Belajar SEO YouTube Mulai Hari Ini, Yuk!

Konten Video Berkualigtas

Dari semua jenis produk Google yang digunakan oleh masyarakat, masing-masing memiliki peminatnya yang berbeda. Namun jika berbicara mengenai mana yang paling banyak digunakan untuk mencari hiburan, maka pada saat ini, nama YouTube menjadi pemenangnya. YouTube tidak hanya menjadi penghibur di kala senggang saja, tetapi pada saat ini, semakin banyak orang yang sadar bahwa dengan membuat video yang berkualitas dan diunggah di YouTube, maka bisa mendatang pundi-pundi uang.

Semakin hari, semakin banyak orang yang mengerti tentang bagaimana menggunakan YouTube sebagai media mencari pendapatan. Terlihat dari banyaknya masyarakat yang telah menjadi YouTuber atau yang bercita-cita menjadi YouTuber. Sayangnya tidak banyak yang mengetahui kalau YouTube bisa dioptimasi menggunakan SEO. Padahal saat ini, SEO menjadi satu strategi yang patut untuk dilakukan agar lebih banyak mendapatkan pengunjung di dalam website, termasuk di dalam video YouTube Anda.

Bagi yang ingin belajar SEO YouTube, tenang saja. Di artikel ini, semuanya akan dibahas secara mendalam dan terperinci agar bisa memberikan Anda pengetahuan lebih dalam optimasi channel YouTube.

Lakukan Riset Keyword

Keyword Research
Keyword Research

Jika Anda berpikir kalau belajar SEO YouTube tidak perlu mencari keyword, Anda salah besar. Walaupun membuat konten dalam bentuk video, bukan artikel (yang biasanya lebih sering digunakan dalam SEO), tetap saja membutuhkan riset keyword. Untuk riset keyword ini sendiri, sebaiknya Anda fokus ke tema yang memang Anda bawa di dalam channel YouTube Anda. Kalau Anda sering membahas soal teknologi, coba cari keyword yang sekarang sedang naik daun dalam teknologi. Begitu juga untuk topik-topik lainnya. Semakin banyak search volume dari keyword yang digunakan, semakin mudah juga untuk mendapatkan penonton karena ujung-ujungnya, video Anda bisa muncul di mesin pencari Google ketika ada orang yang sedang mencari keyword yang sama di sana. Bagi yang ingin mencari keyword, bisa menggunakan beberapa tools seperti SEMrush, Ubersuggest, dan ekstensi di browser seperti keywords Everywhere.

Tentukan Judul dan Deskripsi Video

 

Video Description

Judul dan deskripsi video termasuk bagian penting dari belajar SEO YouTube. Untuk judul, sebaiknya jangan sampai lebih dari 50 karakter dan harus memasukkan keyword di sana. Sedangkan untuk deskripsi video, cobalah diisi dengan jumlah karakter di antara 200 hingga 350 karakter dengan kalimat yang mudah dimengerti dan informatif.

 

Cek Durasi Video

Content Duration
Content Duration

Agar bisa lebih mudah dalam mempertahankan orang menonton video Anda, cobalah untuk memperhatikan durasi video. Sebaiknya unggah video dengan total durasi 10 menit hingga 16 menit agar tidak dilihat sebagai video yang terlalu lama. Kalau memang memiliki video dengan durasi satu jam, cobalah untuk membaginya dalam empat hingga lima part.

 

Optimalkan KeywordTags

Keyword Tag

Di luar keyword yang utama, perlu juga melakukan optimasi keyword tags. Ini termasuk teknologi yang berguna agar video Anda bisa lebih mudah dicari sesuai dengan keyword tags. Untuk pencantuman keyword di satu tags, bisa menggunakan 2-3 frasa. Namun jika ingin mendapatkan performa yang lebih baik, 31-40 keyword tags yang berbeda. Tapi keyword tags yang digunakan harus tetap berhubungan dengan keyword utama.

Optimasi Menggunakan Embed & Link

Link Authority

Jika Anda memiliki blog atau website, jangan lupa untuk embed video di dalam laman website atau blog tersebut. Lengkapi juga dengan artikel yang menggunakan keyword sama seperti video sehingga optimasi bisa lebih optimal. Penggunaan link pun juga diperbolehkan agar semakin banyak link video YouTube Anda di internet.

Belajar SEO YouTube memang menyenangkan. Apalagi jika Anda memang bersungguh-sungguh untuk menjadi YouTuber sambil melakukan optimasi sesuai trik-trik yang telah dijelaskan di atas. Cita-cita Anda menjadi YouTuber bisa lebih mudah untuk tercapai dengan usaha yang lebih besar pula. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda!

 

Share this post :

Tingkatkan Traffic, Tingkatkan Penjualan!

Dapatkan Konsultasi Gratis bersama ToffeeDev!
Scroll to Top
WhatsApp chat