7 Tips dan Langkah-Langkah Untuk Membuat Artikel

langkah langkah membuat artikel

Apakah Anda memiliki website favorit untuk membaca artikel? Apakah Anda penasaran bagaimana cara penulis-penulis di website tersebut bisa membuat artikel yang menarik untuk dibaca? Apakah Anda juga penasaran mengapa artikel-artikel tersebut bisa ada di peringkat atas mesin pencarian? Nah, penulis-penulis tersebut bisa melakukan semua itu karena mereka mengikuti struktur penulisan artikel. Walaupun setiap penulis memiliki gaya menulis masing-masing, namun jika tidak mengikuti aturan yang ada, tulisan mereka pun tidak akan bisa berhasil masuk peringkat atas. Dalam artikel ini, kami akan membagikan langkah-langkah membuat artikel bagi pemula, serta bagaimana caranya agar artikel tersebut bisa ada di peringkat atas mesin pencarian.

Struktur Teks Artikel

Sebelum mulai menulis artikel, ada baiknya jika Anda mempelajari struktur dasar dari artikel terlebih dahulu.

Pikiran kita mengharapkan informasi yang dapat disampaikan dengan cara yang spesifik. Maka dari itu, sebuah teks artikel harus memiliki struktur yang jelas.

struktur artikel untuk dipelajari

Meskipun mungkin banyak penyebutan elemen-elemen yang ada dengan nama atau judul yang berbeda, namun pada dasarnya artikel memiliki 3 bagian yang harus ada. Bagian-bagian tersebut antara lain:

1. Announcement/Introduction

Sebuah artikel dimulai dengan sebuah announcement atau pengumuman tema yang akan dibahas secara keseluruhan. Pengumumannya bisa sesederhana sebuah kalimat, dan merupakan pernyataan pembuka dari teks tersebut. Dengan melakukan itu, penulis dapat memperkenalkan pertanyaan yang akan dijawab oleh artikel itu sendiri.

Setelah tema yang akan dibahas diumumkan, penulis harus memperkenalkan pendapat mereka tentang tema tersebut. Tidak perlu menjawab pertanyaan yang mereka sindir, juga tidak perlu meringkas artikel, meskipun Anda sebenarnya bisa melakukan hal tersebut. Yang lebih efektif adalah memberikan penjelasan singkat tentang ke mana arah tulisan tersebut.

2. Presentation/Isi Artikel

Di bagian ini, penulis menyajikan argumen atau temuan mereka, memberikan pendapat yang berdasarkan fakta, dan menawarkan kemungkinan untuk pembaca memberikan pendapat balasan. Baik dengan tulisan yang direct dan lateral atau pengembaraan yang berkelok-kelok, cara bagian ini ditulis sepenuhnya tergantung pada penulisnya.

3. Conclusion & Evaluation

Pada bagian ini, penulis harus sudah bisa menjawab pertanyaan yang muncul di awal tulisannya serta menarik kesimpulan dari isi tulisannya tersebut. Kesimpulannya tidak perlu dijabarkan, tetapi dapat dicerminkan secara halus melalui pertanyaan atau sindiran belaka.

Baca Juga: Cara Membuat Struktur Teks Artikel yang Baik

7 Langkah-langkah Membuat Artikel Bagi Pemula yang Mudah Diikuti

Setelah mengetahui struktur dasar dari artikel, berarti Anda sudah siap untuk menulis artikel Anda sendiri. Berikut adalah langkah-langkah membuat artikel yang mudah untuk diikuti:

tips menulis artikel

1. Pilih Ide Pokok dan Tentukan Tujuan

Langkah pertama dari menulis artikel adalah memilih ide pokok/tema. Tentukan tema yang menurutmu cocok untuk dibahas dan bisa menarik perhatian banyak pembaca. Lalu, buat daftar tujuan yang harus dimiliki tulisan Anda.

Tentukan ruang lingkup dan batasan artikel Anda. Lebih mudah untuk menulis artikel yang memiliki tujuan spesifik yang ingin dicapai. Setelah Anda puas dengan pilihan tema dan sudah menentukan tujuan, pastikan untuk tidak keluar jalur.

2. Mengetahui Target Audiens

Setelah memiliki ide pokok dan tujuan, Anda harus mengetahui target pembaca Anda. Tanyakan pada diri Anda, apa yang Anda ingin pembaca pelajari dari artikel yang Anda tulis? Informasi apa yang perlu mereka ketahui dalam artikel Anda? Dan tentukan gaya seperti apa yang cocok untuk pembaca seperti itu.

3. Kumpulkan Informasi

Selanjutnya, lakukan riset tentang ide pokok yang telah Anda pilih. Cari artikel dengan tema serupa. Tulisan Anda harus memiliki dasar yang jelas, karena artikel harus berdasarkan fakta dan data.

Jika Anda menulis opini, Anda harus mengklaim fakta dari penelitian dan penulis sebagai dasar opininya. Buat list dan tambahkan kata kunci untuk artikel Anda untuk memudahkan alur penulisan.

Baca Juga: Langkah Demi Langkah Cara Membuat Artikel Bagi Pemula

4. Buat Kerangka dan Draft Kasar

Saat sedang mengumpulkan data, buatlah kerangka dan draft kasar tulisan Anda. Membuat kerangka dan draft kasar adalah cara yang efektif untuk mengalirkan ide-ide Anda ke dalam tulisan. Buat heading dan subheading untuk memudahkan Anda memisahkan setiap poin yang yang muncul di benak Anda. Perhatikan tata bahasa, tanda baca, serta jangan lupa untuk memasukkan unsur 5W dan 1H pada bagian ini.

5. Edit Draft Tulisan Anda

Langkah selanjutnya adalah mengedit tulisan Anda. Pastikan untuk mengikuti penggunaan tata bahasa dan tanda baca yang benar, perhatikan tanda koma atau titik. Gunakan gaya bahasa yang sesuai dengan target audiens Anda yang dapat menarik minat mereka dan hindari penggunaan istilah yang sulit dipahami.

Jasa SEO

6. Proofread/Koreksi

Setelah itu, Anda harus mengoreksi tulisan Anda, jangan sampai ada salah tanda koma atau titik, salah eja, dan sebagainya. Anda harus membuat tulisan Anda sesempurna mungkin untuk pembaca. Proofreading akan mendefinisikan bagaimana artikel Anda terdengar saat dibaca.

7. Tambahkan Visual, Infografis, dan/atau Gambar

Langkah terakhir adalah dengan menambahkan visual, infografis, dan/atau gambar dalam artikel Anda untuk menarik minat pembaca. Hal tersebut juga dapat membantu pembaca mencerna apa yang mereka baca. Pastikan juga untuk selalu menambahkan visual yang relevan dengan ide pokok Anda.

Baca Juga: Apa itu Call to Action dan Bagaimana Implementasinya?

7 Tips Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Anda

Berikut adalah tips yang bisa membantu Anda meningkatkan kemampuan menulis artikel dengan bagus dalam waktu singkat:

langkah langkah membuat artikel yang menarik

1. Buatlah List-list Ide Pokok Untuk Ditulis

Anda tidak pernah tahu kapan writer’s block akan terjadi. Itulah mengapa penting untuk menyimpan daftar ide yang potensial atau pengalaman pribadi yang dapat dikembangkan menjadi tulisan.

Setiap kali Anda memiliki ide, tuliskan di buku catatan atau simpan di gadget Anda. Dengan begitu, ketika tiba saatnya untuk menulis, Anda sudah memiliki sesuatu untuk memulai.

2. Hilangkan Gangguan

Artikel terbaik membutuhkan perhatian Anda yang lengkap dan tidak terbagi. Sebelum Anda mulai menulis kalimat pertama, matikan TV dan nonaktifkan media sosial agar Anda dapat fokus hanya pada penulisan artikel.

Di zaman sekarang, banyak penulis yang dikejar oleh tenggat waktu yang sebentar. Jadi, lebih sedikit gangguan akan membuat tulisan Anda lebih bagus.

3. Pelajari Keyword yang Tepat

Penelitian penting untuk setiap tulisan, tetapi juga akan memakan terlalu banyak waktu Jika Anda mencari fakta atau statistik untuk mendukung argumen Anda, cobalah untuk sespesifik mungkin ketika sedang mencarinya. Gunakan keyword yang tepat.

Baca Juga: Komponen yang Harus Diperhatikan dalam Riset Keyword

4. Tetap Sederhana

Fokus orang ketika membaca umumnya pendek, jadi salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan sebagai penulis adalah menjaga artikel Anda tetap lurus dan ringkas.

Memiliki target jumlah kata yang maksimal akan membantu Anda menyelesaikan tulisan lebih cepat, dan juga akan membantu menghasilkan artikel yang disederhanakan yang berfokus pada poin utama sambil menghilangkan kesalahan.

5. Buat Tulisan Menjadi Poin

Menulis dalam poin dapat membantu Anda mengatur pemikiran Anda dan menyelesaikan artikel dengan lebih cepat. Ditambah, artikel berpoin sering mengarahkan traffic online yang lebih tinggi, karena algoritme mesin pencari seperti Google cenderung memprioritaskan artikel dengan poin.

Menulis dalam poin tidak hanya menghemat waktu, tetapi juga dapat meningkatkan kemungkinan artikel Anda menjangkau audiens yang lebih banyak.

6. Koreksi Saat Tulisan Sudah Selesai

Salah satu kesalahan paling umum yang dilakukan penulis adalah mencoba mengoreksi saat mereka menulis. Jangan lakukan itu! Mencoba mengoreksi saat dalam proses menulis dapat memperlambat Anda. Penulis yang baik tahu bahwa menulis dan mengedit adalah dua proses yang berbeda dan terpisah.

7. Memiliki Timer

Cara terbaik untuk menjadi penulis yang lebih cepat dan efisien adalah dengan berlatih menulis dengan timer. Atur timer selama 30 menit dan lihat seberapa banyak yang bisa Anda selesaikan. Anda akan terkejut betapa banyak yang dapat Anda hasilkan selama setengah jam penulisan yang terfokus dan tidak terputus.

Baca Juga: Bagaimana Membuat Content Marketing Yang Baik?

Penulis SEO & Jenis Artikel yang Populer

SEO, atau Search Engine Optimization, berfungsi untuk membuat tulisan Anda lebih bisa dioptimalkan di mesin pencari seperti Google. SEO berfokus untuk menaikkan peringkat halaman di hasil mesin pencari untuk memiliki visibilitas yang lebih baik bagi pengguna yang mencari situs web bisnis Anda.

Banyak orang tidak ingin repot-repot menggulir ke halaman 2 mesin pencari, jadi SEO sangat penting untuk penulis jika Anda ingin mendapatkan audiens yang lebih banyak dari pencarian online.

Jabatan penulis SEO adalah posisi yang tidak ada 10 tahun yang lalu. Namun baru-baru ini, terutama dalam beberapa tahun terakhir, karena digital marketing semakin sering digunakan, permintaan untuk posisi ini telah berkembang pesat!

Penulis sangat penting untuk bisnis apa pun di zaman pemasaran konten yang kompetitif ini. Jadi, untuk alasan itu, penting bagi penulis untuk tahu apa yang mereka harus lakukan.

menjadi penulis seo

Apa yang Penulis SEO Perlu Ketahui

SEO adalah bidang yang harus dipelajari dari waktu ke waktu. Seseorang mungkin sudah memiliki kemampuan menulis yang bagus, tetapi tanpa latar belakang pengetahuan yang tepat tentang strategi SEO, tulisan yang bagus hanya akan menjadi sia-sia di bidang ini.

Berikut adalah beberapa istilah dasar untuk memulai. Pastikan bahwa Anda mengetahui hal-hal berikut:

  • Meta Title: Judul yang akan ditampilkan mesin pencari ke browser, terbatas pada 70 karakter
  • Meta Description: Deskripsi singkat yang ditampilkan di bawah meta title pada halaman hasil mesin pencari, terbatas pada 160 karakter
  • Anchor Text (Inbound/Outbound Link): Teks dalam artikel Anda yang menautkan pembaca ke artikel lain di situs Anda atau ke sumber di luar situs Anda sendiri
  • Kata Kunci Semantik Laten (atau “meta keywords”): Meta keywords ini berisi informasi kata kunci pada sebuah website. Kata kunci dibutuhkan untuk memberitahu mesin pencari mengenai isi artikel dari website Anda. Selain itu, pastikan Anda menggunakan kata kunci yang relevan dengan konten Anda.

Jenis Artikel yang Populer

Berikut adalah jenis-jenis artikel yang sedang populer:

  • Narasi artikel
  • Eksposisi artikel
  • Persuasi artikel
  • How-to artikel
  • Hasil penelitian

Sewa Jasa Penulisan dan SEO dari ToffeeDev

Nah, itu lah langkah-langkah membuat artikel yang bisa meningkatkan peringkat website Anda, serta pengertian tentang apa itu Penulis SEO. Menulis mungkin bukan hal yang mudah untuk dilakukan jika kamu tidak memiliki ketertarikan. Selain itu, penulis juga harus bisa mengerti tentang SEO agar bisa tetap kompetitif di zaman sekarang.

JIka Anda tertarik untuk menggunakan SEO untuk meningkatkan bisnis Anda, ToffeeDev bisa membantu Anda. Lalu, jika Anda pribadi tertarik untuk mempelajari SEO atau Digital Marketing pada umumnya, ToffeeDev juga mempunyai Toffee Institute yang bisa membantu kamu mempelajari semua hal tersebut. Langsung saja kunjungi kami ya!

Share this on :

Follow Us

Scroll to Top
WhatsApp chat