4 Ide Bisnis Kecantikan yang Wajib Anda Coba!

ide bisnis kecantikan

Saat ini, baik pria maupun wanita, mulai banyak orang yang menyadari pentingnya merawat diri dan kecantikan. Oleh karenanya, berbagai ide bisnis kecantikan saat ini menjadi salah satu peluang yang menguntungkan. Pada dasarnya kecantikan tak hanya seputar wajah saja, tetapi juga seluruh badan yang dapat memengaruhi penampilan mulai dari rambut hingga kaki.

Dari waktu ke waktu, permintaan terhadap pelayanan mempercantik diri seperti salon atau penjualan produk skincare dan make up semakin meningkat. Namun, hal ini tentu membutuhkan keahlian dan kemampuan dalam pengelolaan bisnis sekaligus kecantikan dan kosmetik yang baik. Untuk itu, kenali dahulu tentang bisnis kecantikan melalui artikel berikut ini. 

Apa yang Dimaksud Bisnis Kecantikan?

Setiap orang pasti ingin tampil cantik dan menarik sesuai dengan kriteria masing-masing. Beberapa orang bahkan memilih untuk menyerahkan urusan penampilannya pada seorang ahli atau bahkan rela mengeluarkan biaya yang tak sedikit untuk sebuah produk kosmetik. Dalam hal ini, dapat dikatakan bahwa bisnis kecantikan merupakan peluang bisnis yang baik. 

Bisnis kecantikan sendiri adalah segala jenis usaha yang berkaitan dengan produk atau jasa kecantikan untuk mempercantik penampilan. Bisnis kecantikan mencakup berbagai macam bidang seperti perawatan wajah, rambut, kuku, tubuh, makeup, dan masih banyak lagi. 

Bisnis kecantikan terus berkembang dari waktu ke waktu dan menjadi salah satu industri yang paling banyak diminati. Pasalnya, sejak dahulu berbagai bisnis kecantikan memang selalu menarik minat masyarakat. Bahkan, jika sebelumnya hanya wanita saja, sekarang pria pun juga telah memahami bahwa merawat penampilan agar tetap menarik merupakan hal penting. 

Sebab itu, dapat dikatakan bahwa target pasar dari industri ini semakin luas. Hal ini juga menjadi bukti bahwa industri kecantikan memiliki potensi keuntungan yang besar karena permintaan pasar yang terus meningkat.

Tidak hanya produk-produk kosmetik yang menjadi fokus utama dalam bisnis kecantikan, tetapi juga terdapat jasa-jasa kecantikan seperti salon, spa, dan klinik kecantikan yang dapat membantu mengatasi masalah secara langsung oleh tenaga ahli dan profesional. Bisnis kecantikan sendiri pada dasarnya mencakup semua hal yang dapat membuat penampilan seseorang menjadi lebih menarik dan meningkatkan kepercayaan diri.

Apa Saja yang Tergolong Bisnis Kecantikan?

Ada banyak sekali ide bisnis kecantikan yang bisa Anda pilih sebagai peluang usaha untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal. Namun, seluruh ide bisnis tersebut terbagi pada beberapa golongan atau kategori. Berikut ini adalah beberapa jenis bisnis kecantikan yang tergolong dalam industri kecantikan:

1. Produk Kecantikan

Produk kecantikan adalah salah satu bagian terbesar dalam bisnis kecantikan. Produk kecantikan ini dapat berupa make up, skincare, perawatan rambut, perawatan kuku, perawatan tubuh, dan masih banyak lagi. Jika memilih untuk menyediakan produk kecantikan ini, Anda dapat melakukan penjualan secara online maupun offline.

2. Jasa Kecantikan

Jenis bisnis kecantikan yang kedua adalah jasa kecantikan yang mencakup segala jenis perawatan kecantikan seperti salon, spa, klinik kecantikan, hingga barbershop bagi pria. Namun perlu diperhatikan bahwa menjalankan bisnis jasa kecantikan diperlukan keahlian dan kemampuan khusus dalam hal perawatan tubuh. 

Baca Juga: Ketahui 7 Cara Mengidentifikasi Target Pemasaran Produk UMKM

3. Media Kecantikan

Media kecantikan merupakan jenis bisnis kecantikan yang tidak terjun langsung dalam mengubah penampilan seseorang, tetapi membantu memberikan informasi, inspirasi, dan tak jarang rekomendasi produk. Media kecantikan ini biasanya berupa majalah kecantikan, situs web, blog, vlog, hingga podcast. 

Media kecantikan merupakan sumber informasi bagi konsumen tentang trend kecantikan terbaru, produk baru, dan tips kecantikan. Tak jarang, beberapa media kecantikan juga dilengkapi oleh dokter ahli atau orang yang memahami bidang tersebut untuk memastikan bahwa informasi yang dibagikan benar. 

Bagaimana Cara Memulai Bisnis Kecantikan?

Sejauh ini, apakah Anda sudah semakin yakin untuk memulai bisnis kecantikan? Tentu bukan hal yang mudah, Anda perlu memahami cara dan langkah yang tepat. Berikut ini adalah beberapa cara untuk memulai bisnis kecantikan yang bisa Anda terapkan:

1. Riset Pasar

Riset pasar dilakukan untuk mengetahui kebutuhan konsumen dan persaingan di pasar kecantikan. Dalam melakukan riset pasar, Anda perlu mengumpulkan data dan informasi dari berbagai sumber tentang barang dan jasa kecantikan yang sudah ada mulai dari harga, kualitas, dan keunikan dari produk tersebut.

2. Menentukan Target Pasar

Niche market atau target pasar adalah langkah penting yang harus dilakukan sebelum memulai bisnis. Menentukan siapa yang akan dituju berdasarkan kategori yang sesuai dengan produk yang dijual dapat digunakan untuk menentukan banyak hal. 

Contohnya seperti strategi pemasaran, jenis produk, bentuk packaging atau desain tempat, dan lain sebagainya. Target pasar ini dapat diidentifikasi dari kebutuhan pasar yang belum terpenuhi atau segmen pasar yang tertarik pada jenis barang atau jasa tertentu.

Baca Juga: 6 Ide Postingan Instagram Menarik dan Unik untuk Bisnis

3. Menentukan Model Bisnis

Model bisnis yang dapat dipilih dalam bisnis kecantikan meliputi produksi dan distribusi produk, menjual jasa kecantikan, atau kombinasi dari keduanya. Sebagai contoh, jika memilih model bisnis produksi, maka Anda membutuhkan investasi untuk produksi, pengemasan, dan distribusi produk. Sedangkan jika Anda memilih model bisnis jasa kecantikan, maka dibutuhkan investasi pada peralatan, tempat, dan staf yang terampil.

4. Menyusun Rencana Bisnis

Setelah melakukan beberapa langkah di atas, bagian selanjutnya yang tak kalah penting adalah menyusun rencana bisnis. Rencana bisnis berisi visi, misi, strategi, target pasar, produk atau jasa yang akan ditawarkan, sumber daya manusia, anggaran, dan proyeksi keuntungan. Jangan lupa juga untuk mengajukan perizinan yang legal atas bisnis usaha Anda baik berupa barang maupun jasa.

banner

4 Ide Bisnis Kecantikan di Tahun 2023

Tak hanya menyediakan make up dan skincare saja, ide bisnis kecantikan juga dapat dimulai dengan jenis bisnis yang menyediakan jasa. Jika bingung menentukan yang sesuai dengan kemampuan atau keinginan Anda, berikut merupakan ide bisnis kecantikan yang menjanjikan di tahun 2023 yang bisa dicoba:

1. Membuat Brand Make Up atau Skincare

Bisnis kecantikan yang menjanjikan adalah membuat brand make up atau skincare. Saat ini banyak sekali produk lokal yang mulai menarik minat masyarakat. Hal ini karena setiap produk yang tercipta memenuhi kebutuhan mereka dan memiliki keunikan tersendiri. 

Produk-produk make up atau skincare yang berkualitas dan unik menjadi pilihan bagi masyarakat. Dalam hal ini, Anda perlu mempertimbangkan target pasar yang ingin dituju, formula produk, kemasan, dan branding.

2. Salon dan Spa

Selanjutnya, Anda juga bisa memulai bisnis dalam penyediaan jasa perawatan tubuh seperti salon dan spa. Jenis usaha yang satu ini sejak dahulu hingga sekarang, menjadi ide bisnis yang menguntungkan sebab selalu ramai. Hal ini tentu didukung dengan pelayanan yang baik dan penggunaan produk yang berkualitas agar menciptakan kepuasan pelanggan. 

Menjalankan bisnis salon dan spa perlu mempertimbangkan kebutuhan dan menciptakan pengalaman yang menyenangkan bagi pelanggan. Hal ini dapat dilakukan dengan menyediakan peralatan dan produk kecantikan terbaik, menerapkan teknik perawatan yang terbaru, dan mempekerjakan staf ahli.

Baca Juga: 10 Ide Bisnis untuk Pemula dengan Modal Minim

3. Nail Art dan Eyelash

Bisnis nail art dan eyelash dapat menjadi pilihan bagi konsumen yang ingin mempercantik tampilan kuku dan bulu mata. Dalam menjalankan bisnis nail art dan eyelash, perlu memperhatikan kualitas produk yang digunakan, keterampilan staf, dan pastikan untuk memberikan harga yang terjangkau.

4. Online Shop Skincare dan Make Up

Bisnis online shop skincare dan make up terus berkembang dari waktu ke waktu. Dalam menjalankan bisnis online shop, pastikan untuk melengkapi toko Anda dengan produk-produk yang dibutuhkan oleh pelanggan. 

Tak terkecuali barang-barang trend yang sedang banyak dicari. Selain itu, penting untuk memastikan bahwa seluruh barang yang dijual adalah asli atau original serta memperhatikan pelayanan dan pengiriman yang cepat dan aman.

Inovasi dan kreativitas menjadi kunci dalam memulai ide bisnis kecantikan. Di sisi lain, menentukan target pasar yang tepat dan memperhatikan kebutuhan konsumen juga menjadi faktor penting yang akan mempermudah bisnis kecantikan untuk berkembang. 

Terlepas dari struktur dan perencanaan bisnis yang baik, untuk mencapai target pasar tersebut, Anda membutuhkan strategi pemasaran yang baik. Saat ini, banyak orang yang menggantungkan hidupnya pada internet, tak terkecuali saat mencari informasi tentang produk atau prosedur kecantikan.

Hal tersebut berarti Anda harus memanfaatkan pemasaran digital dengan maksimal agar dapat mengembangkan bisnis Anda menjadi lebih besar. Bingung dan tak mengerti bagaimana untuk memulainya? Serahkan seluruh kebutuhan digital marketing bisnis Anda ke ToffeeDev.

ToffeeDev adalah digital marketing agency terkemuka di Indonesia yang memiliki berbagai jenis layanan pemasaran untuk mengoptimalkan iklan melalui desain yang menarik dan tepat sasaran. Siap mengembangkan bisnis Anda dengan mencapai lebih banyak calon pelanggan dan meraih keuntungan yang besar? Hubungi ToffeeDev sekarang juga!

Share this post :

Scroll to Top
WhatsApp chat