Ingin Menjalankan Strategi SEO dengan Budget Kecil? Ini Caranya

Tak sedikit pebisnis pemula yang menganggap bahwa menjalankan strategi SEO membutuhkan biaya besar. Faktanya, membangun strategi SEO bisa dilakukan dengan anggaran kecil. Memang sulit, tetapi bukan hal yang mustahil. Pada artikel ini, Anda akan menemukan sejumlah tips bagaimana cara membentuk strategi SEO berbiaya rendah. Namun, sebelumnya Anda harus lebih dulu memahami apa itu SEO dan bagaimana cara kerjanya.

Pengertian Search Engine Optimization (SEO)

Search Engine Optimization merupakan upaya yang dilakukan untuk mengoptimasi situs website dengan tujuan mendapatkan rangking tinggi di hasil pencarian. Peringkat teratas hasil pencarian memiliki potensi meraih jangkauan audiens yang lebih luas sekaligus mendapatkan trafik organik tinggi. Dengan menerapkan SEO, kredibilitas dan brand awareness bisnis Anda akan meningkat. 

SEO sendiri terdiri dari dua jenis, yakni SEO On Page dan SEO Off Page. Sesuai namanya, SEO On Page merupakan langkah optimasi yang dilakukan di lingkup website, sedangkan SEE Off Page di luar situs website. 

Cara Kerjanya

Mesin pencari, seperti Google, Bing, ataupun Yahoo menggunakan algoritma tertentu dalam menentukan konten yang dinilai layak menempati urutan teratas daftar pencarian. Mengingat Google merupakan mesin pencari raksasa yang menguasai 90% pangsa pasar di seluruh dunia, algoritmanya menjadi patokan dalam menerapkan strategi SEO. Beberapa indikator utama SEO, antara lain struktur URL, penggunaan SSL/TLS, topik konten, maksud pencarian, struktur konten, meta tags, backlink, dan kecepatan website. 

Tips Menjalankan Strategi SEO Dengan Bujet Rendah

Bagi Anda yang memiliki bujet terbatas, berikut sejumlah tips menjalankan SEO yang dapat dicoba.

1. Riset Keyword

Melakukan riset keyword adalah hal utama yang wajib Anda lakukan sebelum mengembangkan situs website. Gunakan fasilitas gratis Google Adwords untuk mengecek kata kunci dengan pencarian tertinggi. Melalui hasil riset tersebut, Anda bisa membuat konten unik menggunakan kata kunci populer. 

2. Optimasi Long Tail Keyword

SEO memegang peranan penting dalam strategi pemasaran berbujet rendah. Jika hanya mengandalkan kata kunci dengan jumlah pencarian tinggi, fat head keyword, maka sulit bagi Anda memenangkan SEO. Oleh karena itu, gunakan kata kunci spesifik bervolume kecil dengan tingkat persaingan yang cenderung rendah, long tail keyword

Umumnya, orang beranggapan bahwa long tail keyword pasti panjang atau setidaknya terdiri dari minimal tiga kata. Namun, hal ini bukanlah patokan, sebab long tail keyword bisa hanya dua kata. Asalkan spesifik dan persaingannya juga rendah. Meskipun volume long tail keyword rendah, kata kunci ini cenderung lebih tepat sasaran. 

lebih tepat sasaran daripada short tail keyword, lho. Sebab, long term keyword menarget kata kunci yang amat sangat spesifik sehingga bisa memberikan konversi lebih tinggi daripada fat head keyword. Sebagai contoh, keyword celana pendek tentu memiliki tingkat pencarian serta persaingan sangat tinggi, sedangkan celana pendek santai wanita akan lebih memiliki peluang besar memenangkan persaingan.

Baca Juga: 7 Alasan SEO Dapat Menghemat Budget Marketing Anda

3. Konten Berkualitas

Disadari atau tidak, konten dapat membantu meningkatkan pencarian terhadap merek dagang Anda sekalius mempromosikan website untuk menarik banyak konsumen dengan jangkauan lebih luas. Makin banyak konten yang dibuat, makin besar peluang angka kunjungan Anda dapatkan. Konten menarik dan informatif juga efektif meningkatkan rasa percaya konsumen terhadap merek dagang Anda.Pastikan untuk mengisi website Anda dengan konten berkualitas yang mengandung keyword SEO. 

Perlu diingat bahwa saat ini Google tidak hanya berfokus pada keyword, tetapi juga topik. Oleh karena itu, gunakan LSI keyword di dalam konten yang akan Anda buat. LSI keyword merupakan kata yang berkaitan dengan keyword utama. Namun, terkadang hal ini agak sulit dimengerti orang yang baru terjun ke dunia bisnis. Tak perlu khawatir, Anda bisa menggunakan jasa pakar SEO profesional. Jasa SEO

4. Manfaatkan Plugin SEO

Cukup banyak plugin pendukung dapat dimanfaatkan untuk membantu SEO website Anda. Apabila Anda menggunakan website berbasis WordPress, beberapa plugin yang direkomendasikan, antara lain Google XML Sitemaps, Yoast WP SEO, dan SEO Friendly Images. Dengan fitur yang ditawarkan plugin tersebut, situs website akan teroptimasi secara maksimal. 

5. Manfaatkan Media Sosial

Alternatif strategi SEO berbujet rendah bisa dengan memanfaatkan media sosial untuk mendekati calon konsumen. Cara termudah ialah dengan menggunakan fitur hashtag (tagar) yang berkaitan dengan bisnis Anda. Sebagai referensi, Anda bisa melihat topik yang tengah digandrungi. Bidik pengguna media sosial yang potensial. Anda juga bisa menjalin kerja sama yang menguntungkan dengan influencer baru. Selain menjangkau audiens lebih banyak, kredibilitas Anda pun meningkat.

Kombinasi antara SEO dengan media sosial akan menciptakan alat pemasaran digital yang hebat. SEO memastikan konten bisa dibaca oleh mesin pencari, sedangkan media sosial membantu konten tersebar lebih cepat. Anda bisa memanfaatkan media sosial yang ada untuk mempromosikan merek dagang sekaligus meningkatkan rangking situs dan mengoptimalkan SEO. Melalui media sosial, Anda juga bisa berinteraksi langsung dengan calon konsumen. Interaksi sederhana, seperti menyukai postingan, mention, memberi komentar, atau berkirim pesan efektif menarik perhatian calon konsumen potensial.

Baca Juga: Pahami Cara Kerja SEO yang Bisa Membantu Bisnis Anda

6. Gunakan Internal dan Eksternal Link

Optimasi SEO akan kurang maksimal tanpa internal dan eksternal link. Sesuai namanya, internal link merupakan tautan dari suatu halaman ke halaman lain mengarah ke website yang sama. Sementara eksternal link mengarah ke website lain.  Memasukan internal dan eksternal link dapat membantu menurunkan bounce rate, meningkatkan engagement, dan memudahkan mesin pencari membaca halaman website. Eksternal link juga akan memperkuat isi konten dengan mencantumkan sumber artikel yang Anda tulis. Semakin berkualitas eksternal link, tingkat kepercayaan dan poin relevansi akan meningkat. Alhasil, SEO website Anda pun akan mendapatkan nilai positif di mata mesin pencari.

7. Membangun Backlink

Tak banyak yang menyadari bahwa backlink memengaruhi optimasi SEO. Meskipun algoritma Google selalu berubah, backlink akan tetap sama. Backlink akan menentukan seberapa penting halaman situs website Anda berada di halaman utama mesin pencarian. Lantaran sifatnya jangka panjang, bangunlah backlink berkualitas yang tidak hanya membantu memaksimalkan SEO, melainkan juga mengarahkan lalu lintas website Anda. 

8. Penamaan Gambar 

Gambar memiliki peran penting dalam penelitian organik yang secara keseluruhan memengaruhi hasil pencarian di mesin pencari. Meskipun sepele, menamai file sesuai keyword, ALT, dan menyisipkan title tags dapat meningkatkan optimasi SEO. 

9. Domain Dengan Keyword

Menggunakan kata kunci ke dalam domain cukup efektif untuk membantu mesin pencari mengetahui fokus website Anda. Trik ini sangat sederhana, tetapi direkomendasikan bagi pebisnis baru yang hendak menerapkan strategi SEO berbujet rendah.  

10. Loading Halaman Situs 

Hal lain yang tak kalah penting untuk diperhatikan adalah mengecek kecepatan website. Waktu loading yang terlalu lama dapat menyebabkan pengunjung meninggalkan situs Anda. Oleh karena itu, lakukan cek kecepatan website menggunakan Google PageSpeed Insight. Tools ini tidak hanya memberi informasi mengenai kecepatan situs, melainkan juga memberi masukan untuk meningkatkan kecepatannya.  

Demikianlah informasi dan tips mengenai cara menjalankan strategi SEO dengan biaya rendah yang dapat Anda terapkan. Apabila merasa kesulitan, jangan ragu untuk menggunakan jasa master SEO yang akan membantu Anda mengoptimalkan SEO dan menempati posisi di halaman utama mesin pencarian.

Share This Article

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments

Step bye step SEO

Related Post

WhatsApp chat