Kenapa Pitching Design Adalah Keputusan Buruk Untuk Bisnis

Bisnis anda membutuhkan design baru untuk keperluan operasional bisnis. Kebutuhan desain dalam membuat logo baru, brosur, website, poster, dsb.

Untuk memenuhi kebutuhan ini, anda mencari beberapa designer dan meminta mereka membuat design untuk bisnis dan anda membandingkan & memilih hasil terbaik dari yang diberikan.

Apakah ini terjadi di perusahaan anda? Anda meminta kepada beberapa designer sekaligus dan melakukan pitching berdasarkan design yang mereka buat untuk bisnis anda.

Ini adalah kesalahan terbesar yang bisa dilakukan oleh bisnis dan merasa bahwa hasil yang akan mereka dapatkan adalah hasil terbaik.

Kegiatan ini, bagi Designer disebut sebagai Speculative Work (SpecWork).

SpecWork sangat populer di lakukan terhadap designer. Hal ini dilakukan karena kebanyakan bisnis takut design yang akan mereka dapatkan tidak sesuai dengan keinginan mereka.

Di sisi lain, Designer mendapatkan penghasilan dari kegiatan design mereka. Sayangnya saat mereka melakukan SpecWork dan design mereka tidak di hargai, maka mereka tidak mendapatkan keuntungan apapun.

Untuk lebih mudah mengerti mengenai apa itu SpecWork, anda bisa melihat video dibawah.

Sebenarnya anda sebagai pebisnis perlu mencurigai apabila designer ingin melakukan specwork untuk anda. Kenapa?

karena hanya ada beberapa kemungkinan kenapa mereka ingin melakukannya bagi anda, yaitu:

  1. Designer merupakan kerabat dekat atau keluarga. Biasanya karena kenal, maka mereka akan membantu anda.
  2. Newbie in the industry. Pemain baru selalu membutuhkan portfolio design untuk bisnis mereka di masa depan. Maka mereka biasanya mengerjakan apapun yang bisa mereka kerjakan.
  3. Freelance/Intern/Student. Mereka juga membutuhkan portfolio design untuk pribadi mereka.

Namun apabila anda ingin mendapatkan hasil terbaik untuk bisnis anda dan tidak coba-coba, ada beberapa langkah yang bisa anda lakukan.

Minta Portfolio

Untuk memiliki gambaran bagaimana hasil yang akan anda terima, anda bisa melihatnya dari pengalaman design mereka. Seorang Designer memiliki portfolio tersendiri yang dapat di lihat dalam bentuk printed atau juga melalui website.

Connection

Merasa nyaman dengan kepribadian designer juga akan memberikan hasil positif dari hasil pekerjaan yang akan diberikan.

Freedom

Designer kebanyakan adalah artist yang memiliki keunikan dalam design mereka. Jangan terlalu mengatur secara detail. Biarkan sang designer mengeluarkan ide dari pemikiran mereka.

Oleh karena itu, sangat disarankan untuk bertemu dan membagikan ekspektasi anda dan bisnis anda kepada designer.


 

Apabila anda ingin mendapatkan hasil terbaik untuk design bisnis anda, Hubungi kami di (021) 5890 1608 atau melalui website disini

 

Share This Article

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments

Step bye step SEO

Related Post

WhatsApp chat