnis mereka, bukan? Anda tentu saja dapat mempelajari apa saja hashtag yang Instagram kompetitor gunakan untuk meraih target audiens yang sama.

Galilah informasi mengenai berbagai Instagram yang dapat dikategorikan sebagai kompetitor dari bisnis Anda. Carilah referensi mengenai target audience yang mereka tuju, bagaimana konten yang dibuat, dan tentunya hashtag apa saja yang digunakan.

Bagi Anda yang baru saja terjun ke dunia digital marketing khususnya Instagram, tentu saja ada banyak hal yang harus dipelajari terlebih dahulu. Anda harus pintar dalam menggali informasi mengenai Instagram kompetitor.

Setelah Anda mendapatkan informasi yang dibutuhkan, kelola informasi tersebut menjadi strategi digital marketing yang baik. Dengan demikian, bisnis Anda akan dikenal oleh orang banyak yang terhubung melalui internet.

3. Mengecek Hashtag yang Diikuti oleh Influencer

Anda tentu tahu apa itu istilah influencer, bukan? Influencer merupakan orang-orang yang dapat memberikan pengaruh kepada masyarakat khususnya melalui media sosial seperti Instagram.

Segala hal yang dilakukan oleh influencer tentu akan disorot oleh pengguna Instagram, khususnya penggemar mereka. Tidak tanggung-tanggung, jumlah followers yang biasanya para influencer miliki bisa mencapai ratusan ribu hingga jutaan.

Jutaan followers tersebut akan mengikuti segala sesuatu yang influencer tersebut lakukan. Misalnya, apabila seorang influencer memperkenalkan sebuah produk, maka pengikutnya akan tertarik untuk mencoba produk yang digunakan oleh influencer tersebut.

Dalam hal ini pun, followers juga akan melihat siapa saja akun Instagram yang diikuti oleh seorang influencer dan tentu saja, mereka juga akan melihat hashtag apa saja yang diikuti. Dari sini, Anda bisa mencari tahun hashtag apa saja yang diikuti oleh influencer tersebut.

Setelah Anda mengetahui apa saja hashtag yang diikuti oleh para influencer, kemaslah hashtag tersebut ke dalam bentuk konten kreatif. Dengan demikian, semua orang mulai dari influencer dan juga pengikutnya akan tertarik untuk melihat konten yang Anda sajikan melalui hashtag.

Kehadiran influencer ini tentu saja sangat membantu perkembangan dunia digital marketing dengan jasa yang mereka tawarkan yaitu endorse. Jasa tersebut dapat digunakan oleh para pemilik bisnis untuk bekerjasama dengan influencer agar mereka dapat mempromosikan produk atau jasa yang ingin ditawarkan kepada masyarakat.

Dengan adanya influencer, Anda dapat mencoba untuk bekerjasama dengan mereka untuk mempromosikan produk atau jasa yang ingin diperkenalkan kepada masyarakat luas. Anda dapat menjangkau para pengikut dari para influencer tersebut untuk menjadi calon pelanggan.

Bekerjasama dengan influencer merupakan salah satu strategi digital marketing yang dapat digunakan untuk meningkatkan brand awareness bisnis Anda melalui Instagram. Tentu saja, peningkatan brand awareness dapat membawa bisnis Anda kepada pendapatan yang lebih tinggi lagi.

Baca Juga: Cara Riset Hashtag Instagram dengan Mudah untuk Meningkatkan Penjualan

4. Gunakan Hashtag pada Top Post

Pada poin pertama, Anda sudah mengetahui bahwa riset hashtag dapat dilakukan dengan memanfaatkan fitur pencarian pada Instagram. Namun, perlu Anda ketahui bahwa dalam fitur pencarian hashtag, ada 2 kategori hasil pencarian yang bisa ditemukan yaitu recent post dan top post.

Recent post menampilkan postingan yang paling terbaru dari hashtag yang dicari. Sedangkan top post menampilkan postingan berdasarkan konten yang paling relevan dengan suatu hashtag.

Postingan Anda tentu akan muncul pada recent post namun tentu saja tidak akan bertahan lama karena postingan baru yang diunggah akan menempati posisi konten tersebut. Oleh karena itu, goal dari penggunaan hashtag tersebut adalah untuk menempatkan konten Anda pada bagian hasil pencarian top post.

Cobalah lakukan riset pada hasil pencarian top post berdasarkan dengan hashtag yang ingin Anda gunakan. Cek konten yang mereka buat dan jadikan sebagai referensi dalam membuat konten untuk Instagram bisnis Anda.

Selain isi kontennya, Anda juga dapat melihat hashtag seperti apa saja yang mereka gunakan di dalam kontennya. Dengan demikian, Anda dapat memasukkan berbagai hashtag seperti yang digunakan oleh para content creator lainnya di Instagram.

Jasa SEO

5. Menggunakan Analytic Tools

Kalau berbicara mengenai digital marketing, pasti ada berbagai analytic tools yang tersedia dan tentunya dapat memudahkan Anda dalam menyusun strategi pemasaran di dunia digital secara efektif. Analytic tools ini dapat membantu Anda untuk menemukan data secara akurat mulai dari performa konten, hingga hashtag apa saja yang sedang populer saat ini.

Dengan menggunakan analytic tools, waktu yang diperlukan untuk riset dan mengumpulkan data akan menjadi lebih cepat serta Anda dapat meminimalisir terjadinya human error. Beberapa analytic tools yang tersedia bisa Anda manfaatkan secara gratis maupun berbayar dengan tambahan fitur yang dapat diakses kapanpun.

Baca Juga: 18 Rekomendasi Social Listening Tools yang Cocok Untuk Bisnis Anda

Bagaimana Cara Menggunakan Hashtag Di Instagram?

cara menggunakan hashtag instagram

Setelah Anda mengetahui cara untuk melakukan riset hashtag Instagram, selanjutnya informasi yang perlu diketahui adalah bagaimana cara menggunakan hashtag di Instagram. Penggunaan hashtag di Instagram tidak bisa sembarangan.

Untuk menggunakan hashtag dengan tepat, berikut ini ada 3 cara yang dapat Anda ikuti, yaitu:

1. Sesuaikan dengan Isi Konten

Hal pertama yang perlu diperhatikan dalam penggunaan hashtag adalah sesuaikan dengan isi konten. Penggunaan hashtag yang tidak relevan dengan isi konten akan berdampak pada hasil penilaian algoritma Instagram dan bahkan dapat dianggap sebagai spam.

Oleh karena itu, Anda dapat melakukan riset hashtag yang sedang populer untuk kemudian dijadikan sebagai konten atau sebaliknya. Anda dapat membuat konten yang sesuai dengan keperluan promosi bisnis terlebih dahulu kemudian mencari hashtag apa saja yang bisa digunakan sesuai dengan konten tersebut.

2. Cantumkan Beberapa Hashtag

Perlu diketahui, dalam sebuah postingan di Instagram, Anda dapat mencantumkan beberapa hashtag turunan atau hashtag yang masih relevan dengan konten yang disajikan. Sebagai contoh, Anda ingin menggunggah konten bertemakan hari raya Lebaran, maka hashtag yang dapat digunakan dapat berupa #lebaran, #harirayalebaran, #idulfitri, #ramadhan, dan sebagainya.

Baca Juga: 5 Cara Menggunakan Hashtag Social Media Untuk Menarik Audiens

3. Buat Hashtag Khusus

Selain mencantumkan hashtag umum, Anda juga perlu membuat hashtag khusus. Misalnya, bisnis Anda bergerak dibidang distributor alat rumah tangga, maka bisa membuat hashtag seperti #AlatRumahTanggaBerkualitas atau mungkin menjadikan tagline perusahaan sebagai hashtag.

Mengapa Anda perlu menggunakan hashtag khusus? Hal ini dikarenakan hashtag khusus dapat meningkatkan brand awareness.

Dengan adanya brand awareness, bisnis Anda akan lebih dikenal di dunia digital, khususnya Instagram. Maka dari itu, Anda perlu menambahkan hashtag khusus ke dalam setiap postingan atau jika ingin melakukan sebuah campaign.

Jadi, itulah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai cara riset hashtag Instagram yang benar dan juga bagaimana cara penggunaannya. Apabila Anda ingin berkonsultasi terkait kegiatan pemasaran bisnis di dunia digital, silakan hubungi ToffeeDev sekarang juga yang merupakan Digital Marketing Agency terkemuka di Indonesia dan tim kami akan membantu untuk menemukan strategi terbaik dalam meningkatkan bisnis Anda secara online.

Share this on :

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Follow Us

Scroll to Top
WhatsApp chat