10 Ide Bisnis untuk Pemula dengan Modal Minim

ide bisnis untuk pemula

Peluang usaha bisa datang dari mana saja. Maka dari itu, jika Anda tertarik untuk mulai berbisnis sesuatu, maka sebaiknya lakukan saja. Sebab, berbisnis tidak harus selalu berangkat dari modal yang besar. Dengan modal yang kecil pun, Anda bisa mulai merintis bisnis sendiri. Seperti pepatah, sedikit demi sedikit, lama-lama jadi bukit. Ubahlah modal kecil yang Anda miliki saat ini menjadi jumlah yang jauh lebih besar dengan melakukan 10 ide bisnis untuk pemula berikut ini!

10 Ide Bisnis untuk Pemula 

Tak perlu ragu untuk mulai berbisnis! Cek 10 ide bisnis untuk pemula berikut ini dan cari mana yang paling menarik untuk Anda eksekusi sekarang juga!

1. Usaha Jastip

Usaha jastip atau jasa titip adalah ide bisnis untuk pemula yang tidak memerlukan modal besar. Bisnis ini cukup menarik, karena keuntungan yang Anda peroleh berasal dari uang yang dibayarkan dari jasa membelikan barang titipan tersebut. Namun, untuk menjalankan bisnis ini, Anda harus siap untuk selalu bepergian.

2. Dropshipper

Ide bisnis untuk pemula berikutnya adalah bisnis dropshipper. Dengan bisnis berbasis online ini, Anda akan berperan sebagai penjual sekaligus pembeli. Sederhananya, Anda hanya perlu membeli barang sesuai dengan pesanan, kemudian menyalurkannya ke pembeli. Praktis, tetapi mendatangkan untung besar!

3. Usaha Camilan

Usaha makanan ringan atau camilan adalah salah satu usaha yang tidak akan pernah mati. Apalagi, jika Anda menjual camilan murah meriah yang rasanya enak, dijamin pembeli pasti berdatangan!

4. Franchise atau Bisnis Waralaba

Bisnis franchise adalah usaha yang berbasis kerja sama atau kemitraan dengan perusahaan yang produknya sudah terkenal. Banyak orang menganggap usaha franchise membutuhkan modal yang besar. Pada kenyataannya, banyak bisnis frnachise yang hanya membutuhkan modal kecil. Usaha franchise juga tidak selalu tentang F&B. Kini, ada franchise jasa laundry, gas, kirim barang, bahkan tambal ban.

Baca Juga: Definisi dan Contoh Buyer Persona untuk Bisnis Anda

5. Thrift Shop

Ide bisnis untuk pemula yang satu ini cukup menarik dan tidak membutuhkan modal besar. Anda hanya perlu baju-baju bekas yang masih layak pakai saja! Bisnis seperti ini bisa Anda lakukan dengan modal marketing di media sosial atau e-commerce. Maka dari itu, usaha ini sangat cocok untuk anak-anak muda.

6. Jasa Les Privat

Berikutnya, ada ide bisnis yang sekaligus bisa membuat ilmu yang Anda peroleh semasa studi menjadi berguna, yaitu jasa les privat. Anda bisa memulainya dengan anak-anak tetangga di sekitar rumah. Bisnis ini sangat menguntungkan, karena saat ini banyak orang tua yang sibuk bekerja sehingga tidak punya waktu untuk menemani anak-anaknya belajar.

7. Bisnis Frozen Food

Frozen food adalah makanan praktis siap saji yang saat ini menjadi kebutuhan pokok masyarakat. Selain ibu-ibu yang tidak memiliki banyak waktu untuk memasak masakan rumahan, mahasiswa dan karyawan rantau juga membutuhkan frozen food sebagai lauk praktis dan ramah di kantong. Maka dari itu, Anda bisa mulai membuka usaha frozen food seperti ini. Modalnya pun bisa kecil-kecilan!

Baca Juga: Pemasaran Tidak Langsung dan Manfaatnya Bagi Bisnis

8. Jual Pulsa dan Paket Internet

Internet kini juga menjadi salah satu kebutuhan pokok masyarakat. Bahkan, saat ini anak-anak SD juga membutuhkan paket data untuk mengerjakan tugas sekolah di HP. Berjualan pulsa dan paket internet bisa Anda lakukan secara online dengan modal kecil. Oleh karenanya, usaha ini bisa menjadi ide bisnis yang patut Anda coba.

9. Jasa Laundry

Membuka jasa laundry bisa menjadi ide bisnis untuk pemula dengan modal yang kecil dan pasti untung. Pasalnya, Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk sewa tempat, produksi, dan sebagainya. Anda hanya perlu mesin cuci kecil, setrika, parfum laundry, dan biaya listrik bulanan. Selain itu, Anda juga bisa membuka jasa laundry koin. Laundry koin seperti ini justru jauh lebih mudah dan menguntungkan. Anda hanya perlu duduk manis sambil mengawasi orang-orang yang datang untuk mencuci baju di tempat Anda.

10. Bisnis Warung Kopi

Banyak orang yang gengsi karena punya usaha warkop atau warung kopi. Padahal, ide bisnis untuk pemula satu ini cukup menguntungkan dan hanya memerlukan modal kecil. Selain menyajikan kopi-kopian, Anda juga bisa menyediakan berbagai menu nasi, mi instan, dan minuman lainnya. Apalagi, jika Anda juga memasang Wi-Fi dan stopkontak, dijamin banyak anak-anak muda berdatangan. Agar tidak rugi, terapkan sistem charge saat pelanggan menggunakan perangkat yang butuh daya listrik lebih besar seperti laptop. 

banner

3 Tips Memulai Bisnis Bagi Pemula

Sebelum memulai usaha, sebaiknya Anda sudah melakukan pertimbangan dasar yang bisa menentukan keberlangsungan bisnis ke depannya. Agar bisa meraih keuntungan sebanyak-banyaknya dari ide bisnis untuk pemula bermodal kecil seperti di atas, berikut ini ada beberapa tips memulai bisnis bagi pemula yang bisa Anda terapkan.

1. Pilih yang Sesuai Minat

Tips memulai bisnis yang pertama adalah, tentukan jenis usaha yang paling sesuai dengan minat Anda. Hal ini cukup krusial karena bisa menentukan apakah nanti Anda akan menjalankan usaha tersebut dengan enjoy atau tidak. Memilih usaha yang sesuai minat juga akan membuat Anda senang dalam menjalaninya.

2. Tentukan Waktu untuk Memulai Usaha

Menentukan waktu yang tepat untuk memulai usaha adalah kunci sukses bisnis. Pertimbangkan kapan target pasar Anda memiliki daya beli paling besar sehingga peluang terjadinya pembelian pun lebih besar. Jangan sampai Anda juga terburu-buru dalam berbisnis. Salah perhitungan sedikit saja, maka bisa berpotensi rugi besar.

Baca Juga: Jenis-jenis Branding untuk Mengembangkan Bisnis Anda

3. Memisahkan Uang Bisnis dan Uang Pribadi

Berikutnya, memisahkan uang untuk bisnis dengan uang pribadi bisa menjadi tips yang bermanfaat. Meskipun usaha Anda tidak memerlukan modal yang besar, pastikan bahwa uang Anda tidak tercampur. Sebaiknya, pisahkan uang pribadi dengan uang untuk usaha. Dengan begitu, pengelolaan keuangan Anda pun lebih terstruktur.

Selain itu, Anda juga bisa mengembangkan bisnis dengan menggunakan jasa layanan Digital Marketing dari ToffeeDev. Ada banyak jasa yang ditawarkan, seperti SEO, ads, pembuatan website, konsultasi, dan masih banyak lagi. Meski kecil-kecilan, Anda pasti ingin usaha Anda bisa berkembang menjadi besar, bukan? Jika tertarik, silakan kontak tim ToffeeDev agar ide bisnis untuk pemula yang Anda jalankan, berubah menjadi bisnis besar yang profesional!

Share this post :

Tingkatkan Traffic, Tingkatkan Penjualan!

Dapatkan Konsultasi Gratis bersama ToffeeDev!
Scroll to Top
WhatsApp chat