Melihat SEO dari Cara Pandang Digital Marketing

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Share This Article

Jika Anda adalah seseorang yang sudah banyak menghabiskan waktu mengotak-atik situs web atau berkecimpung dalam digital marketing, mungkin Anda paham tentang pentingnya SEO. Bidang ini telah menjadi dasar dari pemasaran digital. Pada kenyataannya semua pemasaran untuk banyak bisnis akan bergantung pada kemampuan Anda dalam mengoptimasi website agar bisa mendapatkan peringkat. Seperti apa SEO dari cara pandang digital marketing?

Search Engine Optimization (SEO) dalam Digital Marketing

SEO adalah proses membuat halaman web mudah ditemukan, mudah dijelajahi, dan relevan dengan apa yang dicari target audiens Anda. Semua ini tentang bagaimana caranya membantu orang banyak mengetahui bisnis Anda di antara ribuan perusahaan lain. 

SEO adalah bagian integral dari strategi pemasaran digital apa pun. Berkaitan dengan langkah holistik untuk mengarahkan pelanggan melalui platform online. Untuk melakukan itu, seseorang harus memastikan peringkat situs web lebih tinggi di SERP (halaman hasil mesin pencari). Munculnya ekonomi global hampir membuat setiap bisnis memiliki keharusan untuk hadir di dunia online.

Untuk bisnis apa pun, iklan menjadi sebuah kebutuhan. Ketika bisnis apapun memilih untuk masuk dalam dunia online, iklan berfungsi paling baik untuk mengumpulkan traffic web dalam jumlah besar. SEO memberikan kesempatan untuk mendapatkan iklan gratis. Optimasi yang tepat membuat situs web dapat muncul di halaman pertama SERP. Umumnya orang-orang hanya akan memindai dan meninjau dua halaman pertama SERP. Sehingga apabila Anda berhasil mendapatkan peringkat, terutama pada halaman pertama, bisnis Anda bisa beriklan dengan gratis.

Bagaimana cara kerja SEO?

Mesin pencari adalah software yang merayapi konten dari setiap halaman web. Mereka menyelesaikan sejumlah aktivitas yang akan bisa menjadi hasil pencarian. Crawling, scanning dan indexing adalah core utama dari cara mesin pencari bekerja. Beberapa elemen yang diketahui membangun skor kualitas adalah sebagai berikut:

  • Nama dan URL situs web
  • Konten halaman
  • Meta tags
  • Karakteristik Link
  • Kegunaan dan aksesibilitas
  • Desain halaman

Baca Juga: Pahami Cara Kerja SEO yang Bisa Membantu Bisnis Anda

Secara garis besar, siklus kerja mesin pencari adalah sebagai berikut ini:

1. Perayapan/Crawling

Setiap mesin pencari memiliki software, yang dikenal sebagai Crawler atau Spider. Software ini akan merayapi konten halaman web. Bagi crawler, akan sulit untuk melihat halaman setiap hari jika ada halaman baru yang muncul atau yang diperbarui. Beberapa crawler mungkin tidak mengunjungi halaman web selama satu atau dua bulan. Penting untuk mengingat apa yang dapat dirayapi oleh semua mesin pencari. 

Robot ini tidak dapat meng-crawl gambar, video, JavaScript, halaman yang dilindungi kata sandi, dan direktori. Oleh karena itu, jika Anda memiliki sebagian besar konten ini di situs web Anda, akan lebih baik untuk menjalankan tes simulator untuk melihat apakah ini dapat dilihat robot crawler ini. Halaman atau konten yang tidak dapat dilihat atau dijelajahi akan tidak bisa diindeks dan muncul dalam hasil pencarian.

2. Indexing

Konten yang sudah melewati proses crawling akan disimpan dalam indeks database raksasa. Halaman tersebut dapat diambil setelah memasukkan string pencarian atau kata kunci terkait. Bagi manusia ini tidak mungkin, tetapi untuk mesin pencari, ini adalah pekerjaan yang dilakukan setiap hari. Terkadang, mesin pencari tidak dapat memahami konten halaman. Sehingga menjadi tugas Anda atau tim untuk mengoptimalkan halaman dengan benar.

3. Pencarian

Dengan setiap permintaan pencarian, mesin pencari akan memprosesnya. Dimulai dengan membandingkan frasa kunci yang dicari dengan halaman yang diindeks dan disimpan dalam database. Lebih dari jutaan halaman memiliki frasa pencarian yang sama. Jadi, mesin pencari akan melakukan sebuah tindakan yang akan mengukur relevansi dari semua halaman. Apakah cocok antara halaman yang diindeks dengan kata kunci yang dimasukkan dalam SERP.

Jasa SEO

SEO adalah Saluran Digital Terpenting Anda

Terlepas dari industri atau sektor apa bisnis Anda, lalu lintas organik akan menjadi prioritas dalam digital marketing. SEO memiliki kepentingan terbesar dari semua saluran digital karena berdampak pada volume terbesar. Berikut beberapa alasan mengapa SEO sangat penting dan harus menjadi saluran pemasaran digital utama yang harus diinvestasikan.

Baca Juga: Memahami Apa Itu SEO dalam Digital Marketing dan Manfaatnya untuk Bisnis

Memanfaatkan Traffic Organik: 

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa hasil pencarian organik bertanggung jawab atas 51% pengunjung ke sebagian besar situs web untuk berbagai industri. Orang sering menghindari iklan, memilih untuk langsung ke hasil organik di bawahnya. Menjadikan SEO sebagai cara terbaik untuk meningkatkan jumlah orang yang datang ke situs Anda. Tanpa ini, Anda bisa kehilangan ribuan calon pelanggan, karena Google masih menjadi satu-satunya cara paling populer untuk menemukan informasi dan situs web.

Kepercayaan & Reputasi

Banyak pelanggan tidak akan membeli barang dari bisnis yang menurut mereka tidak dapat dipercaya. Mereka akan mengandalkan Google untuk menunjukkan informasi yang benar mengenai suatu produk. 

Artinya, bila tidak berhasil muncul di halaman pertama pencarian bisa membuat perusahaan Anda terlihat kurang bisa dipercaya. Ini akan menunjukkan bahwa Anda tidak meluangkan banyak waktu untuk pemasaran, membuat pelanggan percaya bahwa ada sesuatu yang salah. Hal ini telah merugikan banyak bisnis. Perusahaan yang terlihat dalam pencarian organik lebih tepercaya dan karenanya memiliki peluang lebih tinggi untuk meyakinkan pelanggan untuk membeli atau menggunakan jasanya.

Pencarian Lokal

Bisnis lokal seringkali dapat menderita karena perusahaan lain bersaing dengan mereka, dan SEO tidak begitu berbeda. Banyaknya persaingan online, akan sulit untuk menjangkau orang-orang yang ada di sekitar bisnis Anda. 

Memanfaatkan Google My Business akan menjadi sangat berguna. Menyertakan lokasi dari toko fisik Anda menjadi ide yang bagus. Peta yang disematkan memberi mesin pencari kesempatan untuk mencari tahu di mana lokasi dari bisnis berada. SEO dapat mengoptimalkan akun Google My Business untuk mendapatkan peringkat yang tinggi. Membuat bisnis Anda semakin mudah dicari.

SEO menjadi gabungan dari kegiatan pemasaran digital lainnya. SEO yang baik akan terampil dari sisi teknis  dan juga sangat baik dari segi konten dan UX. Dari perspektif UX, SEO akan memastikan bahwa situs web Anda berkinerja lebih baik dalam hal pengalaman pengguna dan tingkat konversi. Memaksimalkan peluang untuk mengonversi traffic menjadi pelanggan Anda.

Baca Juga: Mengerti Lebih Banyak Tentang Local SEO

SEO seharusnya tidak berperan sebagai pelengkap dari strategi pemasaran digital Anda. Melainkan menjadi pusatnya. Hal pertama yang perlu dilakukan dengan benar adalah merancang strategi SEO yang tepat.Itulah dia bagaimana pandangan digital marketing terhadap SEO. Bagi setiap bisnis, hal ini adalah yang paling utama dalam kegiatan periklanan digital. Untuk bisa mendapatkan hasil yang benar-benar maksimal, Anda bisa manfaatkan Jasa SEO dari Digital Marketing Agency ToffeeDev. Kami siap membantu bisnis Anda untuk naik ke level selanjutnya. Segera mulai konsultasi bersama kami dan dapatkan berbagai keuntungan setelah bekerja sama dengan kami. Dapatkan berbagai keuntungan penting dari SEO. Kunjungi website kami sekarang juga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments

Related Post