6 Ide Postingan Instagram Menarik dan Unik untuk Bisnis

ide postingan instagram

Selalu merasa masih sering kesulitan untuk menjalankan bisnis terlebih lagi jika harus memasarkan produk melalui postingan Instagram? Semua hal tersebut wajar kok bagi Anda yang baru saja memulai semuanya dari awal. Tenang, tidak perlu diambil pusing. Kali ini ToffeeDev hadir dengan memberikan sederet ide postingan Instagram yang menarik dan juga unik untuk bisnis Anda.

Yuk intip 6 ide postingan Instagram menarik yang bisa Anda tiru dalam menjalankan bisnis secara online. Jangan sampai terlewat informasi dan penjelasannya, ya!

6 Ide Postingan Instagram Menarik dan Unik untuk Bisnis

Berikut ide postingan Instagram menarik dan unik untuk bisnis. Siapin catetan, dan tiru! Dijamin akun Instagram bisnis Anda sukses besar!

1. Mengajukan Pertanyaan

Ide postingan pertama yang membuat instagram bisnis terlihat menarik adalah dengan memposting beberapa pertanyaan yang sengaja ditujukan untuk followers Anda. Melalui postingan tersebut, followers Anda akan diajak turut membagikan pikiran dan ide mereka tentang bisnis Anda secara praktis.

Insight dari para follower inilah yang nantinya juga dapat membantu dalam menghasilkan konten yang lebih baik di waktu yang akan datang. Bahkan, mungkin saja membantu Anda untuk menemukan ide baru. Oleh karena itu, pastikan Anda telah mengajukan pertanyaan dengan tepat, ya. 

Beruntungnya juga, Instagram telah mempermudah Anda dalam melakukan cara ini dengan menghadirkan fitur Ask Me Question atau QnA di Instagram Story untuk mengajukan pertanyaan kepada follower. 

2. Tampilkan Tutorial

Menampilkan tutorial dari produk atau layanan bisnis Anda bisa menjadi salah satu ide yang juga harus dicoba. Cara ini nyatanya dapat memberikan kesempatan pada banyak brand untuk memperkenalkan produk atau layanan mereka dengan cepat dan lebih baik. Anda bisa menggunakan fitur seperti IG TV atau Live IG untuk menampilkan tutorial kepada follower.

3. Konten Behind The Scene

Bagi pelaku usaha seperti Anda, ide konten Instagram menarik berikutnya yang tidak boleh terlewat untuk dilakukan adalah konten ‘behind the scene’ atau di balik layar. Selain melalui feed, konten jenis ini juga bisa Anda bagikan melalui Instagram Story maupun Reels. 

Pada akun bisnis, biasanya konten behind the scene lebih seringnya dilakukan dengan menampilkan dan menceritakan orang-orang yang menjalankan bisnis, proses pembuatan produk, atau bisa juga tour keliling kantor dari bisnis Anda.

Baca Juga: Desain Konten Instagram Bisnis: Tips Membuat dan Rekomendasi Tools 

4. Ikuti Trend yang Populer

Jangan pernah tertinggal juga untuk selalu berusaha menyajikan konten yang menghibur untuk para pengikut akun instagram bisnis Anda. Jadi tidak melulu soal berjualan produk saja.

Anda bisa selalu update soal tren, meme, dan challenge yang sedang hits agar follower selalu merasa terhibur. Namun, sebenarnya Anda juga tetap bisa mengaitkan tren tersebut dengan produk bisnis Anda. 

5. Coba Instagram Takeover

Salah satu cara yang juga terbilang kerap dilakukan oleh banyak pelaku bisnis adalah dengan melakukan Instagram takeover. Anda dapat meminta bantuan para   untuk mengambil alih akun Anda sesekali.

Cara ini dinilai juga sangat ampuh untuk meningkatkan pengenalan produk bisnis Anda di benak konsumen. Influencer dapat menghabiskan satu hari memposting cerita ke pengikut Anda dan menunjukkan bagaimana mereka menggunakan produk Anda.

6. Giveaway

Terakhir, cara ini terbukti ampuh membuat follower akun instagram bisnis Anda selalu menantikan konten yang akan diunggah. Tidak lain tidak bukan adalah postingan giveaway. Mengapa Anda harus melakukannya? Tujuannya tentu saja terkait eksposur brand Anda.

Pada umumnya, pelaku bisnis akan meminta para follower untuk menyukai dan mengomentari salah satu postingan, lalu membagikannya di Instagram Story mereka, dan mengikuti akun Anda jika mereka ingin memenangkan hadiah dari postingan giveaway ini.

banner

5 Tips Membuat Konten Instagram Menarik untuk Bisnis

Pahami juga yuk beberapa tips apa saja yang perlu diperhatikan untuk membuat konten instagram Anda engage dan berhasil membuat audiens melakukan keputusan pembelian. Simak di bawah ini!

1. Tentukan Target Audiens

Ketika menjalankan bisnis dan ingin produk terjual melalui konten Instagram yang Anda posting, maka Anda harus mengetahui siapa target audiens yang ingin dituju. Selain itu, ketahui juga alasan mengapa mereka harus membeli produk Anda, dan solusi apa yang dapat Anda berikan dengan produk tersebut terhadap masalah yang dihadapi audiens. 

Baca Juga: 7 Cara Menaikkan Engagement Instagram

2. Buatlah Konten Sesuai Ciri Khas Bisnis Anda

Brand Anda pasti memiliki sesuatu yang ingin sekali ditonjolkan. Oleh karena itu, buatlah konten-konten up to date dan juga unik yang akan menjadi ciri khas dari akun instagram bisnis Anda.

Sebab, melalui konten-konten yang menarik dan up to date tersebut tentu saja nantinya dapat membuat brand Anda lebih menonjol dan dikenal dibanding konten-konten milik brand lain. Cara mudah yang perlu Anda lakukan adalah tetapkan terlebih dahulu topik yang relevan dengan bisnis Anda, kemudian kembangkan ide-ide segar dari topik tersebut.

3. Atur Panjang Caption

Caption menjadi elemen penting pada postingan Instagram bisnis Anda yang tidak boleh terlewat. Sebab, caption berfungsi untuk menjelaskan lebih detail konten yang Anda buat. Untuk membuat caption menarik, maka Anda harus terlebih dahulu memperhatikan panjang pendeknya. 

Karena apabila caption terlalu panjang, hal tersebut akan membuat follower malas membaca dan menghiraukan konten Anda. Tentu Anda tidak menginginkan ini semua terjadi, bukan?

Namun, tidak hanya caption yang terlalu panjang yang perlu Anda hindari. Melainkan, caption yang terlalu pendek juga perlu Anda hindari. Jika terlalu pendek tentunya tidak dapat memberikan informasi secara jelas dan justru membingungkan  follower. 

Jadi atur panjang dan pendek caption yang hendak Anda gunakan, ya. Tuliskan caption yang dapat memberi informasi sekaligus membuat follower tertarik untuk berkomentar di postingan instagram Anda.

4. Berinteraksi dengan Follower

Interaksi merupakan kunci sukses dalam menjalankan bisnis melalui Instagram. Dalam melakukan promosi di Instagram, maka Anda harus mengerti dan memahami apa saja yang menjadi kebutuhan, kelemahan, serta karakteristik para follower dan target audiens Anda. 

Oleh karena itu, ketika ingin membuat konten Instagram yang menarik Anda harus membuat konten tersebut dapat berinteraksi dengan mereka. Salah satu contohnya, Anda bisa membuat konten kuis, tebak-tebakan atau juga giveaway untuk membuat mereka tertarik memberikan komentar.

Baca Juga: Tentukan Jadwal Post Instagram Untuk Hasil yang Maksimal

5. Konsisten

Semua tips yang sudah dijelaskan di atas tadi rasanya akan sia-sia begitu saja ketika Anda tidak melakukan semuanya dengan konsisten. Sehingga, pastikan Anda selalu melakukan sederet tips dalam membuat konten Instagram yang menarik untuk bisnis dengan selalu konsisten. Tujuannya tentu saja untuk mempertahankan audiens Anda tetap mengenal produk bisnis Anda.

Nah, demikian ide postingan Instagram menarik dan unik untuk bisnis yang sedang Anda jalankan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda.

Selain itu, dalam menjalankan bisnis secara online Anda juga dapat memulainya dengan melakukan pembuatan homepage website, iklan di sosial media dan sebagainya agar mampu mendatangkan banyak pelanggan.

Tenang, tidak perlu khawatir sebab Anda sangat bisa mengandalkan semuanya kepada ToffeeDev. Kami siap membantu mengembangkan bisnis dengan berbagai layanan yang ditawarkan. Mulai dari pembuatan website dan layanan SEO. 

Atau Anda ingin beriklan di media sosial? Tenang, kami juga punya jasa Facebook Ads yang bisa membantu bisnis Anda. Untuk mendapatkan informasi lebih lengkapnya, jangan ragu untuk hubungi tim ToffeeDev sekarang juga ya!

Share this post :

Tingkatkan Traffic, Tingkatkan Penjualan!

Dapatkan Konsultasi Gratis bersama ToffeeDev!
Scroll to Top
WhatsApp chat